Diet dan Nutrisi

Diet Golongan Darah AB: Menu yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari

June 19, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Diet golongan darah dipopulerkan sejak 1996 oleh Dr. Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati di Amerika Serikat. Tidak hanya untuk golongan darah A, B, dan O, ia juga menciptakan konsep diet golongan darah AB.

Konsep diet ini sebenarnya mengacu pada efektivitas tubuh dalam menyerap nutrisi yang terkandung pada suatu makanan. Ia meyakini masing-masing golongan darah memiliki karakteristik yang berbeda.

Untuk lengkapnya, simak ulasan berikut ini, yuk!

Mengenal diet golongan darah AB

Mengutip Healthline, AB merupakan golongan darah yang paling jarang dimiliki oleh manusia di dunia. Ia mewarisi karakteristik dari golongan darah A dan B. Sehingga, jika dilihat dari kebutuhan nutrisi, ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Orang dengan golongan darah A disarankan untuk memperbanyak makan daging. Sedangkan golongan darah B, berlaku sebaliknya. Diet golongan darah AB ada di tengah-tengahnya.

Lalu, apa saja makanan yang sebaiknya dimakan dan dihindari oleh seseorang dengan golongan darah AB?

Pilihan menu diet golongan darah AB

Berada di tengah A dan B membuat diet golongan darah AB memiliki aturan yang sedikit lebih rumit. Kandungan gizi perlu diperhatikan pada produk daging, ikan laut, susu dan turunannya, bahkan pada buah-buahan.

Daging kalkun dan kambing

Daging adalah salah satu sumber zat besi terbaik. Tapi, untuk mengoptimalkan proses penyerapannya pada tubuh, kamu perlu memerhatikan daging yang akan dimakan. Daging kalkun dan kambing adalah makanan yang direkomendasikan, bukan daging sapi atau ayam.

Daging kambing mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, kalium, vitamin B12, magnesium, zat besi, dan selenium. Kandungan tersebut bermanfaat untuk atasi anemia, membantu menurunkan berat badan, dan mencegah peradangan pada arteri.

Sedangkan pada daging kalkun, asam amino triptofan yang cukup tinggi bisa menghasilkan serotonin, senyawa yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Wajib Dicatat! Inilah Menu Diet Golongan Darah A yang Efektif

Produk laut

Produk laut yang cocok untuk diet golongan darah AB adalah tuna, makarel, dan kakap merah. Kamu bisa menjadikannya sebagai hidangan utama jika tak suka daging kambing atau kalkun. Gunakan minyak zaitun saat memasaknya, karena ia bisa berperan sebagai sumber lemak yang baik.

Tuna, makarel, dan kakap merah adalah produk laut yang kaya akan omega-3. Nutrisi ini sangat berperan dalam mencegah stroke, menjaga kesehatan mata, mengontrol trigliserida (lemak darah), bahkan membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin.

Susu dan olahannya

Sementara untuk produk susu dan turunannya, seseorang dengan golongan darah AB disarankan untuk mengonsumsi yoghurt, kefir, keju mozzarella, dan krim asam tak berlemak. Kombinasi darinya akan membuat penyerapan nutrisi di dalam tubuh menjadi lebih optimal.

Susu dan turunannya adalah salah satu sumber terbaik dari kalsium, berbagai vitamin, dan zat besi. Minuman ini dapat membantu tubuh menstabilkan tekanan darah, melancarkan sistem pencernaan, serta menurunkan berat badan.

Kandungan kalsium yang ada padanya juga mampu melindungi kepadatan tulangmu. Sehingga, risiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa diminimalkan.

Baca juga: Diet Golongan Darah B: Anjuran dan Pantangan yang Perlu Kamu Tahu

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berperan aktif dalam meningkatkan sistem imun. Senyawa yang terkandung di dalamnya bisa mencegah dan memerangi sel jahat pemicu berbagai jenis penyakit.

Tapi, tidak semua kacang dapat memberikan efek maksimal. Seseorang dengan golongan darah AB biasanya memiliki masalah pada kantung empedu. Kacang tanah adalah salah satu produk legum yang aman dikonsumsi.

Buah yang kaya alkali

Salah satu makanan yang perlu diperhatikan dalam diet golongan darah AB adalah buah-buahan. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan kaya alkali seperti plum, anggur, beri, dan nanas. Buah-buahan tersebut bisa membantu menurunkan berat badan.

Menu pantangan diet golongan darah AB

Setelah mengetahui daftar menu yang cocok untuk diet golongan darah AB, kini saatnya kamu memahami apa saja makanan yang sebaiknya dihindari, di antaranya:

  • Daging merah, memiliki tekstur yang sulit dicerna, sehingga bisa memicu penumpukan lemak. Tentu saja, ini bisa menggagalkan program dietmu untuk menurunkan berat badan
  • Daging ayam, bisa memicu terjadinya masalah pencernaan pada seseorang dengan golongan darah B dan AB. Ini tak lepas dari kandungan lektin yang bisa mengiritasi darah
  • Kacang merah dan jagung, dapat menghambat efektivitas dan sensitivitas insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas, bertugas mengubah glukosa menjadi energi yang disebarkan ke seluruh tubuh
  • Biji gandum, dapat memicu terjadinya hipoglikomia pada seseorang dengan golongan darah AB. Hipoglikomia adalah kondisi saat kadar gula darah berada di bawah ambang batas normal

Baca juga: Tips Menjalani Diet Sehat untuk Golongan Darah O

Nah, itulah makanan yang disarankan dan yang sebaiknya dihindari untuk diet golongan darah AB. Konsumsi makanan yang tepat bisa mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Selamat mencoba!

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Dadamo.com, diakses 13 Juni 2020, Blood Type AB.
  2. Healthline, diakses 13 Juni 2020, The Blood Type Diet: An Evidence-Based Review.
  3. Healthline, diakses 13 Juni 2020, What’s the rarest blood type?
  4. Livestrong.com, diakses 13 Juni 2020, How to Lose Weight With an AB Positive Blood Type.

    register-docotr