Diet dan Nutrisi

9 Manfaat Teh Dandelion Untuk Kesehatan, Pelihara Kekebalan Tubuh Hingga Atasi Tekanan Darah

November 18, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pernahkah kamu menemukan tanaman dandelion? Meski seringkali dianggap “gulma” tanaman ini punya banyak manfaat. Dikemas dalam bentuk teh, dandelion merupakan salah satu minuman herbal yang baik untuk dikonsumsi.

Manfaat teh dandelion bagi tubuh dan kesehatan 

Dandelion merupakan tanaman mengandung beta karoten, magnesium, kalsium, besi dan seng. Dandelion juga merupakan sumber Vitamin A. Berikut ini adalah manfaat teh dandelion bagi kesehatan:

1. Efek anti-inflamasi

Dandelion memiliki kandungan taraxasterol, yakni senyawa yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang  signifikan memerangi peradangan. Taraxasterol juga dapat membantu mengatur sel darah putih dan mencegahnya dari peradangan yang tidak perlu.

2. Tekanan darah rendah 

Teh dandelion adalah sumber potasium yang sangat baik. Mineral dan elektrolit di dalamnya dapat merangsang detak jantung. Di samping itu, kalium di dalamnya dapat membantu ginjal menyaring racun dengan lebih efektif dan meningkatkan aliran darah.

3. Mengurangi air dalam tubuh

Saat kamu merasa kembung, cobalah  untuk minum teh dandelion. Teh dandelion dapat meredakan nyeri karena bertindak sebagai diuretik dan meningkatkan pengeluaran urin.

Sebuah studi menunjukkan adanya peningkatan produksi urine dalam tubuh setelah mengonsumsi dua cangkir teh dandelion. 

4. Meredakan penyakit pencernaan

Meski buktinya masih minim, teh dandelion telah lama digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan. Mulai dari meningkatkan nafsu makan, menenangkan penyakit pencernaan ringan, dan meredakan sembelit.

5. Merawat kesehatan organ hati

Dalam pengobatan tradisional, akar dari tanaman dandelion telah lama digunakan sebagai “tonik hati”. Secara turun temurun, teh akar dandelion juga dipercaya dapat membantu mendetoksifikasi hati, membantu mengatasi masalah kulit dan mata, serta meredakan gejala penyakit hati.

Sedangkan berdasarkan penelitian, polisakarida yang ada dalam tanaman dandelion diketahui memang bermanfaat untuk fungsi hati. Sebuah studi pendahuluan juga menemukan dandelion dapat meningkatkan aliran empedu.

Dandelion juga dapat membantu hati menyaring bahan kimia yang berpotensi berbahaya dari makanan

6. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Dandelion juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yakni salah satu vitamin yang paling bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Asupan teh dandelion tentu baik untuk menjaga kekebalan tubuh terutama dalam melawan flu musiman. 

7. Mencegah infeksi saluran kemih

Teh dandelion bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih juga gangguan kemih. Namun konsumsinya perlu dikombinasikan dengan tanaman herbal lain yang bernama Uva Ursi. 

Kombinasi keduanya ampuh melawan infeksi saluran kemih pada wanita. Uva Ursi berperan untuk membunuh bakteri, sementara teh dandelion berperan untuk merangsang produksi urin dan melawan infeksi

9. Dapat menjadi pengganti kopi alami

Akar tanaman dandelion muda dapat diolah menjadi pengganti kopi alami. Caranya dengan membakar akarnya hingga berwarna coklat tua. Kemudian, akar direndam dalam air panas dan disaring dan disajikan sebagai minuman pengganti kopi. 

Baca juga: Sering Disebut Minuman Ajaib, Ini Dia Manfaat Konsumsi Teh Jiaogulan untuk Tubuh!

Aturan minum teh dandelion

Secara umum saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk dandelion. Untuk itu, pastikan mengonsumsi teh dandelion sesuai dengan dosis yang tertera pada label produk. 

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis tepat yang ditentukan dari beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Teh dandelion juga bisa dibuat sendiri dengan membersihkan bunga dan daunnya. Kemudian rendam dalam air panas selama 15-20 menit. Ambil sekitar 1-2 sendok kemudian rebus dalam air panas selama sekitar 10 menit. 

Baca juga: 7 Tanaman Obat yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Kabar Baiknya Lagi Bisa Ditanam di Rumah!

Efek samping teh dandelion

Secara umum teh dandelion dianggap aman. Namun sebaiknya sebelum mengonsumsi teh dandelion, kamu berkonsultasi dulu dengan dokter. Terutama bila kamu memiliki obat tertentu yang harus diminum secara rutin.

Berikut ini adalah potensi risiko yang dapat ditimbulkan dari konsumsi teh dandelion:

  • Alergi. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi karena menyentuh atau menelan dandelion. Terutama orang yang memiliki alergi pada tanaman seperti aster, marigold, atau krisan yang termasuk keluarga daisy. 
  • Masalah kehamilan. Efek teh dandelion pada seseorang yang sedang hamil atau menyusui tidak dapat diketahui dengan jelas. Namun wanita yang sedang hamil atau menyusui disarankan mencari alternatif lain. 
  • Interaksi obat. Dandelion juga ditemukan berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, termasuk diuretik, litium, noroxin dan sipro. Hal ini disebabkan oleh sifatnya sebagai diuretik alami, sehingga kerja obat serupa dapat terganggu. 
  • Gangguan fungsi ginjal. Dandelion dapat meningkatkan risiko komplikasi khususnya bagi seseorang yang memiliki penyakit ginjal.
  • Tekanan dan pembekuan darah. Potasium dalam dandelion dapat memengaruhi aliran darah dan pembekuan, sebaiknya hindari teh dandelion jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah

Itu dia berbagai manfaat teh dandelion bagi tubuh dan kesehatan. Meski punya sederet manfaat, tanaman herbal ini juga punya potensi efek samping yang perlu diperhatikan seperti tanaman herbal lainnya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar konsumsi tanaman herbal? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr