Kesehatan Mental

7 Cara Menghilangkan Overthinking agar Terhindar dari Stres

December 19, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Terlalu sering mengkhawatirkan segala sesuatu tidak baik untuk kesehatan. Karena itu, kamu harus tahu cara menghilangkan kebiasaan overthinking agar terhindar dari stres.

Mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi atau overthinking adalah hal yang biasa dialami oleh tiap orang. Namun, jika dibiarkan saja, kondisi ini bisa berakibat buruk. 

Cara menghilangkan overthinking

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menyebutkan kalau berurusan dengan pikiran yang sama terus-menerus seperti saat kamu overthinking dapat meningkatkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara untuk menghilangkan overthinking ini.

Dilansir Healthline, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan overthinking:

1. Temukan pengalihan

Cara paling awal untuk menghilangkan overthinking adalah dengan menutup pikiran negatif. Salah satunya dengan menemukan pengalihan lewat aktivitas yang dapat membuat kamu nyaman.

Tiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menemukan hal yang membuat mereka nyaman, tapi kamu bisa coba beberapa hal berikut ini:

  • Cobalah memasak resep baru di dapur
  • Pergi berolahraga
  • Coba hobi baru, seperti melukis dan lainnya
  • Ikut dalam kegiatan atau organisasi sukarelawan

2. Ambil napas panjang

Meskipun terkesan sederhana, tapi mengambil napas panjang termasuk salah satu cara efektif menghilangkan overthinking. Ketika rasa khawatir nantinya datang lagi, cobalah menutup mata dan ambil napas dalam-dalam.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan momen kamu mengambil napas dalam-dalam:

  • Temukan lokasi yang membuat kamu nyaman untuk duduk dan mengistirahatkan leher dan pundak
  • Tempatkan satu tangan di atas jantung dan lainnya di perut
  • Ambil napas dan buang melalui hidung. Perhatikan bagaimana dada dan perut kamu bergerak bersamaan dengan tarikan napas yang kamu ambil

Lakukan gerakan ini tiga kali sehari selama 5 menit, atau ketika overthinking menyerang.

3. Meditasi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behaviour Research and Therapy menyebut kalau meditasi dapat menjernihkan pikiran dengan memfokuskannya ke dalam batin. 

Meditasi tergolong mudah, kamu hanya membutuhkan lokasi yang sepi dan nyaman, serta 5 menit waktu luang.

Jika kamu tidak siap dengan meditasi rutin, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kepala tetap jernih, jauh dari overthinking. Yaitu:

  • Matikan gawai: Matikan komputer atau handphone kamu dan lakukan satu kegiatan yang membuat pikiran kamu teralihkan
  • Nikmati setiap makanan: Pilihlah makanan yang kamu suka dan nikmati setiap gigitannya, aromanya serta rasanya di dalam mulut  
  • Lakukan kegiatan di luar: Berjalan kaki, bahkan jika hanya mengitari daerah sekitar rumah dan perhatikan apa yang kamu temukan sambil jalan bisa jadi satu cara mengalihkan pikiran

4. Berpikir lebih jauh

Overthinking biasanya membuat kamu berpikir dan khawatir terhadap hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Oleh karena itu, ketika perasaan ini datang lagi, cobalah untuk berpikir lebih jauh dan lebih luas. Apakah hal yang kamu khawatirkan ini berpengaruh besar terhadap hidupmu? Apa yang akan terjadi pada dirimu dalam waktu 5-10 tahun ke depan jika terus memikirkan hal ini?

5. Lakukan hal-hal yang berguna untuk orang lain

Daripada kamu dilanda kecemasan dan kekhawatiran yang hanya akan membuat kamu semakin jauh dalam pikiranmu, cobalah untuk perhatikan sekeliling.

Karena membantu orang lain, misalnya saudara, tetangga atau teman bisa jadi cara menghilangkan overthinking. Kamu jadi lebih peduli terhadap sesama dan membuat pikiran-pikiran negatif menjauh dari kepala.

Selain merasa produktif, membantu orang lain juga bisa membuat kamu merasa berguna dan puas terhadap pencapaian ini.

6. Ingat kembali pencapaian kamu

Mengingat apa saja pencapaianmu selama satu minggu bisa jadi cara untuk menghilangkan overthinking. Cobalah menuliskannya ke dalam buku catatan ketika kamu sedang terperangkap dalam pikiranmu.

Tidak perlu pencapaian yang besar. Tindakan sederhana seperti membersihkan kamar sendiri, atau kamu tidak terlalu boros minggu ini bisa jadi satu pencapaian, lho.

Ketika kamu mulai membaca kembali apa yang sudah kamu lakukan, kamu bisa saja terkejut akan pencapaian-pencapaian tersebut. Kalau kamu merasa hal ini membantu dalam mengatasi overthinking, cobalah membacanya lagi ketika serangan overthinking datang kembali.

7. Hadapi ketakutan

Beberapa hal memang tidak bisa kamu atasi. Terkadang menghadapi ketakutan akan hal itu bisa jadi cara untuk menghilangkan overthinking.

Memang hal ini lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Oleh karena itu, belajarlah dan terima situasi yang membuat kamu takut itu.

Bila kamu memang takut terhadap pekerjaan baru atau menghadap atasan di kantor, maka cobalah untuk menghadapinya dengan kepala tegak.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang cara menghilangkan overthinking yang perlu kamu ketahui. Selalu hadapi setiap rasa takut dan hindari pikiran negatif, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr