Kesehatan Mental

Enggak Pakai Ribet! Begini Cara Ampuh Menghilangkan Stres

July 25, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Stres pasti pernah dirasakan oleh setiap orang. Kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan, seperti melemahkan imunitas tubuh. Stres harus segera diatasi agar tidak membahayakan tubuh. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan stres.

Stres merupakan rasa ketegangan emosional atau fisik. Kondisi ini sebenarnya merupakan hal yang normal dan akan dirasakan oleh setiap orang pada suatu titik kehidupan. Agar tidak membahayakan kesehatan, stres harus dikelola dengan baik.

Baca juga: Sering Merasakan Stres? Bisa Jadi Kamu Kekurangan Vitamin D Lho!

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stres?

Stres dapat muncul kapan saja dan disebabkan oleh beberapa faktor. Ada beberapa cara menghilangkan stres yang dapat kamu lakukan.

Dilansir dari Skills You Need, berikut adalah cara menghilangkan stres yang patut kamu coba.

1. Hindari konsumsi kafein dan alkohol

Cara menghilangkan stres yang pertama yakni dengan menghindari atau kurangilah konsumsi kafein dan alkohol. Kafein merupakan stimulan sehingga akan meningkatkan tingkat stres dibandingkan dengan menguranginya.

Sedangkan alkohol sendiri merupakan depresan jika dikonsumsi secara berlebihan, tetapi bertindak sebagai stimulan jika dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Gantilah kafein dan alkohol dengan air mineral, teh herbal, atau jus buah agar tubuh mendapatkan cairan dengan baik sehingga membuat tubuh dapat mengatasi stres lebih baik.

2. Melakukan aktifitas fisik

Situasi yang membuat stres dapat meningkatkan hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol di dalam tubuh.

Latihan fisik dapat digunakan sebagai pengganti untuk memetabolisme hormon stres yang berlebihan dan mengembalikan tubuh serta pikiran menjadi lebih tenang. Jika kamu merasa stres dan tertekan, lakukanlah olahraga di luar rumah untuk mendapatkan udara segar. 

3. Tidur yang cukup

Tahukah kamu bahwa ternyata kurang tidur juga dapat menyebabkan stres lho! Sayangnya, stres juga dapat memengaruhi kualitas tidur ketika pikiran terus berputar di dalam kepala kita. Cara menghilangkan stres, kamu dapat mencoba relaksasi sebelum tidur.

Berhentilah melakukan pekerjaaan beberapa jam sebelum tidur, hal ini bertujuan agar dapat memberi waktu pada otak untuk tenang. Cobalah untuk mandi air hangat atau membaca buku selama beberapa menit untuk menenangkan tubuh.

4. Cara menghilangkan stres dengan melakukan teknik relaksasi

Cara menghilangkan stres selanjutnya yang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang adalah melakukan teknik relaksasi atau meditasi. Ada beberapa teknik yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres dan kamu dapat mencobanya.

Self hypnosis merupakan teknik yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Teknik ini sangat sederhana dan berfokus pada kata atau frasa yang memiliki makna positif bagi kamu.

Cobalah fokus pada kata atau frasa yang kamu pilih. Jika muncul pikiran lain yang cukup mengganggumu, abaikan saja dan kembali fokus pada kata atau frasa yang kamu pilih.

5. Berbicaralah pada seseorang

Hanya dengan berbicara pada orang yang kamu percayai dapat membantumu untuk menghilangkan stres. Berbicara dapat mengalihkan perhatian dari pikiran yang penuh dengan tekanan serta dapat melepaskan ketegangan yang kamu alami.

Berbicaralah dengan teman, rekan kerja, atau kamu juga dapat memilih untuk berbicara dengan profesional yang terlatih. Hal ini dapat membantumu untuk menemukan solusi.

6. Menulis buku harian

Mungkin terdengar ketinggalan zaman, namun menulis buku harian atau diary merupakan cara menghilangkan stres yang ampuh lho! Mengapa demikian?

Buku harian merupakan alat manajemen stres yang dapat membantumu lebih sadar mengenai situasi yang membuatmu tertekan dan stres.

Tulislah tanggal, waktu, dan tempat serta kejadian yang membuatmu tertekan dan stres. Kamu juga dapat menuliskan apa yang kamu rasakan, baik secara fisik maupun emosional.

Berilah rating pada kejadian yang membuat stres (misalnya saja dengan skala 1-10).  Ini dapat membantumu untuk menghindari situasi yang penuh tekanan.

7. Cobalah untuk mengontrol diri

Stres dapat dipicu oleh masalah yang dirasa tidak dapat diatasi. Belajar untuk menemukan solusi dari masalahmu dapat membantu kamu merasa lebih terkendali sehingga dapat menurunkan tingkat stres.

Kamu dapat mencoba untuk menuliskan masalah dan menemukan solusi sebanyak mungkin yang kamu bisa. Tentukanlah poin baik dan buruk dari masing-masing solusi dan pilihlah solusi yang terbaik. Kemudian tuliskan pula langkah apa yang harus kamu lakukan sebelum merealisasikannya.

Baca Juga: Dengan Obat Kimia atau Bahan Alami, Berikut Cara Mengobati Bisul yang Benar

8. Cara menghilangkan stres dengan mengelola waktu

Setiap waktu, kita selalu terbebani dengan “to do list”, ini merupakan penyebab stres yang paling umum. Namun ingatlah, kita tidak dapat melakukan semua hal dalam satu waktu. Sebaiknya prioritaskanlah hal apa yang paling harus dilakukan dan dikerjakan.

Kamu dapat menuliskan semua hal yang perlu kamu lakukan, kemudian tentukan hal yang perlu diprioritaskan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 21 Juli 2020. The Effects of Stress on Your Body

Medline Plus (2020). Diakses pada 21 Juli 2020. Stress and Your Health 

Skills You Need. Diakses pada 21 Juli 2020. Dealing with Stress – Ten Tips 

    register-docotr