Kesehatan Mental

Ini Cara Ampuh Hilangkan Stres Pikiran

April 29, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah kamu salah orang yang pernah atau saat ini sedang mengalami stres pikiran? Kamu tidak perlu panik, karena setiap orang pasti pernah mengalami hal ini. Ternyata cara menghilangkan stres pikiran ternyata tidak sesulit yang kamu kira kok. 

Stres pikiran dapat terjadi karena banyak faktor seperti halnya tekanan dari dalam dan luar diri kamu. Yuk, kita pahami cara menghilangkan stres pikiran dengan mudah dan engga pakai ribet!

Cara hilangkan stres pikiran

Stres pikiran yang kamu alami saat ini pastinya sangat mengganggu pikiran dan aktivitas jadi terganggu. Tapi kamu tidak perlu khawatir lagi. Berikut tips yang patut kamu coba.

  1. Buang pikiran negatif

Kamu harus berusaha membuang segala pikiran negatif yang mengganggu. Memang hal ini tidak mudah, tetapi jika kamu berusaha pasti segalanya akan bisa dilakukan. Cobalah untuk tidak cemas terhadap segala sesuatu dan kemungkinan-kemungkinan yang belum terjadi.

Jika kamu berfikir negatif, bisa saja hal yang terjadi akan ikut menjadi negatif. Tetapi sebaliknya, jika kamu berusaha berfikir positif, maka yang kamu lakukan akan menjadi sesuatu hal yang positif.

  • Curhat kepada teman yang kamu percaya

Biasanya disaat kamu sedang mengalami stres, sebaiknya kamu jangan memendam sendiri beban dan pikiran kamu. Hal yang dapat kamu lakukan dengan menceritakan apa yang kamu rasakan kepada teman terdekat.

Dengan hal tersebut, setidaknya kamu dapat mengurangi beban dan tekanan yang ada di pikiran kamu. Kamu juga bisa mendapatkan nasehat dan masukkan yang bisa membantu kamu mengatasi kondisi stres kamu.

  • Mendengarkan lagu favorit kamu

Biasanya ini salah satu cara yang digunakan bagi orang-orang untuk menghilangkan stres pikiran. Lagu bisa menjadi media untuk membuat pikiran kita terasa tenang. Bahkan penelitian pun juga sudah membuktikan bahwa musik dapat mengatasi gangguan yang berhubungan dengan stres. 

  • Traveling 

Disaat kamu sedang merasa penat dan stres akibat keseharian rutinas bahkan pikiran-pikiran negatif lainnya, kamu sebaiknya melakukan traveling ke tempat yang menenangkan. Hal ini membuat pikiran kamu menjadi lebih refresh dan mengurangi beban pikiran kamu loh.

Makanan dan minuman untuk mengatasi stres pikiran

Tidak hanya kegiatan di atas yang dapat lakukan, ternyata ada beberapa makanan yang dipercaya mampu untuk mengatasi stres yang menghantui kamu, apa saja?

  1. Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Rasa manis dan khas dari cokelat yang digemari hampir semua orang. Tidak hanya lezat, ternyata cokelat dipercaya dapat mengatasi stres. Khususnya cokelat yang berjenis cokelat hitam atau dark chocolate.

Kandungan kakao yang cukup tinggi di cokelat, dipercaya dapat memberikan efek positif untuk meredakan stres, ingatan, dan suasana hati kamu. Tetapi ingat, jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya, bukannya stres kamu hilang malah kamu bisa jadi sakit diabetes.

  • Teh hijau

Selain memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, apalagi bagi orang yang sedang diet, ternyata teh hijau dapat meredakan stres loh. Teh hijau mengandung nutrisi, antioksidanm dan 4 zat polyphenol yang dapat membantu menjaga tubuh kita tetap sehat secara fisik dan mental.

Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara, seperti matcha cheese tea, green tea latte, matcha cheese cake, matcha gelato, bahkan martabak green tea. Dijamin setelah kamu mengonsumsi ini, stres kamu akan terasa berkurang.

  • Buah jeruk

Buah yang satu ini memiliki segudang vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C juga sudah terbukti ampuh untuk mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres pikiran. Jadi usahakan kamu harus memiliki asupan vitamin C yang cukup ya.

Jadi, kamu sudah tahu kan ternyata cara mengatasi stres pikiran tidak sesulit yang kamu bayangkan. Intinya jika kamu ingin berusaha dan melakukan yang terbaik pasti berhasil.

Kamu juga sebaiknya menghindari segala sesuatu hal yang membuat kamu semakin stres. Ingat, jadikan hidup berguna dan sayangilah diri kamu sendiri ya, selamat mencoba!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. webmd.com (2020) diakses 29 April 2020. Stress Management. 29 April 2020 pukul 16.15.
  2. helpguide.org (2019) diakses 29 April 2020. Stress Management. 29 April pukul 16.30.
  3. theasianparent.com diakses 29 April 2020. Perbedaan Depresi dan Stres: Gejala, Jenis, dan Cara Penanganannya. 29 April 2020 pukul 16.45.
    register-docotr