Kesehatan Mental

Merasa Stres atau Cemas Berlebih? Cobalah Butterfly Hug, Begini Caranya!

August 12, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Salah satu drama Korea yang sedang naik daun, Its Okay Not To Be Okay menunjukkan suatu teknik bernama butterfly hug. Teknik ini dilakukan ketika pemain utamanya merasakan emosi yang tak terkendali. Ia dibimbing untuk melakukan butterfly hug agar dirinya lebih tenang.

Bila kamu merasakan hal yang sama dengan drama tadi, seperti emosi yang meledak, cemas yang berlebihan atau trauma berat, kamu juga bisa lho mempraktikkan teknik ini. Tapi apa sih yang dimaksud butterfly hug dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Mengenal butterfly hug dan manfaatnya

Butterfly hug atau pelukan kupu-kupu merupakan salah satu teknik yang dirancang untuk membantu meredakan kecemasan. Hal ini disampaikan oleh Sonja Karamoy, terapis berlisensi di Wild Tree Wellness, di St. Paul, Amerika Serikat.

Teknik ini mulanya dikembangkan oleh Lucina Artigas serta Ignacio Jarero. Saat itu keduanya sedang membantu korban selamat dari Badai Pauline di Acapulco, Meksiko pada 1998. Para korban tersebut mengalami trauma berat akibat bencana yang terjadi. 

Nah, supaya bisa menenangkan diri, para korban kemudian diminta untuk mempraktikan butterfly hug. Teknik ini bermanfaat untuk menyeimbangkan fungsi otak, menenangkan hati, dan membantu meredakan emosi yang meledak akibat trauma. 

Teknik ini terbukti sangat efektif dan memberikan dampak positif para korban. Setelah itu, butterfly hug mulai diterapkan oleh berbagai dokter, terapis dan psikolog untuk membantu para pasien yang mengatasi rasa cemas akibat trauma. 

Baca juga: Suka Mendengarkan Musik? Ini Lho Manfaat Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Peroleh   

Cara melakukan butterfly hug

Untuk merasakan manfaat dari teknik yang satu ini, berikut ada tahapan melakukan butterfly hug yang bisa kamu coba.

  • Silangkan tangan di depan dada 
  • Pastikan ujung jari tengah dari masing-masing tangan berada di bawah tulang selangka. Sementara itu, tempatkan jari-jari lainnya harus pada area yang terletak di bawah sambungan antara tulang selangka dan bahu
  • Bila ingin, kamu juga bisa mengaitkan kedua ibu jari sehingga terbentuk kupu-kupu
  • Kemudian tutup kedua mata  
  • Perlahan-lahan lakukan gerakan menepuk-nepuk dengan tangan selama 30 detik. Lakukan ini secara bergantian pada sisi kiri maupun kanan
  • Saat menepuk-nepuk, bernapaslah menggunakan perut dan pastikan kamu menarik napas panjang
  • Pikirkan tentang apa yang ada dalam pikiran dan tubuh. Misalnya, gambar, suara, bau, perasaan, dan sensasi fisik
  • Berhentilah ketika merasa tubuh sudah cukup membaik dan turunkan tangan ke paha

Tips melakukan butterfly hug

Pelukan kupu-kupu ini bisa kamu lakukan di saat-saat tertentu. Misalnya, ketika kamu merasa cemas, tertekan secara emosional, trauma, atau saat merasa diserang.

Sebaiknya, kamu melakukan pelukan ini di tempat yang nyaman dan sepi. Dengan begitu kamu akan lebih mudah merasa tenang dan tidak mudah terganggu. Namun, bila kamu sudah terbiasa melakukan pelukan kupu-kupu kamu mungkin bisa melakukannya di tempat ramai sekalipun. 

Teknik pelukan kupu-kupu ini juga bisa dilakukan dengan berbagai posisi. Mulai dari berdiri, duduk di kursi atau berbaring. Kamu juga tidak perlu selalu menutup mata saat melakukannya. Sebagian orang mungkin merasa nyaman melakukan butterfly hug sambil memejamkan sebagian matanya. 

Baca juga: Siapa Sangka, Ini 6 Manfaat Punya Binatang Peliharaan untuk Kesehatan Mental

Tidak bisa menggantikan terapi

Meski butterfly hug dirancang untuk menenangkan diri, teknik ini tidak dapat digunakan sebagai pengganti terapi.

Terutama bagi kamu yang memiliki gangguan kecemasan, serangan panik, atau gangguan psikis lainnya, mintalah bantuan medis atau temui terapis profesional. Dengan begitu, kamu akan mendapat perawatan yang tepat. 

Itulah beberapa hal seputar butterfly hug yang perlu kamu ketahui. Selain bisa menenangkan diri sendiri, kamu juga mungkin bisa menerapkannya pada orang terdekatmu ketika mereka mengalami emosi yang tidak stabil. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

Punya pertanyaan atau keluhan lebih lanjut seputar kesehatan mental? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

.

Reference
    register-docotr