Diet dan Nutrisi

Ini Lho, Menu Diet Keto untuk Penderita Diabetes yang Perlu Kamu Tahu

May 3, 2020 | Ahmad Ridwan | Ghifara Huda, dr.
feature image

Jika kamu ingin melakukan diet, kamu bisa mencoba menu diet keto untuk penderita diabetes. Diet keto atau diet ketogenik merupakan diet yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Dengan diet keto tubuh dapat mengubah lemak termasuk di dalamnya gula menjadi suatu energi tubuh.

Diet ini sebenarnya sudah diciptakan sejak tahun 1924 dan merupakan suatu terapi untuk pasien penderita epilepsy, namun diet ini juga dipelajari untuk penderita diabetes tipe 2.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan diet keto, berikut adalah menu diet keto untuk penderita diabetes.

  1. Telur

Telur terbukti memiliki kandungan protein tinggi yang bagus untuk proses anabolisme jaringan (proses pembentukan jaringan ) bagian putih telur merupakan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Kebanyakan pasien yang mengalami kecelakaan yang mengakibatkan jaringan tubuh rusak diberikan putih telur untuk mempercepat proses regenerasi jaringan.

Sedangkan kuning telur memiliki kadar lemak yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan serta nutrisi yang baik untuk tubuh, namun harap diwaspadai, kelebihan kuning telur akan menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

  • Sayuran rendah karbohidrat

Sayuran hijau yang tinggi serat sangat bagus untuk diet ini, karena serat akan membuat kamu merasa kenyang dan melancarkan pencernaan sehingga usus tidak menyerap terlalu banyak nutrisi dan mengakibatkan kegemukan.

Namun hindarilah sayuran yang mengandung tinggi karbohidrat seperti kentang dan jagung karena keduanya akan meningkatkan kadar gula darah.

  • Daging

Daging yang berlemak boleh untuk dikonsumsi namun jangan terlalu banyak dan perhatikan kesehatan jantung.

Kamu harus bijak dalam mengonsumsi protein karena terlalu banyak mengonsumsi protein ditambah dengan sedikit karbohidrat menyebabkan hati megubah protein menjadi glukosa yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

  • Berries (buah berry)

Buah berry merupakan sumber yang baik untuk serat, vitamin dan mineral dan antioksidan yang bagus untuk dikonsumsi dalam melaksanakan diet ketogenik dalam jumlah yang tepat.

Efek samping

Jika kamu mengalami gejala-gejala berikut, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Sering kencing
  • Sakit kepala
  • Konstipasi
  • Kram kaki yang membuat tidak nyaman
  • Kehilangan tenaga

Selain dari efek samping di atas diet keto terbukti memiliki banyak manfaat di antaranya mengakibatkan kamu kehilangan berat badan secara drastis, menurunkan tensi darah, menurunkan ketergantungan akan obat.

Oleh karena itu lakukanlah diet keto dengan tepat dan bijak sehingga kamu dapat memperoleh manfaat tanpa terkena efek samping yang merugikan.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Keto diet for diabetes. https://www.webmd.com/diabetes/keto-diet-for-diabetes#1. Accessed on 26 oktober 2019.

Does the ketogenic diet work for type 2 diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317431.php . Accessed 26 oktpber 2019

Keto diabetes for diabetics. www.mydiabetes.diet. Accessed 26 October 2019

Keto diet for diabetics : A comprehensive  Guide. www.everydayhealth.com. Accessed 26 October 2019

    register-docotr