Diet dan Nutrisi

Punya Bentuk Unik yang Khas, Ini Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

June 12, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Siapa yang tidak kenal dengan buah belimbing. Buah berbentuk bintang ini memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat belimbing, ya?

Belimbing atau yang lebih dikenal dengan julukan star fruit atau carambola merupakan buah yang memiliki rasa asam dan manis. Seringkali buah ini dijadikan sebagai bahan pembuat rujak.

Tak seperti pada buah kebanyakan yang tidak dapat dimakan kulitnya, kulit buah belimbing dapat dimakan dan dagingnya memiliki rasa asam yang ringan, yang menjadikannya sebagai salah satu buah populer di sejumlah hidangan.

Kandungan nutrisi belimbing

Manfaat yang diberikan oleh belimbing tidak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah belimbing merupakan sumber nutrisi yang layak, terutama serat dan vitamin C.

Dilansir Healthline, berikut adalah nutrisi yang terkandung dalam satu buah belimbing:

  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 52% dari AKG
  • Vitamin B5: 4% dari AKG
  • Folat: 3% dari AKG
  • Tembaga: 6% dari AKG
  • Kalium: 3% dari AKG
  • Magnesium: 2% dari AKG

Dalam satu buah belimbing juga mengandung nutrisi 28 kalori dan 6 gram karbohidra. Meskipun kandungan tersebut nampak rendah, tetapi jumlah kalori buah belimbing untuk pemenuhan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh berimbang.

Baca juga: Selain Turunkan Kolesterol, Ini Aneka Manfaat Jagung yang Bisa Kamu Peroleh!

Apa saja manfaat belimbing untuk kesehatan?

Buah berwarna kuning dan hijau ini memiliki manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu mengonsumsinya. Manfaat tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir NDTV Food, berikut adalah manfaat buah belimbing untuk kesehatan:

1. Sebagai anti-inflamasi alami

Buah belimbing memiliki sejumlah besar anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mencegah gangguan kulit seperti dermatitis. Kehadiran vitamin C juga dapat membantu dalam membuang racun dan menjaga tubuh yang sehat.

2. Menjaga kesehatan jantung

Belimbing kaya akan kandungan sodium dan kalium yang bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu menjaga tekanan darah. Mineral ini juga memastikan irama detak jantung yang teratur dan aliran tubuh yang sehat dalam tubuh.

3. Manfaat belimbing sebagai penurun berat badan

Buah belimbing mengandung kalori yang dapat diabaikan oleh tubuh, sehingga tidak akan membuat berat badan bertambah. Oleh karena itu, buah ini merupakan camilan malam yang sehat.

Tak hanya itu saja, kandungan serat yang terkandung dalam buah ini membantu mempercepat metabolisme dan mendukung upaya kamu dalam penurunan berat badan.

4. Mengatur tekanan darah

Buah belimbing juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Kehadiran kalsium ini dapat mengurangi risiko terkena masalah jantung, seperti serangan jantung dan stroke dengan cara menghilangkan stres pada pembuluh darah dan arteri.

Dengan menghilangkan tekanan stres, jantung akan lebih rileks dan membuat sirkulasi darah semakin efektif.

5. Manfaat belimbing untuk meningkatkan fungsi pencernaan

Serat yang hadir di belimbing memainkan peran yang penting dalam meningkatkan fungsi pencernaan. Ini dapat menstimulasi gerakan tinja melalui saluran pencernaan. Lebih lanjut lagi, belimbing juga dapat menghilangkan gejala sembelit, kembung, serta kram perut.

6. Aman untuk penderita diabetes

Serat tidak larut yang terdapat dalam buah ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan, yang selanjutnya dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh. Hal ini menjadikannya sebagai camilan ideal bagi para penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko.

7. Manfaat belimbing untuk meningkatkan metabolisme

Belimbing kaya akan folat dan riboflavin yang membantu mengubah metabolisme tubuhmu menjadi lebih baik, memastikan bahwa proses enzimatik dan hormonal berlangsung dengan lancar di seluruh tubuh.

8. Membantu mengurangi kadar kolesterol

Manfaat belimbing lainnya adalah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Buah ini memiliki lemak yang dapat diabaikan dan serat makanan tingkat tinggi yang bagus mengelola kadar kolesterol, sehingga dapat mengurangi risiko jantung koroner, stroke, serangan jantung, dan gangguan lainnya.

9. Dapat menjaga kesehatan pernapasan

Buah belimbing memiliki sifat dingin dan anti-inflamasi yang meningkatkan air liur dan menghambat produksi lendir atau dahak.

Ini merupakan obat yang bagus untuk infeksi saluran pernapasan dan kesehatan secara keseluruhan, mengurangi sakit tenggorokan serta masalah kesehatan lainnya.

Demikian beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan. Jangan ragu makan buah secara rutin, ya. Sudahkah kamu makan buah hari ini?

Punya pertanyaan lain mengenai manfaat buah belimbing? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 08 Juni 2020. Star Fruit 101: Is It Good for You?

NDTV Food (2018). Diakses pada 08 Juni 2020. Carambola Fruit: Here’s Why You Should Add This Excotic Fruit To Your Diet! 

    register-docotr