Diet dan Nutrisi

Baik Buat Kesehatan Gigi, Simak 11 Manfaat Lain dari Buah Duku

July 24, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Buah duku adalah satu dari sekian banyak buah-buahan asli Indonesia. Meski ukurannya mungil, bukan berarti manfaat konsumsi buah duku juga sedikit.

Justru khasiat buah yang memiliki rasa manis ini sangat banyak bagi kesehatan. Jadi kamu tak perlu ragu lagi untuk membelinya, karena berbagai manfaat konsumsi buah duku di bawah ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Menjaga daya tahan tubuh

Dilansir dari steemit.com, buah yang punya banyak penggemar di Indonesia ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, vitamin ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sumber anti-oksidan

Vitamin C pada buah duku juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Ia mampu melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari polusi, dan hal sejenis yang menyebabkan radikal bebas. Dengan begitu sel-sel tubuh akan lebih cepat pulih dari kerusakan.

Mencegah kelahiran prematur

Terkait dengan manfaatnya sebagai sumber antioksidan, para ibu hamil juga perlu mengonsumsi buah duku agar janin tidak lahir prematur.

Mengapa demikian? Dilansir dari steemit.com, salah satu penyebab bayi lahir sebelum waktunya adalah paparan radikal bebas. Jadi jika kamu ingin si kecil lahir pada waktunya, ada baiknya mengonsumsi buah ini.

Menguatkan gigi

Apa kamu tahu kalau mengonsumsi buah duku juga bisa berpengaruh baik pada kesehatan gigi? Ya, ternyata buah manis ini mengandung senyawa fosfor yang sangat berperan dalam menguatkan gigi.

Kamu bisa mengoptimalkan hal ini dengan menambahkan buah stroberi yang juga baik untuk kekuatan gigi.

Menjaga kesehatan gusi

Buah duku juga ampuh menjaga gusi agar tetap sehat. Dengan mengonsumsi duku secara rutin, gusi yang merupakan rumah dari gigi akan terhindar dari risiko infeksi seperti radang dan sejenisnya.

Menurunkan berat badan

Apabila kamu ingin menurunkan berat badan, duku bisa menjadi pilihan tepat untuk dimasukkan dalam menu dietmu.

Ini karena buah duku bisa membantu tubuh mendapatkan carnitine, yakni sejenis asam lemak yang berperan penting dalam proses pembakaran lemak.

Agar hasilnya semakin optimal, kamu bisa melengkapinya dengan buah apel yang kaya serat dan baik untuk sistem pencernaan.

Menjaga kesehatan kulit

Selain mengandung vitamin C, buah duku juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit. Jadi buah ini sangat pas dikonsumsi jika kamu ingin memperoleh berbagai khasiat seperti:

  1. Meremajakan kulit
  2. Menghaluskan kulit yang kasar
  3. Menjaga kelembapan kulit
  4. Melindungi kulit dari sinar ultra violet, dan
  5. Membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Menjaga kadar kolesterol

Nutrisi yang terdapat di dalam buah duku juga dapat membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu di dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap wajar dan mencegah timbulnya batu empedu.

Mengatasi demam dan diare

Khasiat buah duku lainnya adalah dapat menangani diare dan menurunkan demam. Kamu cukup melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mendapatkan manfaat duku yang satu ini:

  1. Buang biji duku terlebih dahulu
  2. Tumbuk bijinya sampai halus
  3. Campur dengan air secukupnya
  4. Lalu minum segelas air tersebut sebanyak satu kali dalam sehari.

Menghindari gigitan serangga

Sama halnya dengan daun salam, buah duku juga berkhasiat menangkal gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Caranya bakar kulit buah duku dan oleskan secukupnya pada kulit yang terasa gatal.

Melawan kanker

Selain baik untuk diet, buah duku juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang ampuh melawan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Dilansir dari healthbenefitstimes.com, kulit duku dinilai cukup efektif membantu tubuh melawan persebaran sel-sel kanker yang menyerang sistem pencernaan seperti usus, lambung, dan sejenisnya.

Relatif aman untuk penderita diabetes

Penyakit diabetes seringkali membuat penderitanya tidak bisa sembarangan memilih menu jajanan.

Untungnya buah duku punya kandungan serat, dan antioksidan polyphenol yang mampu meningkatkan kadar gula darah dan menurunkan penyerapan gula dalam tubuh.

Jadi buah ini bagus dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Benefits of Duku Fruit for Health, https://steemit.com/health/@syahrin/benefits-of-duku-fruit-for-health-35770958ea0d5 diakses pada 22 Juli 2020

Health benefits of Duku Fruit, https://www.healthbenefitstimes.com/duku-fruit/, diakses pada 22 Juli 2020

The Benefits of Duku Fruit For The Body And Its Nutrition, https://steemit.com/health/@syifa93/the-benefits-of-duku-fruit-for-the-body-and-its-nutrition, diakses pada 22 Juli 2020

 

    register-docotr