Diet dan Nutrisi

Mau Tahu Efek Samping Diet Vegan sebelum Kamu Berminat Memulainya?

June 23, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Efek samping diet vegan bisa berdampak bagi kesehatanmu. Dilansir dari healthyeating.sfgate.com, diet vegan atau veganisme adalah bentuk ketat vegetarianisme yang mengecualikan semua produk hewani, termasuk telur, produk susu, gelatin, dan madu.

Diet vegan juga bahkan menghindari mengenakan kulit, sutra, wol dan apapun yang terbuat dari hewan. Tujuan dari para veganisme adalah untuk menjalani kehidupan yang bebas dari kekejaman pada hewan.

Namun, beberapa ahli gizi merasa bahwa diet vegan dapat menyebabkan pengaruh negatif bagi kesehatan tertentu.

Efek samping diet vegan

Melansir Webmd.com, meskipun praktek diet vegan dianggap memiliki reputasi kesehatan yang tinggi, tetapi diet vegan ternyata juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya, seperti:

Risiko terserang stroke

Sebuah penelitian mengatakan bahwa diet vegan pada beberapa orang akan mengurangi risiko penyakit jantung 13 persen daripada mereka yang pemakan daging.

Namun, diet vegan juga akan menimbulkan tingkat stroke 20 persen lebih tinggi daripada mereka yang pemakan daging.

Penelitian ini tidak bisa disamakan di setiap tempat, karena penelitian ini sifatnya observasional yang dilakukan di Inggris. Bisa saja diet vegan di Inggris memiliki efek yang berbeda dengan diet vegan di daerah lain.

Risiko pada kesehatan otak

Beberapa ahli lain juga mengatakan bahwa diet vegan dapat mengarah pada “krisis kolin.” Kolin adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan fungsi lainnya.

Sedangkan kolin biasa ditemukan dalam daging dan unggas. Bagi mereka yang melakukan diet vegan harus mempertimbangkan suplemen, terutama pada wanita usia subur.

Membutuhkan lebih banyak kalori

Saat kamu melakukan diet vegan, kamu akan mengubah konsumsi makananmu dengan produk nabati. Namun, sayangnya, produk nabati hanya memiliki kepadatan kalori yang lebih rendah daripada makanan yang berasal dari hewan.

Ini berarti bahwa kamu harus benar-benar harus memilih makanan dengan volume yang lebih besar untuk mendapatkan semua kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu harus selalu memperhatikan asupan makanan selama beberapa hari untuk melihat apakah kamu telah memenuhi sekitar 2.000 kalori dari sumber makanan nabati yang kamu pilih.

Risiko rambut rontok

Kekurangan zat besi, vitamin B dan zat seng yang penting untuk pertumbuhan rambut biasanya dihasilkan oleh daging.

Bagi pelaku diet vegan, bisa mengganti semua kandungan tersebut dengan makanan pengganti seperti kacang kering dan sayuran hijau tua.

Selain itu, mengonsumsi beberapa suplemen sesuai anjuran dokter juga sangat disarankan.

Gangguan kesehatan mental

Sebuah studi pada pelaku diet vegan menunjukkan bahwa peningkatan angka prevalensi untuk gangguan depresi, gangguan kecemasan dan gangguan somatoform cukup tinggi.

Somatoform adalah gangguan pada seseorang yang mengalami nyeri atau lemas tanpa penyebab fisik yang jelas.

Karena studi ini menggunakan prosedur pencocokan, maka temuan tidak dapat dijelaskan oleh karakteristik sosio-demografis pelaku diet vegan.

Selalu berkonsultasi dengan dokter

Jika kamu ingin melakukan diet vegan, akan sangat baik jika kamu melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi untuk menghindari efek yang buruk.

Selain itu, mengetahui semua tentang cara mendapatkan nutrisi yang kamu butuhkan selama melakukan diet vegan juga menjadi langkah penting. Karena, praktek diet vegan yang dilakukan secara sembarangan, akan memicu efek samping yang sangat merusak tubuh.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait efek samping diet vegan, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. nutriciously.com (2016). Diakses 19 Juni 2020. https://nutriciously.com/side-effects-of-going-vegan/

2. webmd.com. Diakses 19 Juni 2020. https://www.webmd.com/diet/obesity/news/20191104/are-there-health-downsides-to-vegetarian-diets

3. healthyeating.sfgate.com (2018). Diakses 19 Juni 2020. https://healthyeating.sfgate.com/negative-effects-veganism-3304.html

4. healthpsych.psy.vanderbilt.edu. Diakses 19 Juni 2020. http://healthpsych.psy.vanderbilt.edu/2008/VeganDiets.htm

5. bmj.com. Diakses 19 Juni 2020. https://www.bmj.com/content/366/bmj.l4897

6. nutrition.bmj.com. Diakses 19 Juni 2020. https://nutrition.bmj.com/content/early/2019/07/16/bmjnph-2019-000037

7. ijbnpa.biomedcentral.com. Diakses 19 Juni 2020. https://ijbnpa.biomedcentral.com/articles/10.1186/1479-5868-9-67

8. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 19 Juni 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22676203/

    register-docotr