Diet dan Nutrisi

5 Buah yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Catat!

September 16, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Selain bisa membuat tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit. Kondisi ini juga bisa menciptakan rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Menurunkan berat badan sendiri, sebenarnya tidak perlu dicapai dengan melakukan diet ketat yang ekstrem. Cukup dengan rutin mengonsumsi ke-5 buah ini, kamu bisa mendapatkan berat badan sehat yang kamu impikan.

Baca juga: Ampuh Turunkan Kolesterol, Inilah Ragam Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Apel, si manis yang kaya serat

Dilansir dalam Everydayhealth, Kristen Smith, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa apel sangat cocok dijadikan makanan dalam menu diet.

Kandungannya yang kaya akan serat dan minim kalori, akan efektif membuat tubuh kenyang tanpa harus membuat gemuk.

Satu buah apel berukuran sedang, mengandung sekitar 4,37 gram serat. Ini berarti dengan rutin memakan satu apel sehari, kamu telah memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 16 persen.

Jika bosan memakannya secara langsung, kamu juga bisa mengolah apel menjadi beragam sajian yang menggugah selera. Misalnya, dengan dijadikan sebagai taburan salad, dicelupkan pada yoghurt, atau ditumbuk sampai halus dan dimasukkan ke dalam bubur oatmeal.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Apa Saja Manfaat Apel bagi Kesehatan!

Raspberry, sumber antioksidan yang rasanya segar

Selain rasanya yang manis, buah raspberry juga jadi favorit banyak orang yang sedang menjalani diet, karena memberikan sensasi segar setelah dimakan.

Satu mangkuk buah raspberry sendiri, dapat memberi kamu asupan serat sebanyak sekitar 8 gram. Buah berwarna merah ini juga dikenal sebagai superfoods, karena memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat tinggi.

Tak hanya itu, raspberry juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan. Jadi selain membantu menurunkan berat badan, tubuh juga dapat terhindar dari radikal bebas yang berbahaya.

Meski umum dijadikan bahan tambahan dalam salad, sebenarnya buah ini juga cocok dijadikan camilan dengan memakannya secara langsung. Coba ambil semangkuk raspberry di sore hari, lalu makan secara perlahan. Rasa manisnya dijamin akan membuatmu lupa dengan cokelat!

Jeruk yang dimakan langsung, bukan dijus atau diperas

Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 3,14 gram serat, atau sekitar 11 persen kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Namun perlu dicatat bahwa hal ini berlaku apabila kamu mengonsumsinya secara langsung. Ya, hindari memakan jeruk dengan cara dijus, karena kandungan nutrisi serta seratnya, sudah banyak hilang selama proses pengolahan.

Memakan jeruk secara langsung juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, sampai mendorong tubuh menghasilkan kolagen dalam jumlah yang lebih banyak.

Mangga, untuk membantu metabolisme tubuh semakin baik

Berbicara tentang buah manis yang aman dimakan saat diet, maka kamu tak bisa lepas dari yang namanya buah mangga. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada April 2017 juga mengamini hal tersebut.

Dalam penelitian itu dijelaskan bahwa meski memiliki cita rasa manis, mangga terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tekanan darah, dan membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Dan tentu saja, buah ini juga kaya akan serat yang sesuai dijadikan santapan selama kamu menjalani program diet. Satu buah mangga akan memberi kamu 3,31 gram serat atau sekitar 12 persen dari kebutuhan serat harian.

Jika bosan memakannya secara langsung, coba taburkan sedikit bubuk cabe dan air perasan lemon di atasnya. Ini akan membuat cita rasa mangga menjadi jauh lebih kaya dan menyegarkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet dan Memperpanjang Usia Lho!

Melon, yang segar dan manis untuk dijadikan camilan

Buah melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sekaligus rendah kalori. Ini membuatnya sangat pas untuk dijadikan camilan untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, satu mangkuk melon seberat sekitar 150 gram hanya akan memberi kamu sekitar 46 sampai 61 kalori. Sangat rendah, bukan?

Meski begitu, buah ini kaya akan serat, potasium, dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten dan likopen. Itu semua telah terbukti secara ilmiah bisa membantu kamu menunrunkan berat badan secara efektif.

Buah melon bisa disajikan secara langsung, maupun diolah dengan dijadikan salad, dibekukan menjadi es, atau bahkan diblender menjadi smoothies.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

The 11 Best Fruits for Weight Loss https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits#TOC_TITLE_HDR_9 diakses pada 15 September 2020

7 Top Fruits to Support Weight Loss (and How to Enjoy Them) https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/top-fruits-to-support-weight-loss-and-how-to-enjoy-them/ diakses pada 15 September 2020

    register-docotr