Diet dan Nutrisi

Kulit Pucat Bisa Jadi Pertanda Kurang Darah, Konsumsi 10 Buah Ini

April 16, 2020 | Bernadette Anya
feature image

Ditulis oleh: Riri

Ditinjau oleh: dr. Vivi Puspita hartono

Anemia atau kurangnya hemoglobin (Hb) yang terkandung dalam sel darah merah menjadi masalah kesehatan banyak orang. Pasalnya penyakit ini bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab.

Ini yang terjadi pada tubuh jika kekurangan darah

Sakit kepala adalah salah satu akibat dari kekurangan hemoglobin (Hb). Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Fungsi dari sel darah merah itu sendiri adalah mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Kurangnya Hb dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh, seperti:

–   Lelah

–   Sakit kepala

–   Kulit pucat

–   Tangan dan kaki dingin

–   Sesak napas

Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap aktivitas kamu. Karenanya penuhi nutrisi  dengan buah penambah darah berikut selain sayuran dan daging

Nutrisi yang diperlukan untuk menambah darah

Salah satu upaya untuk mengatasi gejala kekurangan darah adalah dengan meminum obat. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Jika kamu mengalami gejala kekurangan darah dan tidak segera diobati maka dapat menyebabkan masalah serius. Selain memenuhi asupan harian berupa sayuran dan daging serta obat pendukung, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang dapat menambah darah.

Kamu mungkin penasaran apa saja sih nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah, berikut ini zat-zat yang diperlukan.

●  Zat besi

●  Asam folat

●  Vitamin B12

●  Tembaga

●  Vitamin A

Konsumsi buah penambah darah

Untuk  membantu menambah darah ataupun mencegahnya dari anemia, kamu membutuhkan berbagai buah-buahan yang mengandung nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

Berikut ini daftar buah penambah darah yang kamu perlukan.

1. Jeruk

Jeruk memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi kita. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Karena mengandung asam folat yang tinggi, jeruk merupakan buah yang dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah. Menurut para ahli, dalam segelas jeruk mengandung asam folat sebesar 31,5 mcg.

Selain itu, jeruk juga memiliki khasiat dalam membantu penyerapan zat besi pada tubuh karena adanya kadar vitamin C yang tinggi. Zat besi merupakan komponen sel darah merah yang membantu pengikatan oksigen.

2. Anggur

Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Sumber foto: https://usda.gov

Anggur juga terkenal akan kandungan asam folat yang tinggi yaitu 21 mcg asam folat per satu gelasnya. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan vitamin A yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Jangan ragukan bentuknya yang kecil namun bermanfaat ini!

3. Wortel

Vitamin A yang terkandung dalam wortel memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sumber foto: https://www.healthline.com

Meskipun sebagian besar orang akan lebih setuju menggolongkan wortel sebagai sayuran, namun faktanya wortel termasuk jenis buah yang kaya akan vitamin A.

Fungsi dari vitamin A adalah membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh. Kamu sebaiknya mengonsumsi wortel minimal dua kali per minggu agar dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh secara signifikan.

4. Delima

Buah delima mengandung berbagai vitamin untuk kesehatan tubuh. Sumber foto: https://www.clevelandclinic.org

Asam askorbat yang terkandung dalam buah ini  dapat meningkatkan zat besi, Delima merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, C dan E.

5. Stroberi

Buah yang banyak dikonsumsi oleh orang, banyak manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh. Sumber foto: https://healthline.com

Selain enak dikonsumsi dalam bentuk jus, buah ini juga nikmat dikonsumsi langsung. Faktanya, buat ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang membantu tubuh dalam produksi sel darah merah. Antioksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Kismis

Kismis memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sumber foto: https://medicalnewstoday.com

Mungkin kamu sering menjumpai buah kering ini bersama dengan kue kering. Kandungan zat besi dalam kismis memang cukup tinggi, dalam 2/3 gelas kismis terdapat zat besi sekitar 2 gram.

Selain mengonsumsi langsung,kamu tentu bisa mengonsumsinya dalam bentuk kue, sereal, oatmeal dan lainnya. Hal ini tentu dapat memudahkan kamu dalam mendapatkan sumber zat besi.

7. Pisang

Pisang adalah salah satu buah dengan berbagai manfaat kesehatan. Sumber foto: https://www.hsph.harvard.edu

Pisang merupakan buah yang dapat merangsang produksi HB, dan juga merupakan sumber asam folat yang baik.

8. Semangka

Semangka memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sumber foto: https://healthline.com

Buah yang nikmat dikonsumsi dalam kondisi segar ini ternyata juga mengandung zat besi yang tinggi. Dalam satu potong semangka ukuran sedang kamu bisa mendapatkan zat besi sebanyak 1,5 gram.

Selain zat besi, kamu juga bisa mendapatkan khasiat vitamin C yang ada di dalam semangka. Fungsinya memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi. Tentunya kandungan ini sangat berperan dalam menambah sel darah merah.

9. Apel

Kandungan zat besi yang tinggi dalam apel dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sumber foto: https://www.bbc.com

Banyak orang berkata, satu hari mengonsumsi satu apel akan menjauhkan kamu dari dokter. Itulah yang membuat banyak sekali manfaat yang dimiliki apel terutama sumber zat besi yang dibutuhkan untuk menstimulasi Hb.

10. Persik

Buah persik mengandung vitamin C dan zat besi yang tinggi. Sumber foto: https://www.webmd.com

Buah persik merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan zat besi, vitamin C membantu penyerapan zat besi dan mencegah kerusakan sel-sel darah merah. kandungan lain dari buah persik adalah untuk penurunan berat badan, kesehatan kulit dan mata.

Nah, di samping kenikmatan buah tersebut, memang terdapat berbagai kandungan yang dapat memberikan manfaat penambah darah. Jadi tidak ada salahnya kamu mulai rutin mengonsumsi buah ini dari sekarang. Langsung masukkan ke dalam daftar makanan sehari-hari, ya!

https://www.test.gooddoctor.co.id/home/tips-kesehatan/kesehatan/buah-penambah-darah/


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Referensi:

Christopher D Braden, DO. “Chronic Anemia Treatment & Management.” Medscape (2019). 12 Oct 2019. <https://emedicine.medscape.com/article/780176-treatment#d9>

Rana, Sarika. Fruits for Anaemia: Load Up on these 6 Fruits to Boost Your Haemoglobin. 17 october 2017. 12 october 2019. <https://food.ndtv.com/food-drinks/fruits-for-anaemia-load-up-on-these-6-fruits-to-boost-your-haemoglobin-1761166>.

register-docotr