Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Nasi Kembang Kol & Cara Membuatnya, Mudah dan Menyehatkan!

December 11, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selain beras, ada banyak alternatif lain yang bisa digunakan dan dimasak menjadi nasi. Kembang kol adalah salah satunya. Memiliki aroma yang khas ketika sudah dikukus, ada banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui dari nasi kembang kol.

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi nasi kembang kol untuk kesehatan? Serta, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Beragam manfaat nasi kembang kol

Ada beberapa manfaat dari nasi kembang kol yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Selain membantu menurunkan berat badan, nasi kembang kol juga dapat meningkatkan sistem kekebalan.

1. Bantu turunkan berat badan

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih nasi kembang kol ketimbang beras adalah karena bisa membantu menurunkan berat badan.

Satu cangkir kecil berisi kembang kol hanya memiliki 25 kalori. Jumlah tersebut tentu berbeda dengan nasi yang terbuat dari beras dengan 130 kalori per 100 gram.

Semakin sedikit nasi kembang kol yang dimakan, proses pembakarannya juga menjadi lebih ringan. Proses pembakaran yang tidak optimal akan menyebabkan penumpukan kalori dan memicu obesitas.

Belum lagi, nasi kembang kol merupakan sumber serat yang baik, mampu memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, kamu akan merasakan kenyang lebih lama. Kandungan air pada kembang kol juga cukup tinggi, yaitu sekitar 92 persen.

Mengutip dari Healthline, makanan padat air dan rendah kalori sering dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Baca juga: Wajib Dicoba, Menu Diet Tanpa Nasi yang Mudah dan Bergizi

2. Mudah dicerna

Meski prosesnya lama, kembang kol merupakan salah satu makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Sayuran tersebut mengandung beberapa jenis serat. Serat larut yang dimiliki dapat berubah menjadi gel ketika berada di perut.

Gel itu lalu menyerap kolesterol dan membantu menghilangkannya sebelum diedarkan ke aliran darah. Sedangkan untuk serat tak larut, mampu berperan sebagai prebiotik untuk dimakan oleh bakteri baik di usus.

3. Kaya nutrisi

Kembang kol merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan nasi dari beras. Sebab, nutrisi yang dimilikinya cukup lengkap dan beragam. Berikut kandungan pada kembang kol berukuran 128 gram:

  • Serat: 3 gram
  • Vitamin B6: 11 persen dari total kebutuhan harian
  • Vitamin C: 77 persen dari total kebutuhan harian
  • Vitamin K: 20 persen dari total kebutuhan harian
  • Folat: 14 persen dari total kebutuhan harian
  • Kalium: 9 persen dari total kebutuhan harian
  • Fosfor: 4 persen dari total kebutuhan harian
  • Magnesium: 4 persen dari total kebutuhan harian
  • Mangan: 8 persen dari total kebutuhan harian

4. Sumber antioksidan

Kembang kol adalah sumber antioksidan yang baik, bisa membantu melindungi sel-sel sehat dari ancaman radikal bebas dan peradangan berbahaya. Kembang kol punya glukosinolat dan isotiosianat, dua jenis antioksidan yang terbukti dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Dalam sebuah penelitian, glukosinolat dan isotiosianat cukup efektif untuk melindungi tubuh dari perkembangan sel abnormal di paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

5. Jaga kesehatan jantung

Manfaat yang bisa kamu dapat dari nasi kembang kol berikutnya adalah kesehatan jantung makin terjaga. Ini tak lepas dari kandungan karotenoid dan flavonoid yang bisa mengoptimalkan fungsi terbaik dari organ tersebut.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, dua senyawa tersebut dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanannya. Hal itu bisa membantu jantung agar tidak bekerja lebih keras, sehingga kesehatannya tetap terjaga.

6. Meningkatkan sistem kekebalan

Manfaat nasi kembang kol yang terakhir adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini tak lepas dari tingginya vitamin C yang dimiliki. Seperti yang telah disebutkan, kandungan vitamin C pada kembang kol bisa setara dengan 77 persen dari total kebutuhan harian.

Ketika sistem kekebalan tubuh makin meningkat, risiko terkena berbagai penyakit atau gangguan kesehatan bisa diminimalkan.

Cara membuat nasi kembang kol

Membuat nasi kembang kol tak sesulit yang dibayangkan. Berikut langkah-langkah mudah untuk membuatnya:

  1. Cuci dan keringkan bagian kepala kembang kol secara menyeluruh
  2. Potong bagian kepala menjadi empat, lalu parut atau cacah satu per satu
  3. Setelah diparut atau dicacah, bersihkan sisa air yang masih menempel dengan menekannya ke lap atau tisu bersih
  4. Kukus sampai tekstur kembang kol berubah menjadi lembek seperti nasi

Setelah matang, kamu bisa menambahkan komponen makanan lain layaknya makan nasi biasa, seperti sayuran, ikan, daging-dagingan, telur, dan sebagainya.

Nah, itulah ulasan tenang nasi kembang kol beserta manfaat dan cara membuatnya yang perlu kamu tahu. Kamu bisa menjadikannya sebagai menu utama pengganti beras agar mendapat khasiat terbaiknya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 10 Desember 2020, The Top 8 Health Benefits of Cauliflower.
  2. Healthline, diakses 10 Desember 2020, How Cauliflower Rice Benefits Your Health.
  3. WebMD, diakses 10 Desember 2020, Health Benefits of Cauliflower Rice.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Desember 2020, Dietary flavonoids and hypertension: is there a link?
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Desember 2020, Cruciferous Vegetables and Human Cancer Risk: Epidemiologic Evidence and Mechanistic Basis.

    register-docotr