Diet dan Nutrisi

Tinggi Nutrisi dan Gizi, Berikut Cemilan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh!

July 26, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Cemilan sehat yang kaya gizi sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Ya, sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai cemilan sehat yang menawarkan banyak manfaat nutrisi.

Jika kamu sedang menjalani diet, cemilan sehat bisa menjadi pilihan tepat guna menjaga asupan makanan untuk tubuh. Nah, untuk lebih lengkapnya simak berikut beberapa jenis cemilan kaya nutrisi yang bisa kamu coba!

Baca juga: Manfaat Kangkung untuk Tubuh: Antioksidan Alami dan Baik untuk Kulit

Apa saja cemilan sehat yang bagus untuk tubuh?

Makanan enak memang banyak, namun yang menawarkan banyak manfaat nutrisi hanya sedikit. Nah, untuk itu kamu perlu memilih makanan tepat yang memiliki gizi seimbang. Beberapa makanan atau cemilan sehat yang bisa dikonsumsi, antara lain sebagai berikut:

Kacang-kacangan

Dilansir dari Healthline, kacang termasuk salah satu makanan bergizi yang sangat ideal dijadikan sebagai camilan. Meski lemak relatif tinggi, kacang-kacangan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mencegah depresi.

Kacang menyediakan keseimbangan nutrisi yang sempurna antara lemak sehat, protein, dan serat. Mengonsumsi kacang bisa dengan ditambahkan ke sup, ke dalam salad, atau dicampurkan dengan rempah-rempah untuk dijadikan sebagai saus.

Yoghurt dan campuran beri

Kombinasi antara yoghurt dan beri merupakan camilan lezat yang kaya akan nutrisi. Yoghurt menjadi sumber kalsium dan kalium yang baik untuk tubuh. Sementara itu, buah beri merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik.

Menggabungkan 3,5 ons atau 100 gram yoghurt dengan ½ cangkir atau 50 gram buah beri akan memberikan sekitar 10 gram protein dan 150 kalori. Jika menyukai yoghurt manis, kamu bisa menambahkan satu sendok teh selai dengan taburan biji-bijian untuk sarapan.

Irisan apel dan selai kacang

Apel diketahui kaya akan serat dan antioksidan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko jantung. Sementara selai kacang, mungkin memiliki manfaat untuk meningkatkan kolesterol baik atau HDL dan mengurangi kolesterol buruk atau LDL.

Selai kacang sendiri memiliki kalori cukup tinggi sehingga dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Konsumsilah sebuah apel sedang dengan satu sendok makan atau 15 gram selai kacang karena hanya mengandung di bawah 200 kalori.

Coklat hitam dan almond

Coklat hitam sarat dengan flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sementara kacang almond, memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung dan dapat mengontrol gula darah.

Mengonsumsi coklat hitam dan kacang almond sebagai cemilan sehat sangatlah tepat. Campuran kedua makanan ini mengandung magnesium tinggi jika dikonsumsi sebanyak 30 gram dan memberikan sekitar total 300 kalori.

Potongan timun dengan hummus

Mentimun dan hummus sangat cocok saat dimakan bersama sehingga cocok dijadikan sebagai cemilan sehat. Mentimun mengandung cucurbitacin E, yakni senyawa yang mungkin memiliki efek anti kanker.

Hummus sendiri terbuat dari buncis, minyak zaitun, dan bawang putih yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Konsumsilah satu cangkir atau 52 gram mentimun iris yang dicelupkan ke dalam 3,5 ons atau 100 gram hummus karena hanya mengandung sekitar 180 kalori.

Tomat ceri dengan mozarella

Tomat ceri kaya akan vitamin C, potassium, dan likopen yang sangat cocok dikonsumsi bersama mozzarella karena kandungan protein, kalsium, dan vitamin B12 di dalamnya.

Kedua makanan ini memiliki banyak manfaat antara lain, mengurangi risiko jantung, mencegah kanker, dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Tomat ceri dan mozarella bisa dijadikan sebagai cemilan pagi atau sore, namun tetap dengan asupan yang tepat. Konsumsilah satu cangkir atau 149 gram tomat ceri yang dipasangkan dengan 2 ons atau 60 gram keju mozarella karena hanya mengandung sekitar 200 kalori.

Baca juga: Para Vegetarian, Ini Pilihan Sumber Protein yang Bukan dari Daging

Telur rebus

Telur bisa dijadikan sebagai salah satu cemilan yang sehat dan cocok dikonsumsi ketika sedang menjalani diet. Kandungan protein, vitamin K2, dan vitamin B12 dalam telur bisa membantu mengurangi jumlah kalori selama berjam-jam dan membantu menurunkan berat badan.

Meskipun memiliki kolesterol tinggi, telur tidak memiliki efek risiko penyakit jantung. Namun, jumlah asupannya perlu diperhatikan yakni konsumsilah dua telur rebus sebagai cemilan karena hanya mengandung sekitar 140 kalori.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 26 Juni 2020. 29 Healthy Snacks That Can Help You Lose Weight
  2. Webmd (2012), diakses 26 Juni 2020. 10 Foods Nutritionists Love
    register-docotr