Diet dan Nutrisi

Ini Beragam Jenis dan Fungsi Vitamin yang Perlu Kamu Tahu

May 26, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Vitamin adalah sekelompok zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin berperan dalam menjaga fungsi tubuh, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Terdapat 13 macam vitamin yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin yang larut dalam air ada sembilan macam.

Ke-9 vitamin tersebut yaitu:

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin B7
  • Vitamin B9
  • Vitamin B12
  • Vitamin C

Vitamin A, D, E, dan K termasuk ke dalam jenis vitamin yang larut di dalam lemak. Vitamin yang larut dalam lemak diproses dan disimpan di dalam tubuh.

Jenis vitamin ini bisa didapatkan di dalam sayuran hijau, telur, susu, mentega, ikan sarden, ikan tuna, minyak nabati, dan beberapa makanan lainnya. 

Vitamin yang larut dalam air

Vitamin jenis ini diproses bersama air dan tidak disimpan dalam tubuh. Setelah diproses dan diserap, maka akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. 

Karena tidak disimpan dalam tubuh, maka orang cenderung lebih mudah kekurangan vitamin jenis ini.

Yang tergolong dalam jenis ini antara lain:

Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin B1 (thiamine) berfungsi sebagai koenzim. Koenzim merupakan senyawa yang membantu enzim memacu reaksi kimia. Misalnya membantu mengubah nutrisi menjadi energi. 

Vitamin ini bisa didapatkan pada biji-bijian dan sereal gandum.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Serupa dengan vitamin B1, vitamin B2 diperlukan untuk beberapa fungsi metabolisme, seperti mengubah nutrisi menjadi energi. Fungsi lainnya yakni berperan mengubah triptofan menjadi vitamin B3. 

Vitamin ini terkandung dalam daging, produk susu, telur, kacang almond dan kacang polong.

Vitamin B3 (Niacin)

Seperti vitamin B3 (niacin) berfungsi sebagai koenzim. Namun selain itu juga berperan sebagai antioksidan. Fungsi lain dari niacin yakni membantu proses metabolisme ekstraksi glukosa menjadi energi. 

Vitamin ini bisa didapatkan di dalam ikan, telur, produk susu, biji bunga matahari dan kacang tanah.

Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin ini berperan penting dalam berbagai fungsi metabolisme. Diperlukan untuk pembentukan koenzim, untuk sintesis asam lemak, asam amino, dan fungsi lainnya. 

Vitamin jenis ini terkandung dalam jamur, sayuran akar dan biji-bijian. 

Vitamin B6

Selain berfungsi sebagai koenzim, vitamin B6 juga mendukung pembentukan sel darah putih. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini jika mengonsumsi salmon atau kacang pistachio.

Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 juga diperlukan sebagai koenzim dan berperan dalam kesehatan rambut, kuku dan kulit. Vitamin ini bisa ditemui pada daging, kuning telur, jamur dan kacang-kacangan. 

Vitamin B9

Vitamin ini berperan sebagai koenzim dan penting untuk pertumbuhan, formasi DNA dan metabolisme tubuh. Defisiensi vitamin ini dapat menyebbakan anemia.

Kamu bisa mendapatkannya pada sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Cobalamin dibutuhkan dalam proses metabolisme dan membantu menjaga fungsi neurologis dan pembentukan sel darah merah. 

Sayangnya sebagian besar vitamin ini hanya didapat dari sumber makanan hewani. Karena itu bagi vegetarian berisiko kekurangan jenis vitamin ini. 

Vitamin C

Vitamin C memiliki berbagai fungsi dalam tubuh, di antaranya sebagai antioksidan dan juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. 

Selain mendapatkan vitamin dari buah-buahan dan sayuran, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C sintetis atau vitamin dalam bentuk suplemen. 

Setelah mengetahui tentang vitamin yang larut dalam air, kamu juga perlu mengingat bahwa tubuh tidak bisa menyimpannya di dalam tubuh, karena itu kamu perlu memastikan tubuh cukup mendapatkan jenis vitamin ini. 

Usahakan untuk selalu mendapatkan asupan vitamin jenis ini setiap harinya agar tubuh selalu terjaga kesehatannya. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com diakses 20 Mei 2020 The Water-Soluble Vitamins: C and B Complex 
  2. Medicalnewstoday.com diakses 20 Mei 2020 What are vitamins, and how do they work?
    register-docotr