Diet dan Nutrisi

6 Buah yang Wajib Dikonsumsi untuk Mengatasi Anemia

October 20, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jika akhir-akhir ini kamu sering merasa lesu, dan berwajah pucat, ada kemungkinan kamu menderita kekurangan darah yang umum dikenal sebagai anemia.

Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat. Kondisi ini bisa membuat kamu tidak mendapatkan cukup oksigen, dan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Dalam beberapa kasus, jika berhasil didiagnosis sejak dini, anemia dapat diobati dengan mengonsumsi buah-buahan berikut.

Pola makan sehat bagi penderita anemia

Dilansir dari Healthline, langkah pengobatan anemia sering kali mencakup perubahan pola makan. Biasanya ini melibatkan beberapa jenis makanan yang kaya zat besi dan vitamin tertentu untuk produksi hemoglobin dan sel darah merah.

Kamu juga diharuskan mengonsumsi makanan yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Semuanya bertujuan agar produksi hemoglobin di dalam tubuh bisa terjadi dengan semakin optimal.

Baca juga: Miliki Riwayat Penyakit Anemia? Yuk Ketahui Daftar Buah Penambah Darah!

Buah-buahan untuk mengatasi anemia

Seperti yang dilansir dari Food.Ndtv, menambahkan buah-buahan dalam makanan sehari-hari cukup efektif membantu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa buah-buahan yang disarankan untuk dimakan penderita anemia untuk dimakan secara teratur.

Delima

Delima menjadi salah satu buah terbaik untuk meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh. Ini adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, vitamin A, C dan E.

Asam askorbat yang ada dalam buah ini terbukti mampu meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang bertugas mengatur jumlah darah.

Namun ingat, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara langsung, bukan yang sudah diolah secara kemasan.

Selain lebih sehat, kandungan gula jus olahan buah delima juga tidak baik jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Pisang

Pisang adalah pilihan yang sangat tepat untuk dimasukkan ke dalam menu makanan untuk mengatasi anemia yang kamu derita.

Buah ini dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah, dan di saat yang bersamaan juga menjadi sumber asam folat yang baik.

Asam folat sendiri merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah menjadi sehat.

Apel

Apa kamu pernah mendengar ungkapan, ‘one apple a day keeps the doctor away?’ Ya, hal tersebut memang benar adanya alias tidak mengada-ada.

Apel memiliki begitu banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk mengatasi anemia.

Apel adalah sumber zat besi yang kaya dengan berbagai komponen yang diperlukan untuk merangsang produksi jumlah hemoglobin.

Jadi jika kamu saat ini sering merasa lemas karena kurang darah, cobalah untuk memakan setidaknya satu apel beserta kulitnya setiap hari.

Baca juga: 9 Manfaat Lobak Putih, Salah Satunya Mendukung Penurunan Berat Badan, Lho!

Prune atau plum kering

Meski ukurannya kecil, tetapi jangan pernah sekali pun meremehkan buah yang satu ini. Plum memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang bisa menjadi kunci untuk meningkatkan produksi hemoglobin.

Selain itu, plum adalah sumber magnesium yang kaya, sehingga bisa membantu meningkatkan stimulasi sel darah merah secara signifikan. Magnesium juga diketahui dapat membantu mengatur transportasi oksigen dalam tubuh.

Jeruk

Zat besi tidak dapat diserap optimal oleh tubuh tanpa bantuan vitamin C. Oleh karena itu, selain mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan zat besi, kamu juga harus menyertainya dengan asupan vitamin C secara cukup.

Tak perlu susah-susah, karena kamu bisa mendapatkannya hanya dengan memakan setidaknya satu buah jeruk setiap hari.

Persik

Buah ini adalah paduan yang pas untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Alasannya, buah persik kaya akan vitamin C dan sekaligus zat besi.

Ini berarti konsumsi buah persik bisa membantu menyerap zat besi dan selanjutnya mencegah duplikasi sel darah merah yang rusak.

Tak hanya itu, buah ini juga telah banyak dikenal ampuh membantu penurunan berat badan, memperbaiki kulit dan meningkatkan kesehatan mata.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Best Diet Plan for Anemia, https://www.healthline.com/health/best-diet-plan-for-anemia diakses pada 19 Oktober 2020

Fruits for Anaemia: Load Up on these 6 Fruits to Boost Your Haemoglobin, https://food.ndtv.com/food-drinks/fruits-for-anaemia-load-up-on-these-6-fruits-to-boost-your-haemoglobin-1761166 diakses pada 19 Oktober 2020

    register-docotr