Diet dan Nutrisi

Manfaat Omega 3 untuk Kulit: Melindungi dari Kerusakan hingga Melawan Keriput

August 3, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Omega 3 menyediakan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dapat mengurangi inflamasi atau menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, ternyata omega 3 juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit lho! Lantas, apa saja manfaat omega 3 untuk kulit?

Omega 3 banyak ditemukan pada makanan. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu dapat mengonsumsi sumber makanan tertentu, seperti kenari, makanan laut, ikan berlemak, biji-bijian, serta minyak nabati tertentu.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat omega 3 untuk kulit, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ini Lho, Berbagai Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Manfaat omega 3 untuk kulit yang perlu kamu tahu

Asam lemak omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang paling banyak dipelajari. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, sebaiknya janganlah lupa untuk memasukan nutrisi ini ke dalam makananmu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai manfaat omega 3 untuk kulit.

1. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Omega 3 dapat melindungi dari dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang berbahaya dari matahari.

Asam lemak omega 3 merupakan anti peradangan yang kuat. Lemak dapat melindungi sel-sel kulit terhadap peradangan yang disebabkan oleh sinar matahari dan membantu mengendalikan bagaimana tubuh merespon sinar UV, sehingga dapat mengurangi kerusakan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen dengan kombinasi DHA dan EPA dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar ultraviolet (UV).

Dalam salah satu studi, peserta yang mengonsumsi 4 gram EPA selama 3 bulan meningkatkan resistensi mereka terhadap sengatan matahari sebesar 136 persen. Sementara tidak ada perubahan signifikan pada kelompok yang mengonsumsi plasebo.

2. Dapat mengurangi jerawat

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang paling umum. Menjalani pola makan yang kaya akan omega 3 ternyata juga dapat membantu mencegah atau mengurangi keparahan jerawat lho!

Omega 3 telah terbukti dapat mengurangi peradangan. Jerawat juga dapat disebabkan oleh peradangan. Maka dari itu, omega 3 secara tidak langsung dapat melawan jerawat.

Beberapa penelitian telah melaporkan penurunan lesi jerawat ketika mengonsumsi suplemen omega 3, baik dikonsumsi sendiri atau dikombinasikan dengan nutrisi lainnya.

Tak hanya itu saja, omega 3 juga dapat mengurangi efek samping isotretinoin, yakni obat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat parah.

Akan tetapi, efek yang diberikan dapat berbeda-beda pada tiap orang, maka dari itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Dapat melindungi dari beberapa kondisi kulit

Manfaat omega 3 untuk kulit lainnya adalah dapat melembabkan kulit serta dapat melawan kulit merah, kering, atau gatal yang disebabkan oleh penyakit kulit, seperti dermatitis atopik atau psoriasis.

Hal ini dikarenakan omega 3 dapat meningkatkan fungsi lapisan kulit terluar, dengan cara mempertahankan kelembapan dan mencegah iritasi.

Dalam sebuah penelitian kecil, wanita yang mengonsumsi sekitar setengah sendok teh (2,5 ml) minyak biji rami yang kaya akan kandungan omega 3 setiap hari mengalami peningkatan hidrasi kulit 39 persen setelah mengonsumsinya salam 12 minggu.

Mereka juga memiliki kulit yang lebih lembut dan sensitivitas kulit pun berkurang jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo.

4. Dapat melawan keriput

Ketika lapisan kulit terluar epidermis (yang juga dikenal sebagai penghalang kulit) kehilangan kapasitas penahan airnya, kulit mungkin akan terlihat besisik, kasar, atau bahkan pecah-pecah.

Akan tetapi, untungnya kemampuan penghalang kulit untuk menahan air dipengaruhi oleh komposisi asam lemak. Asam lemak sendiri dipengaruhi oleh perubahan pada diet. Maka dari itu untuk menghindari terjadinya hal ini, kamu dapat mengonsumsi omega 3. 

Tak hanya itu saja, polusi, stres, dan diet yang tidak sehat juga dapat memicu peradangan yang dapat membuat kolagen kulit bermasalah. Hal ini menyebabkan kerutan di sekitar mata, mulut, serta dahi.

Mengonsumsi lebih banyak makanan yang dikemas dengan kandungan omega 3, seperti biji chia, bayam, dan kacang merah, atau makanan yang mengandung omega 3 lainnya dapat membantu mendukung struktur kulit untuk mengurangi tampilan tampilan garis-garis halus pada wajah.

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat omega 3 untuk kulit? Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya seperti menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit. Maka dari itu, yuk penuhi asupan omega 3 untuk tubuh agar kulit tetap sehat!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Canyon Ranch. Diakses pada 28 Juli 2020. The Skin Benefits of Omega-3 Fatty Acids 

Healthline (2019). Diakses pada 28 Juli 2020. 6 Benefits and Uses of Omega-3s for Skin and Hair 

Nordic Naturals (2019). Diakses pada 28 Juli 2020. 5 Skin Benefits of Omega-3 Fatty Acids 

Pilkington, Suzanne M, Rachel E B Watson (2011). Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acids: Photoprotective Macronutrients. NIH (diakses pada 28 Juli 2020)

Rhodes, Lesley E, Hassan Shahbhakti (2003). Effect of Eicosapentaenoic Acid, an Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acid, on UVR-Related Cancer Risk in Humans, An Assessment of Early Genotoxic Markers. NIH (diakses pada 28 Juli 2020)

Khayef, Golandam, Julia Young (2012). Effects of Fish Oil Supplementation on Inflammatory Acne. NIH (diakses pda 28 Juli 2020)

Neukam, K, S De Spirt, W Stahl (2010). Supplementation of Flaxseed Oil Diminishes Skin Sensitivity and Improves Skin Barrier Function and Condition. NIH (diakses pada 28 Juli 2020)

    register-docotr