Diet dan Nutrisi

8 Aplikasi Diet untuk bantu Turunkan Berat Badan, Ini Daftarnya!

November 9, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Di era digital seperti sekarang, menjalankan program diet rupanya tak sesulit yang dibayangkan. Sebab, ada beragam aplikasi untuk diet yang bisa digunakan di smartphone, dapat membantumu agar program menurunkan berat badan terlaksana secara optimal.   

Apa saja aplikasi itu? Apakah bisa digunakan untuk semua jenis smartphone? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Daftar aplikasi untuk diet di smartphone

Deretan aplikasi untuk diet di bawah ini tersedia di Play Store (Android) dan App Store (Apple). Masing-masing memiliki fungsi beragam, seperti menghitung kalori, makanan yang harus dihindari, serta saran menu untuk dikonsumsi.

Berikut delapan aplikasi untuk diet yang bisa kamu coba:

1. Lose it!

Aplikasi untuk diet yang pertama adalah Lose it!. Jika kamu memiliki target berat badan tertentu, cobalah untuk menggunakan aplikasi ini. Masukkan detail profil dan target berat badan, lalu aplikasi akan menghitung jumlah kalori harian yang harus dikonsumsi dan dibakar.

Terdapat fitur Snap it yang memungkinkanmu untuk mengunggah makanan dan mengetahui jumlah kalorinya. Menarik, bukan? Tak hanya itu, Lose it! juga bisa membuatmu berinteraksi dengan pengguna lain untuk saling memberi dukungan dan motivasi.

Baca juga: 5 Menu Sarapan untuk Diet Turunkan Berat Badan, Mudah dan Praktis!

2. MyFitnessPal

Aplikasi untuk diet berikutnya adalah MyFitnessPal. Dilansir dari Medical News Today, aplikasi ini memiliki database sekitar lima juta menu makanan beserta jumlah kalorinya. Ini akan membantumu dalam menentukan menu santapan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi.

Tak hanya kalori, MyFitnessPal juga dapat melacak nutrisi apa saja yang terkandung pada sebuah makanan.

3. Daily Burn

Tak melulu soal makanan, ada aplikasi untuk diet yang bisa membantumu dalam menurunkan berat badan melalui olahraga. Daily Burn menyediakan akses ke lebih dari 700 latihan, termasuk yoga dan kardio.

Untuk pemula, ada video latihan 30 menit yang ditambahkan ke aplikasi setiap harinya, tersedia selama 24 jam. Kamu juga bisa streaming olahraga apapun yang disukai, sangat cocok untuk orang yang tidak punya waktu untuk pergi ke pusat kebugaran.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Berapa Kebutuhan Kalori per Hari yang Diperlukan Tubuh

4. FatSecret

Aplikasi untuk diet berikutnya adalah FatSecret, bisa membantumu untuk memilih resep dan menu makanan sehat serta menghitung pembakaran kalori dari olahraga. Ya, aplikasi ini dapat mendukung program dietmu tak hanya dari sisi makanan, tapi juga olahraga.

Kamu bisa mencatat jumlah kalori yang masuk dan yang terbakar. Tak hanya data harian, FatSecret dapat menampilkan rata-rata kalori bulanan. Jadi, kamu bisa mengetahui dan meninjau progresnya saat menjalankan diet.

5. Noom

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi untuk diet, Noom dapat membantumu dalam menurunkan berat badan melalui perubahan kebiasaan atau pola hidup. Tak hanya menampilkan daftar makanan sehat, Noom juga menawarkan fitur lain yang bermanfaat untuk penggunanya.

Misalnya, indikator kadar gula darah, bacaan motivasi, hingga petunjuk latihan ringan yang bisa dilakukan ketika sedang di kantor.  

6. Monitor Your Weight

Sama seperti namanya, Monitor Your Weight benar-benar memudahkan penggunanya untuk meninjau progres berat badan saat menjalankan diet.

Aplikasi untuk diet yang satu ini akan menampilkan grafik dan statistik hingga mencapai berat badan ideal. Kenaikan dan penurunan berat badan bisa tercatat dan terekam dengan rapi di aplikasi ini.

Baca juga: Mau Latihan Treadmill untuk Menurunkan Berat Badan? Begini Cara Tepatnya!

7. Fooducate

Fooducate bertujuan mengedukasi pengguna tentang apa saja yang ada di dalam piring makanan serta menyediakan opsi menu paling sehat untuk dikonsumsi. Mau tahu makanan mana yang memiliki kandungan gula paling rendah? Fooducate bisa membantumu.

Aplikasi ini memiliki semua fitur diet konvensional, seperti pencatatan kalori, aktivitas fisik, dan target berat badan tujuan. Kemampuannya dalam memberikan informasi nutrisi yang mendalam pada makanan membuat Fooducate terlihat lebih menonjol dari aplikasi lain.

8. Fitbit

Aplikasi untuk diet yang terakhir adalah Fitbit, dapat digunakan untuk mencatat aktivitas fisikmu. Fitbit bisa menghitung jumlah langkah saat berjalan dan naik tangga, mengukur detak jantung, memantau asupan makanan, hingga kebiasaan tidur.  

Kamu bisa mengatur alarm sebagai pengingat untuk bangun dan olahraga. Selain itu, Fitbit juga dapat membuatmu untuk terhubung dengan teman dan keluarga yang menggunakan aplikasi serupa.

Nah, itulah daftar aplikasi untuk diet di smartphone yang bisa membantumu dalam menurunkan berat badan. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dengan fungsi yang berbeda, agar program diet bisa terlaksana secara optimal. Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 27 Oktober 2020, The Best Weight Loss Apps of 2020.
  2. Healthline, diakses 27 Oktober 2020, The 10 Best Weight Loss Apps That Help You Shed Pounds.
  3. Medical News Today, diakses 27 Oktober 2020, The best apps for dieting and weight loss.

    register-docotr