Diet dan Nutrisi

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh: Konsumsi Air Putih hingga Berolahraga

November 22, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Metabolisme adalah proses di mana tubuh mengubah apa yang kamu makan dan minum menjadi energi melalui pembakaran kalori. Usia, jenis kelamin, ukuran tubuh, serta tingkat aktivitas dapat memengaruhi kecepatan metabolisme pada masing-masing individu.

Nah, ada beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh yang mudah untuk dilakukan. Yuk simak!

Baca juga: Manfaat Susu Kambing: Bisa Turunkan Risiko Jantung dan Jaga Metabolisme

Cara meningkatkan metabolisme tubuh

Pada dasarnya, metabolisme menggambarkan semua proses kimiawi yang berlangsung secara terus-menerus di dalam tubuh untuk membuat tubuh tetap berfungsi dengan baik, seperti bernapas, memperbaiki sel, atau bahkan mencerna makanan.

Proses kimiawi tersebut membutuhkan energi. Semakin tinggi laju metabolisme, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar. Selain itu, memiliki metabolisme yang tinggi juga dapat memberimu lebih banyak energi serta membuatmu merasa lebih baik.

Akan tetapi seiring bertambahnya usia, metabolisme dapat melambat. Ini dapat membuat kita lebih sedikit membakar kalori sehingga cenderung lebih mudah untuk mengalami kenaikan berat badan.

Namun tak perlu khawatir, karena kamu dapat melakukan cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan tips di bawah ini.

1. Penuhi asupan cairan

Seseorang yang lebih banyak mengonsumsi air putih dibandingkan dengan minuman manis lebih berhasil dalam menurunkan berat badan serta mempertahankannya.

Hal ini karena, minuman manis mengandung kalori, sehingga menggantinya dengan air putih secara otomatis dapat mengurangi asupan kalorimu.

Perlu kamu ketahui bahwa tetap terhidrasi dengan memenuhi asupan cairan dalam tubuh sangat penting agar tubuh tetap berfungsi dengan baik. Air diperlukan untuk metabolisme yang optimal. Selain itu, air putih juga dapat membuatmu merasa tetap kenyang.

Efek pembakaran kalori dapat lebih meningkat jika kamu mengonsumsi air dingin. Sebab, tubuh menggunakan energi untuk memanaskannya hingga mencapai suhu tubuh.

2. Mengonsumsi lebih banyak protein

Cara meningkatkan metabolisme tubuh yang kedua adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein. Mengonsumsi makanan dapat meningkatkan metabolisme selama beberapa jam, ini disebut sebagai thermic effect of food (TEF).

Protein dapat menyebabkan kenaikan TEF yang lebih besar, yang mana dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 15-30 persen. Selain itu, protein juga membantumu merasa lebih kenyang serta mencegah kamu makan secara berlebihan.

Baca juga: Awas Kekurangan Protein Juga Berbahaya bagi Tubuh, Ini Efeknya

3. Perbaiki kualitas tidur

Kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas. Sebagian mungkin disebabkan oleh efek negatif kurang tidur pada metabolisme tubuh.

Perlu diketahui bahwa, saat seseorang kurang tidur, tubuh melepaskan hormon ghrelin, yang dapat membuat seseorang merasa lapar. Tetapi, hormon leptin dalam jumlah sedikit juga dapat dilepaskan. Leptin sendiri adalah hormon yang dapat membantu seseorang merasa kenyang.

Memiliki kualitas tidur yang baik dengan tidur yang cukup dapat membantu hormon-hormon tersebut tetap seimbang, sehingga dapat mencegah seseorang makan berlebihan. Cara meningkatkan metabolisme ini sangat mudah untuk dilakukan lho.

4. Mengonsumsi makanan pedas, tetapi jangan berlebihan

Makanan pedas memiliki bahan kimia alami yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Misalnya saja paprika yang mengandung capsaicin, yakni zat yang dapat meningkatkan metabolisme.

Meskipun demikian, efek menambahkan bumbu pedas pada makanan mungkin cukup kecil. Tetapi, kamu dapat mengombinasikannya dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh lainnya untuk memperoleh efek lebih.

Perlu diingat juga bahwa, janganlah berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas ya, karena ini juga tidak baik untuk kesehatanmu.

5. Olahraga

Latihan kekuatan dapat membantu membangun otot, yang juga dapat meningkatkan metabolisme. Massa otot memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan lemak. Ini berarti bahwa, massa otot membutuhkan lebih banyak energi untuk dipertahankan.

Latihan kekuatan mungkin melibatkan mengangkat beban atau melakukan latihan yang menggunakan beban tubuh untuk membangun otot.

Sama halnya seperti latihan kekuatan, high-intensity interval training (HIIT) juga merupakan cara meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat dilakukan. HIIT dapat membantumu membakar lebih banyak lemak sehingga laju metabolisme dapat meningkat.

6. Perhatikan waktu makan

Tubuh mengandalkan keseimbangan dan keteraturan. Makan di waktu yang konsisten dapat membantumu menjaga keseimbangan metabolisme.

Jika seseorang makan banyak, dan kemudian tidak makan dalam waktu yang lama, tubuh akan membakar kalori lebih lambat serta menyimpan lebih banyak sel lemak.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara meningkatkan metabolisme tubuh, mudah bukan? Untuk mengetahui cara meningkatkan laju metabolisme lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 11 November 2020. 10 Easy Ways to Boost Your Metabolism (Backed by Science) 

Medical News Today (2018). Diakses pada 11 November 2020. How to increase your metabolism 

NHS (2020). Diakses pada 11 November 2020. How can I speed up my metabolism? 

 

    register-docotr