Diet dan Nutrisi

Bisa Melawan Sel Kanker, Inilah Segudang Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan

July 31, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Daun kucai seringkali dijadikan sebagai bahan masakan ataupun hiasan makanan. Tidak hanya itu saja, ternyata daun kucai bisa melawan sel kanker lho. Inilah manfaat daun kucai yang wajib kamu ketahui, simak ulasannya yuk!

Beragam manfaat daun kucai untuk kesehatan

Tidak hanya membuat makanan semakin lezat dan indah, inilah manfaat daun kucai yang sangat baik untuk kesehatan, antara lain:

Melawan sel kanker

Siapa sangka ternyata manfaat daun kucai bisa melawan sel kanker lho. Daun kucai termasuk ke dalam keluarga bawang atau allium yang kaya akan flavonol. Senyawa antioksidan ini dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan tumor.

Beberapa jenis kanker yang diketahui dapat dicegah dengan mengonsumsi kucai adalah kanker prostat, kanker perut, dan kanker esofagus (kerongkongan).

Meningkatkan kesehatan jantung

Daun kucai mengandun zat allicin yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Jika LDL melebihi batas normal dapat menaikkan risiko terjadinya stroke maupun penyakit jantung. 

Jika kamu mengonsumsi daun kucai secara teratur dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium yang ada di dalam daun kucai juga dapat mengurangi ketegangan kardiovaskular dalam tubuh.

Menjaga kesehatan tulang

Daun kucai kaya akan kandungan vitamin K yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang karena membantu mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, daun kucai juga dapat membantu meningkatkan produksi protein tulang osteocalcin. 

Di mana protein ini berfungsi untuk menjaga kepadatan mineral tulang, sehingga bisa membantu mencegah pengeroposan tulang alias osteoporosis.

Baca juga: Kaya akan Kalsium, Manfaat Tempe Bisa Tingkatkan Kesehatan Tulang, Lho!

Mengatasi masalah pencernaan

Daun kucai mengandung alil sulfida dan senyawa organik lain yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Antibakteri inilah yang membantu mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Selain itu kandungan antioksidan dapat berfungsi untuk memperbaiki kerusakan maupun gangguan sistem pencernaan akibat radikal bebas.

Membantu membuang racun dalam tubuh

Daun kucai memiliki sifat diuretik yang ampuh mengeluarkan racun-racun dari tubuh melalui buang air. Jika tubuh bebas dari racun, maka kamu bisa bebas melakukan aktivitas keseharian tanpa gangguan kesehatan lainnya.

Tubuh yang terbebas dari racun sudah pasti akan membuat kesehatan tubuhmu semakin terjaga.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun kucai mengandung zat allicin dan sifat antibakteri yang berguna untuk proses detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu saja, vitamin C dan E yang terdapat pada kucai juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan secara keseluruhan.

Meredakan stres

Daun kucai juga dapat membantu dalam menurunkan depresi serta meredakan stres karena kandungan zat folat yang ada di dalamnya. 

Folat mampu mencegah pembentukan homosistein yang berlebih dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kadar homosistein yang berlebih dalam tubuh dikaitkan dengan serangan jantung, stroke, dan penggumpalan darah.

Dengan mengonsumsi daun kucai, dapat membuat produksi hormon serotonin dan dopamine akan lebih lancar sehingga dapat memengaruhi suasana hati.

Membantu kesehatan janin bagi ibu hamil

Kandungan asam folat yang ada di daun kucai dapat membantu kesehatan janin bagi ibu hamil. Asam folat yang biasanya terkandung dalam susu khusus ibu hamil banyak juga terkandung dalam daun kucai. 

Namun harus diingat, kamu juga harus mengimbangi kesehatan janin dengan makanan sehat penunjang lainnya.

Memiliki sifat antibakteri

Ternyata daun kucai dapat dijadikan kekuatan tambahan untuk menghancurkan bakteri selagi kamu mengonsumsi antibiotik dari dokter. Kandungan saponin dalam daun hijau ini dapat berfungsi sebagai antibakteri dengan menghancurkan membran sel bakteri.

Menjaga kesehatan otak

Daun kucai mengandung senyawa kolin yang nantinya akan mendatangkan manfaat daun kucai untuk kesehatan guna memelihara kualitas memori otak.

Jika mengonsumsi makanan yang mengandung kolin yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak serta penyimpanan memori verbal dan visual.

Meningkatkan kualitas tidur

Jika kamu mengalami sulit tidur kamu akan mengalami stres yang berlebihan yang akan menimbulkan penyakit berbahaya, seperti jantung, penggumpalan darah, stroke, dan sebagainya.

Selain menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa melakukan pencegahan dengan mengonsumsi daun kucai untuk membantu kualitas tidur kamu menjadi lebih baik.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. medicalnewstoday.com (2020) diakses 28 Juli 2020. What are the health benefits of chives?. 28 Juli 2020 pukul 12.00.
  2. stylecraze.com (2019) diakses 28 Juli 2020. 12 Best Benefits Of Chives For Skin And Health. 28 Juli 2020 pukul 12.45.
    register-docotr