Kesehatan Mental

Suka Mendengarkan Musik? Ini Lho Manfaat Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Peroleh

August 9, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Musik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Semua orang menyukai musik, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain dapat menemani berbagai macam aktivitas yang dilakukan, musik ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental lho!

Musik bisa menjadi sumber kesenangan, tetapi juga terdapat banyak manfaat untuk kesehatan mental. Musik dapat memengaruhi pikiran, perasaan, atau bahkan perilaku.

Apa saja manfaat musik untuk kesehatan mental?

Mendengarkan musik tidak ada batasannya. Musik dapat didengarkan ketika sedang bersantai, mengerjakan pekerjaan, atau bahkan saat kamu ingin tidur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat musik untuk kesehatan mental yang perlu kamu tahu.

1. Musik dapat meningkatkan kinerja kognitif

Musik latar atau musik yang dimainkan ketika seseorang fokus mengerjakan aktivitasnya, dapat meningkatkan kinerja tugas kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Dilansir dari Very Well Health, satu studi menemukan bahwa memainkan lebih banyak musik ceria dapat meningkatkan kecepatan dalam pemrosesan.

Maka dari itu, tak ada salahnya lho ketika kamu mengerjakan suatu perkerjaan sambil menyalakan musik untuk meningkatkan kinerja mental.

2. Mengurangi stres

Pekerjaan yang menumpuk dan tidak kunjung selesai terkadang dapat menimbulkan stres. Jika kamu mengalami hal ini, kamu dapat mencoba untuk mendengarkan musik untuk tetap menjaga kesehatan mental.

Pertimbangkanlah untuk mendengarkan musik meditatif untuk menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi.

3. Meningkatkan memori

Banyak pelajar yang mendengarkan musik saat mereka belajar. Namun sebenarnya, apakah ini merupakan hal yang bagus?

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik ketika sedang belajar dapat membantu. Tetapi, ini bergantung dari berbagai faktor, termasuk jenis musik atau kesenangan pendengar terhadap musik tersebut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa belajar akan lebih baik sembari mendengarkan musik positif, hal ini dimungkinkan karena jenis musik tersebut menimbulkan energi positif tanpa menganggu pembentukan memori.

4. Membantu mengobati penyakit mental

Musik benar-benar dapat mengubah otak. Peneliti neurologis telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan beberapa zat kimia yang memainkan peran dalam fungsi otak dan kesehatan mental, di antaranya adalah:

  • Dopamin, bahan kimia yang terkait dengan pusat kesenangan
  • Hormon stres seperti kortisol
  • Serotonin dan hormon lain yang berhubungan dengan kekebalan
  • Oksitosin, bahan kimia yang menumbuhkan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa terapi musik dapat meningkatkan kualitas hidup dan keterhubungan sosial bagi penderita skizofernia.

5. Membantu kamu tidur lebih nyenyak

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering memengaruhi banyak orang dari berbagai macam usia.

Ada banyak cara yang dapat mengatasi kondisi ini, salah satunya adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik klasik yang menenangkan bisa menjadi obat yang aman, efektif, serta terjangkau.

6. Meningkatkan mood

Manfaat musik untuk kesehatan mental lainnya adalah dapat meningkatkan suasana hati atau mood yang dapat membuat kamu lebih bahagia.

Dalam satu studi, peneliti menemukan bahwa musik memainkan peran penting dalam menghubungkan gairah dan suasana hati. Peserta menilai kemampuan musik dapat membantu mereka mencapai mood yang lebih baik dan menjadi lebih sadar diri.

Nah, jika suasana hatimu sedang tidak baik, kamu dapat mencoba untuk mendengarkan musik favoritmu untuk memperbaiki suasana hatimu lho.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Musik subliminal dan ambient seperti binaural beat terbukti dapat membantu mengatasi kecemasan dan kepercayaan diri yang rendah. Mendengarkan binaural beat dan musik nada isokronik sangat membantu jika kamu merasa gugup atau takut.

Hal tersebut diyakini karena otak melakukan sinkronisasi ke frekuensi yang baru yang diperkenalkan oleh binaural beat, yang dapat mengubah kondisi otak sehingga dapat mengeluarkan perasaan bahagiadan lebih percaya diri.

8. Sebagai bentuk ekspresi

Musik merupakan cara yang luar biasa untuk mengekspresikan emosi dan kreativitas dengan mudah tanpa harus mengatakan apa pun. Hal inilah yang menyebabkan musik menjadi cara non-verbal yang sempurna untuk mengekspresikan emosi yang terlalu rumit untuk dibicarakan.

Tak hanya dapat membuat menjadi lebih rileks, ternyata musik memiliki segudang manfaat ya. Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan mentalmu, yuk coba terapi musik ini sebagai cara yang mudah dan efektif.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 06 Agustus 2020. The Benefits of Listening to Music

Palladium Private (2018). Diakses pada 06 Agustus 2020. 6 Benefits of Music for Your Mental Health 

Science Direct (2013). Diakses pada 06 Agustus 2020. The Neurochemistry of Music 

Very Well Health (2019). Diakses pada 06 Agustus 2020. How Listening to Music Can Have Psychological Benefits 

Geretsegger, Monica, Karin A Mossler (2017). Music Therapy for People with Schizophrenia and Schizophrenia-like Disorders. NCBI. Diakses pada 06 Agustus 2020

Gold, Benjamin P, Michael J Frank (2013). Pleasurable Music Affects Reinforcement Learning According to The Listener. Frontiers in Psychology. Diakses pada 06 Agustus 2020

Ferguson, Yuna L, Kennon M Sheldon. Trying to be Happier Really Can Work: Two Experimental Studies. Taylor & Francis Online. Diakses pada 06 Agustus 2020

    register-docotr