Diet dan Nutrisi

5 Tips Sukses Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

October 1, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sudah mencoba diet dan beberapa jenis olah raga namun masih belum berhasil menurunkan berat badan? Mungkin saatnya mencoba beberapa tips agar turun berat badan dengan bersepeda.

Bersepeda seringkali dianggap salah satu kegiatan yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Ingin tahu bagaimana tips agar cepat turun berat badan dengan bersepeda? Yuk, simak tips berikut ini. 

Baca Juga: Banyak Serangan Jantung Terjadi saat Bersepeda, Mengapa Demikian? Simak Penjelasannya

5 tips turun berat badan dengan bersepeda

Bersepeda dapat membantu menurunkan berat badan karena saat kamu mengayuh pedal, kalori dalam tubuhmu terbakar. Nah, agar pembakaran kalori tersebut maksimal dan menghasilkan penurunan berat badan, kamu perlu mencoba empat tips berikut ini. 

1. Meningkatkan intensitas bersepeda

Mengayuh sepeda dengan santai juga bisa membakar kalori. Meningkatkan intensitas mengayuh dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Semakin cepat intensitas mengayuh, akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Bersepeda dengan intensitas sedang dan stabil dapat membakar 300 kalori dalam 60 menit. Jika intensitas semakin cepat, jumlah kalori yang terbakar juga semakin besar. Jumlah pembakaran tersebut juga akan menghasilkan jumlah kalori yang berbeda-beda.

Seperti dilansir dari Harvard Health Publishing, orang dengan berat 70,3 kilogram bersepeda dengan kecepatan 22,5 – 25,5 kilometer per jam selama 30 menit, membakar 372 kalori. Sementara orang yang beratnya 83,9 kilogram, dengan kecepatan dan waktu yang sama membakar 444 kalori.

2. Melakukan latihan intensitas tinggi

Latihan intensitas tinggi disebut juga high intensity interval training (HIIT), yaitu melakukan latihan fisik intensitas tinggi dalam durasi yang singkat. Diselingi waktu latihan intensitas rendah dan kembali diikuti intensitas tinggi. 

Berikut contoh bersepeda dengan HIIT:

  • Bersepeda secepat mungkin dengan rintangan sulit selama 30 hingga 60 detik
  • Kemudian turunkan kecepatan dan bersepeda ringan selama 2 hingga 3 menit
  • Ulangi kombinasi latihan di atas selama 20 hingga 30 menit

Melakukan pola HIIT membuat metabolisme tetap berjalan meski latihan telah selesai. Dengan kata lain, tubuh tetap membakar kalori meski latihan sudah selesai. Tidak cuma bersepeda, olahraga kardio lainnya jika dilakukan dengan pola HIIT juga akan memberikan manfaat yang sama bagi tubuh. 

3. Bersepeda lebih lama

Cobalah mencari rute baru yang lebih panjang untuk bersepeda. Sehingga kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk mengayuh sepeda. Jika awalnya bersepeda hanya selama 10 hingga 15 menit, kamu bisa menambahkan waktunya perlahan.

Setidaknya untuk mendapatkan hasil turun berat badan dengan bersepeda, kamu memerlukan 150 menit bersepeda dalam satu minggu. Jangan langsung menambahkan lama bersepeda, karena tubuh bisa kaget dan membuatmu kelelahan.

4. Turun berat badan dengan bersepeda dan olahraga lain

Mengombinasikan bersepeda dan olahraga lain adalah pilihan yang bisa kamu coba. Misalkan satu hari bersepeda dan hari berikutnya melakukan olahraga lain di tempat gym, seperti angkat beban.

American Council on Exercise (ACE) menyarankan penggabungan dua aktivitas dalam satu sesi olahraga. Ini dilakukan agar memaksimalkan penurunan berat badan. Misalkan, bersepeda selama 20 menit hingga 30 menit. Kemudian langsung melakukan olahraga lain selama 20 menit. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Efektif, Mau Coba?

5. Jaga asupan makan selama proses penurunan berat badan

Jika kamu rutin olahraga tapi asupan kalori tidak dijaga, maka hasilnya akan sia-sia. Karena itu sebaiknya agar turun berat badan dengan bersepeda sukses dilakukan, kamu juga perlu melakukan diet sehat.

Selain makanan, sebaiknya juga kurangi konsumsi alkohol atau minuman berkalori tinggi lainnya. Jika bersepeda jauh pun, sebaiknya tidak membawa bekal makanan yang bisa menyebabkan kalori menumpuk. 

Jika bersepeda dalam waktu yang lama, kamu hanya membutuhkan sekitar 60 hingga 90 gram karbohidrat dalam satu jam. Ini dilakukan untuk menghindari bonking alias kehabisan energi selama perjalanan bersepeda. 

Demikian beberapa tips agar sukses turun berat badan dengan bersepeda. Jika kamu ingin mencobanya, jangan lupa untuk membawa air minum. Pastikan kamu tetap terhidrasi selama bersepeda, ya.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses 29 September 2020 Biking for Weight Loss: 4 Effective Strategies to Try
Cyclingweekly.com, diakses 29 September 2020 How to lose weight cycling
Verywellfit, diakses 29 September 2020 Biking Your Way to Weight Loss

    register-docotr