Diet dan Nutrisi

Benarkah Diet Bergaya “Manusia Gua” Efektif Turunkan Berat Badan?

April 20, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Debby K. A. Saputra
feature image

Apakah benar diet paleo efektif menurunkan berat badan secara signifikan? Bagaimana cara menjalankan diet paleo? Yuk, simak penjelasan berikut.

Salah satu klaim diet paleo yang sangat populer adalah makan seperti orang di zaman prasejarah atau manusia gua akan efektif menurunkan berat badan.

Loren Cordain, PhD yang menulis buku “The Paleo Diet” juga mengatakan diet yang satu ini bisa menurunkan risiko diabetes, sakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan lainnya. Nah, yang pasti jadi pertanyaan apakah benar diet paleo ini sesuai dengan klaimnya.

Inti dari diet paleo ini adalah untuk menurunkan berat badan tentunya perlu memangkas kalori atau mengikuti prinsip defisit kalori.

Berikut adalah makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan saat menerapkan diet paleo:

  1. Daging tanpa lemak.
  2. Ikan, diutamakan yang mengandung banyak lemak omega 3.
  3. Buah-buahan.
  4. Sayur.
  5. Telur.
  6. Kacang – kacangan.
  7. Biji-bijian.
  8. Minyak sehat seperti olive oil atau minyak kelapa.

Satu hal yang harus diingat kamu harus memilih makanan alami selama menjalani proses diet ini. Sedangkan untuk jenis makanan yang harus dihindari selama diet paleo adalah makanan yang telah diproses yakni:

  1. Semua produk susu misalnya yoghurt, kefir, dan lainnya.
  2. Gula halus.
  3. Kentang   Garam.
  4. Minyak yang sudah diproses salah satunya minyak canola.

Seberapa susah menjalankan diet paleo?

Jenis diet yang satu ini termasuk mudah, walaupun kamu tetap diharuskan menghitung kebutuhan kalori harian. Namun, saat melakukan diet ini hampir semua jenis makanan yang wajib dikonsumsi memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Buah-buahan dan sayur yang tinggi fiber akan menjaga tubuh tetap dalam keadaan prima. Begitu juga daging tanpa lemak dan sumber protein lainnya. 

Cara menjalankan diet paleo secara tepat

Loren mengatakan di dalam bukunya kalau cheat meal masih diperbolehkan. Terutama untuk kamu yang baru saja memulai jenis diet ini.

Ia menganjurkan di awal kamu boleh mengonsumsi makanan lain 3 kali dalam seminggu. Di dalam diet paleo cheat meal ini lebih sering disebut dengan open meal. Nah, kalau kamu menantang diri tidak ada salahnya mencoba open meal seminggu sekali saja.

Apakah bisa menjalan diet paleo tanpa olahraga?

Sebenarnya sah-sah saja melakukan diet paleo tanpa olahraga. Namun, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, tetap disarankan untuk melakukan olahraga karena akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Siapa yang boleh melakukan diet paleo?

Diet ini paling dianjurkan untuk penderita diabetes karena membatasi asupan karbohidrat dalam tubuh. Penderita diabetes akan merasakan manfaat yang baik karena makanan yang dikonsumsi tinggi protein tanpa lemak dan kaya serat.

Selain penderita diabetes kamu yang ingin menurunkan berat badan juga bisa mencoba diet paleo. Namun banyak orang yang gagal menjalani diet paleo dalam waktu yang lama karena aturannya yang ketat. 

Hal yang perlu dipertimbangkan adalah diet ini mengimplementasikan gaya hidup manusia gua. Sedangkan di era ini sudah terjadi banyak perbedaan, kekurangan nutrisi dan gizi yang tidak seimbang mungkin saja terjadi jika kamu menjalani diet paleo.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD (2018) diakses pada 24 September 2019. The Paleo Diet.

Medical News Today (2019) diakses pada 24 September 2019. Paleo Diet Meal Plan: A Simple Guide

HSPH Harvard Edu diakses pada 24 September 2019. Diet Review: Paleo Diet for Weight Loss

    register-docotr