Kesehatan Mental

Manfaat Menanam Tanaman untuk Kesehatan Mental selama Pandemi COVID-19

September 30, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Di tengah pandemi COVID-19, salah satu kegiatan yang mendadak menjadi tren dan dilakukan banyak orang adalah menanam tanaman. Apakah kamu juga melakukannya? Ternyata tren ini punya banyak manfaat lho khususnya untuk kesehatan mental dan sudah teruji melalui berbagai penelitian. 

Penasaran seperti apa manfaat dari menanam tanaman di rumah untuk kesehatan mental? Simak dalam ulasan berikut ini.

Manfaat menanam tanaman untuk kesehatan mental 

Menanam tanaman merupakan kegiatan yang menggabungkan aktivitas fisik, interaksi sosial, paparan alam dan sinar matahari sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran bisa merasa lebih segar dan rileks.

Lebih lanjut, menanam tanaman juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental seperti berikut.

Menurunkan tingkat kecemasan dan depresi

Melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah cara yang efektif untuk meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan.

Dalam penelitian Journal of Health Psychology, kegiatan menanam tanaman ini diketahui efektif menurunkan hormon stres dalam tubuh yakni kortisol. Bahkan dampaknya lebih tinggi daripada membaca buku. 

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menyimpulkan bahwa menanam tanaman di rumah dapat mengurangi stres psikologis karena tubuh dan pikiran mengalami interaksi dengan tanaman.

Meningkatkan suasana hati

Secara umum, manusia merasa lebih bahagia dan optimistis ketika berada di lingkungan yang memiliki banyak tumbuhan. Sehingga tidak heran saat menanam tanaman, manusia akan merasa lebih bahagia. 

Memelihara tanaman dapat mengingatkan pikiran tentang hubungan manusia dengan alam, dan membantu meningkatkan fokus, Selain itu, tubuh juga akan mengalami pelepasan zat kimia seperti serotonin dan dopamin yang dapat meningkatkan perasaan senang. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja dengan Video Call, Bisa! Begini Penjelasannya!

Menambah aktivitas fisik

Untuk memelihara kestabilan mental, aktivitas fisik sangat diperlukan. Dengan menanam tanaman, tubuh akan terlibat lebih banyak aktivitas fisik. 

Mulai dari memindahkan media tanaman, menyiram, atau panen hasil tanaman. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan ini juga membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat kecemasan yang dirasakan di tengah pandemi COVID-19. 

Meningkatkan kemampuan fokus

Menanam tanaman juga bisa mengasah kemampuan belajar dan fokus lho. Penelitian dalam American Journal of Public Health, menemukan bahwa anak-anak dengan gangguan attention deficit hyperactivity (ADHD) secara signifikan menunjukkan penurunan gejala lewat aktivitas bercocok tanam. 

Baca juga: Inilah 5 Jenis Makanan yang Mampu Menunjang Kesehatan Mental Kamu

Meredakan gejala PTSD

Terlibat dalam kegiatan menanam tanaman ternyata juga bisa meredakan gejala stres pasca trauma atau PTSD. Melalui penelitian, ditemukan bahwa kelompok orang yang mengalami PTSD mampu mengendalikan gejala serta dapat mengembangkan pikiran yang lebih positif.

Meningkatkan kepercayaan diri

Tidak dapat dipungkiri, di masa pandemi seperti ini siapapun bisa merasa tidak aman atau insecure atas dirinya. Namun, dengan menanam tanaman di rumah, ternyata kamu bisa  membangkitkan kepercayaan diri dan lepas dari tekanan sosial. 

Siapapun bisa melakukannya, termasuk orang yang sedang mengalami kecemasan atau depresi. Saat bercocok tanam, tubuh dan pikiran akan fokus pada perkembangan tanaman.

Rasa kepercayaan diri juga bisa meningkat ketika melihat tanaman berhasil tumbuh dengan baik atau berkembang.

Tips untuk memulai menanam tanaman di rumah

Nah, kalau kamu tertarik untuk memulainya, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba:

  • Jangan ragu untuk memulai. Pada awalnya, wajar bila kamu merasa takut gagal saat menanam tanaman. Namun, jangan ragu untuk memulainya. 
  • Mulai dengan tanaman yang sedikit. Saat memelihara tanaman, ada banyak hal yang harus dipelajari. Untuk itu, meski kamu bersemangat jangan berusaha memiliki banyak tanaman di awal. Hal ini bisa membuatmu merasa kewalahan
  • Fokus pada tanah yang sehat. Hindari bahan kimia sintetis dan pilih untuk merawat tanah dengan bahan organik.
  • Pilih tanaman yang kamu suka. Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah. Mulai dari tanaman yang menghasilkan buah atau sayur, bunga, atau tanaman hias lainnya. 
  • Ketahui kebutuhan tanamanmu. Setiap tanaman punya karakteristik masing-masing. Ada yang perlu disiram setiap hari, ada yang tidak. Pelajari kebutuhan tanaman yang kamu miliki sebelum memeliharanya. 
  • Perhatikan pertumbuhan tanaman. Setiap hari, cobalah untuk menengok tanaman yang kamu miliki untuk mengamati apa yang terjadi. Dengan begitu, kamu dapat menghindari masalah yang muncul pada tanaman. 

Sudah tahu kan, manfaat dari menanam tanaman di rumah bagi kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19? Yuk coba juga, tidak ada salahnya lho untuk memulai.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr