Diet dan Nutrisi

Tubuh Butuh Vitamin C, Tapi kalau Dikonsumsi Berlebihan Ini Bahayanya bagi Kesehatan

August 29, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Bahaya kelebihan vitamin C bagi tubuh bisa bermacam-macam. Mulai dari efek samping ringan, hingga berbahaya. Bahaya tersebut muncul dari efek samping mengonsumsi vitamin C secara berlebihan atau banyak dikenal dengan istilah overdosis.

Baca Juga: Demi Pertumbuhan Optimal, Yuk Kenali Manfaat Vitamin C untuk Anak Berikut Ini

Takaran Vitamin C yang direkomendasikan masuk tubuh

Salah satu alasan paling umum mengapa orang mengonsumsi vitamin C adalah karena mampu membantu menjaga imunitas tubuh. Mengonsumsi vitamin C juga selalu menjadi rekomendasi agar tubuh terlindungi dari virus flu.

Untuk orang dewasa, jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 65 hingga 90 miligram (mg) sehari dengan batas atas 2.000 mg sehari.

Lalu bagaimana bahaya kelebihan vitamin C bagi kesehatan jika takarannya melebihi dari yang direkomendasikan?

Apa saja bahaya kelebihan vitamin C?

Secara umum, efek samping yang dihasilkan dari vitamin C biasanya bukan berasal dari konsumsi makanan atau buah, melainkan dari mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen.

Apa saja bahaya kelebihan vitamin C bagi kesehatan tubuh? Simak pembahasan berikut.

Menyebabkan batu ginjal

Bahaya kelebihan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh apalagi berasal dari suplemen, secara umum yakni bisa menimbulkan gangguan fungsi ginjal.

Sebuah publikasi medis menemukan kesimpulan bahwa kelebihan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat kamu mengalami batu ginjal. Mengonsumsi terlalu banyak vitamin C berpotensi meningkatkan jumlah oksalat dalam urine.

Pada sebuah penelitian, satu orang dewasa diminta untuk mengonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 1.000 mg dua kali sehari selama 6 hari. Hasilnya, orang tersebut memiliki peningkatan jumlah oksalat yang dikeluarkan sebesar 20 persen.

Dalam kondisi seperti ini, vitamin C yang kamu konsumsi akan mulai menumpuk dan berpotensi menyebabkan gejala batu ginjal.

Bahaya kelebihan vitamin C yakni menyebabkan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan efek samping yang paling sering terjadi apabila kamu mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Gejala pencernaan yang paling umum adalah diare dan mual.

Kemungkinan efek samping ini bisa terjadi apabila kamu mengonsumsi lebih dari 2.000 mg vitamin C sekaligus.

Jika kamu mengalami masalah pencernaan akibat mengonsumsi terlalu banyak vitamin C, kamu hanya cukup mengurangi dosis suplemen yang kamu konsumsi.

Sebaiknya, hindari mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen dan mulailah dengan vitmain C yang tersedia dari buah-buahan dan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

Sebabkan kelebihan zat besi

Vitamin C dalam tubuh mampu meningkatkan penyerapan zat besi. Namun apabila mengonsumsinya terlalu banyak, maka dapat menyebabkan tubuh mengalami kelebihan zat besi.

Akibatnya, tubuh akan mengalami kerusakan serius pada jantung, hati, pankreas, tiroid, dan sistem saraf pusat.

Meskipun demikian, kondisi kelebihan zat besi sangat tidak mungkin terjadi jika kamu tidak memiliki keadaan yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi.

Kondisi berbahaya ini akan mungkin terjadi apabila memiliki kondisi yang mampu meningkatkan risiko penumpukan zat besi dalam tubuh, seperti hemochromatosis. Kondisi ini juga biasanya diakibatkan oleh konsumsi suplemen yang berlebihan.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa menemukan bahwa penyerapan zat besi dalam tubuh mampu meningkat 67 persen saat mereka mengonsumsi 100 mg vitamin C yang terkandung dalam makanan.

Baca Juga: Meskipun Bermanfaat, Vitamin C dapat Sebabkan Alergi Lho!

Bijak mengonsumsi suplemen agar terhindar dari bahaya kelebihan vitamin C

Melansir dari laman kesehatan webmd.com, banyak orang masih belum paham bahwa mengonsumsi suplemen vitamin secara berlebihan tidak membawa khasiat baik bagi tubuh.

Johanna Dwyer, RD, seorang ilmuwan peneliti senior di Kantor Suplemen Diet National Institut Kesehatan Amerika memberikan penjelasan. Menurutnya, mengonsumsi terlalu banyak suplemen vitamin justru membawa lebih banyak kerugian.

“Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tidak ada keuntungan nyata untuk mengonsumsi lebih dari jumlah vitamin dan mineral yang direkomendasikan, justru memiliki lebih banyak kerugiannya,” kata Dwyer.

Selalu konsultasikan bersama dokter tentang kebutuhan vitamin dan mineral yang sesuai dengan kondisi kamu. Apabila harus mengonsumsi suplemen, konsultasikan dosis yang tepat agar tidak terjadi overdosis.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

1. healthline.com (2019). Diakses 27 Agustus 2020. https://www.healthline.com/nutrition/side-effects-of-too-much-vitamin-c#bottom-line

2. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (1999). Diakses 27 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10218143/

3. ncbi.nlm.nih.gov (2008). Diakses 27 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2516548/

4. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2000). Diakses 27 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10799377/

5. ncbi.nlm.nih.gov (2004). Diakses 27 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1472830/

6. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2005). Diakses 27 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15817846/

7. ncbi.nlm.nih.gov (2013). Diakses 27 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3783921/

8. webmd.com. Diakses 27 Agustus 2020. https://www.webmd.com/diet/guide/effects-of-taking-too-many-vitamins#1

9. mayoclinic.org. Diakses 27 Agustus 2020. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vitamin-c/faq-20058030#:~:text=Answer%20From%20Katherine%20Zeratsky%2C%20R.D.,helps%20your%20body%20absorb%20iron.

10.

    register-docotr