Diet dan Nutrisi

10 Jenis Makanan Tinggi Lemak Ini Justru Baik untuk Kesehatan Lho

September 23, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kata lemak sering diidentikan sebagai biang kerok terjadinya berbagai masalah kesehatan. Mulai dari kolesterol tinggi, penyakit jantung, sampai stroke.

Padahal dari sekian banyak jenis makanan berlemak yang ada, ada juga yang justru disarankan untuk dikonsumsi karena baik bagi tubuhmu.

Jadi jangan buru-buru mencoret kata lemak dari menu makan harianmu, sebelum membaca ulasan berikut ini, ya.

Alpukat

Berbeda dengan buah-buahan pada umumnya yang didominasi karbohidrat, kandungan utama buah alpukat justru adalah lemak.

Faktanya alpukat mengandung sekitar 77% lemak, yang jika dinilai berdasarkan kalori, membuatnya lebih berlemak daripada kebanyakan makanan hewani.

Asam lemak utama yang terdapat dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat.

Konsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Baca juga: Benarkah Manfaat Garam Himalaya Lebih Baik dari Garam Biasa?

Biji selasih

Meski berukuran kecil, biji selasih ternyata mengandung banyak lemak di dalamnya. Satu ons biji chia bisa mengandung 8,71 gram lemak, yang sebagian besar terdiri dari asam lemak omega 3.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, jenis omega ini cukup efektif meredakan gejala rheumatoid arthritis, dan mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

Sebuah studi tahun 2014 juga menunjukkan, bahwa tepung biji chia dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Beberapa jenis ikan

Dilansir dari Medicalnewstoday, jenis-jenis ikan tertentu terutama yang mengandung asam lemak tak jenuh dan omega-3 sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Ada beberapa pilihan ikan yang bisa kamu konsumsi, di antaranya:

  1. Tuna segar (tidak kalengan)
  2. Ikan haring
  3. Ikan kembung
  4. Ikan salmon
  5. Sarden, dan
  6. Ikan trout.

Hindari ikan dengan kandungan merkuri tinggi, seperti hiu, todak, atau makarel. Sebagai panduan umum, kamu cukup mengonsumsi ikan dan kerang sebanyak 12 ons (rata-rata 2 kali makan) setiap minggu.

Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan sehat yang rasanya enak. Kandungan lemaknya terbilang sangat tinggi, yakni sekitar 65% kalori.

Cokelat hitam juga sarat dengan antioksidan, yang dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi kolesterol LDL dalam darah agar tidak teroksidasi.

Hanya saja, untuk memperoleh manfaat kesehatannya secara optimal, kamu harus memastikan untuk memilih cokelat hitam berkualitas, dengan kandungan kakao murni setidaknya sebanyak 70 persen.

Baca juga: Unik dan Ampuh! Yuk Coba 7 Tips Hidup Sehat ala Korea Selatan Ini

Telur

Banyak orang menganggap kalau telur tidak baik untuk dikonsumsi karena kuningnya mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi.

Padahal faktanya, dilansir dari Healthline, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur tidak berpengaruh pada tingkat kolesterol dalam darah, setidaknya tidak pada sebagian besar orang.

Jadi meskipun tinggi lemak, orang yang mengganti sarapan berbasis biji-bijian dengan telur justru akhirnya malah menjadi makan lebih sedikit kalori dan berhasil menurunkan berat badan.

Kacang

Kacang adalah jenis camilan sehat yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menemani kegiatan sehari-hari. Tak perlu takut gemuk, karena kandungan lemak yang ada di dalamnya termasuk lemak sehat.

Kacang juga merupakan sumber protein nabati yang baik, dan kaya akan vitamin E, serta magnesium, mineral yang kebanyakan orang tidak cukup mendapatkannya.

Orang yang makan kacang diketahui cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko rendah terkena berbagai penyakit seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sebagai catatan pilihlah jenis kacang yang sehat seperti almond, kenari, kacang macadamia dan sejenisnya.

Tahu

Tahu adalah makanan yang merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik. Satu porsi tahu seberat sekitar 100 gram, mengandung lebih dari 4 gram lemak.

Dari porsi tersebut, kamu juga bisa untuk memenuhi seperempat kebutuhan kalsium harian yang direkomendasikan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

10 High-Fat Foods That Are Actually Super Healthy, https://www.healthline.com/nutrition/10-super-healthy-high-fat-foods#TOC_TITLE_HDR_2 diakses pada 22 September 2020

What are the most healthful high-fat foods? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322295#12-healthful-high-fat-foods diakses pada 22 September 2020

    register-docotr