Diet dan Nutrisi

Lagi Pilek atau Nyeri Menstruasi? Redakan dengan Infused Water, Yuk Intip Cara Membuatnya

July 12, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Nah pastinya kamu sudah seringkali melihat banyak orang yang sering membawa botol berisikan infused water kan? Berikut ini adalah cara membuat infused water dengan mudah dan praktis, simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Inilah Ciri-Ciri Infeksi Jamur Vagina, Yuk Ketahui Gejalanya

Apa itu infused water?

Cara membuat infused water ternyata mudah loh. Infused water merupakan air mineral yang dicampur dengan potongan buah-buahan atau sayuran yang selanjutnya diaduk dan biasanya direndam semalaman agar rasa dan sari buah menyatu dengan air.

Banyak juga orang yang memasukan infused water ke dalam lemari pendingin agar air lebih terasa sejuk. Inilah berbagai cara membuat infused water dengan mudah.

Air putih yang digunakan untuk merendam ini nantinya akan menghasilkan rasa sesuai dengan buah dan sayuran yang kamu rendam dalam air tersebut. 

Infused water ini sendiri tidak mengandung kalori sehingga sangat ampuh untuk dijadikan asupan untuk diet sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh sehari-hari.

Cara membuat infused water beserta manfaatnya

Berikut adalah beberapa cara membuat infused water beserta manfaatnya, antara lain:

Infused water lemon, timun, dan daun mint

Cara membuat infused water yang satu ini dengan campurkan 1 botol air mineral, dengan 1 buah irisan timun, setengah buah lemon, dan 3 lembar daun mint. Kemudian campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam 1 botol air mineral dan simpan di kulkas selama 24 jam.

Infused water dengan campuran tersebut dapat membuat tubuh kamu menjadi terhidrasi karena di dalamnya terkandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, serta kalium.

Selain itu adanya kandungan protein, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan sedikit kalori.

Cara membuat infused water strawberry, blueberry, dan blackberry

Cara membuatnya dengan campurkan 1 botol air mineral, irisan buah strawberry, blueberry, dan blackberry. Kemudian campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam 1 botol air mineral dan simpan di kulkas selama 24 jam.

Campuran infused water tersebut mengandung banyak vitamin, antioksidan dan fitokimia untuk membantu melawan stres oksidatif.

Infused water mangga dan jahe

Cara membuat infused water ini yakni sediakan 1 inci jahe segar yang sudah dicuci lalu dikupas dan iris tipis, lalu masukkan potongan buah mangga dalam 4 liter air matang dan masukkan juga irisan jahe ke dalam air. Kemudian masukkan ke dalam lemari es selama 1 sampai 3 jam sebelum disajikan.

Campuran infused water tersebut bermanfaat sebagai pereda rasa sakit secara alami seperti migrain dan menstruasi serta beberapa rasa sakit lainnya juga.

Cara membuat infused water mentimun dan lemon

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu siapkan setengah buah lemon yang diiris tipis dan 1/4 buah mentimun yang diiris tipis, es batu dan juga air. Lalu masukkan irisan buah-buah tersebut ke dalam botol air mineral dan simpan dalam lemari es selama 1 jam sebelum disajikan.

Manfaat dari infused water dengan campuran ini dapat meredakan pilek atau batuk. Selain itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurukan berat badan, dan melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Sekilas Nampak Mirip, Ternyata Ini Bedanya Pilates dan Yoga

Manfaat infused water

Ternyata banyak manfaat yang didapatkan dari infused water ini. Mulai dari membantu membuang zat sisa dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, membantu mempermudah penyerapan nutrisi, memperbaiki mood, hingga mencegah dehidrasi.

Umumnya infused water sudah mengandung rasa alami dari buah, sayur, dan rempah-rempah, sehingga kamu tidak perlu memberikan perasa tambahan apa-apa lagi.

Itulah sebabnya, minuman ini dikenal mengandung jumlah kalori yang sangat sedikit. Jadi, aman bagi kamu yang memang sedang melaksanakan program penurunan berat badan.

Infused water juga sangat cocok untuk kamu yang tidak suka minum air putih. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, diganti dengan minuman seperti kopi, teh, atau minuman ringan. Padahal minuman jenis ini justru cenderung membuat tubuh makin kekurangan cairan karena kandungan kafeinnya.

Nah kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi infused water dengan berbagai macam campuran buah-buahan yang sehat dan menyegarkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr