Kulit & Perawatan Tubuh

Agar Sehat dan Bersinar, Ini Urutan Pemakaian Skincare yang Benar!

November 15, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Salah satu rutinitas perawatan wajah yang wajib dilakukan adalah pemakaian skincare. Namun perlu kamu ketahui bahwa ada aturan mendasar yaitu urutan pemakaian skincare yang tidak boleh salah agar hasilnya maksimal. Apa saja ya urutannya? Yuk simak selengkapnya. 

Urutan pemakaian skincare di pagi dan malam hari

Selain pemilihan produk yang tepat, urutan penggunaan skincare juga harus diperhatikan. Hal ini berguna agar skincare yang kamu gunakan memberikan hasil yang maksimal.

Sebab, meski sekilas urutan pemakaian skincare pagi dan malam terlihat sama, tetapi ada beberapa perbedaan urutan dan produk yang sebaiknya digunakan sekali, baik saat pagi, atau malam hari saja.

Urutan pemakaian skincare di pagi hari yang benar

Rutinitas perawatan kulit di pagi hari adalah tentang pencegahan dan perlindungan kulit. Wajah kamu memang akan terpapar dengan lingkungan luar, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain pelembab dan krim untuk tabir surya.

Langkah 1: pembersih berbahan dasar minyak

Pada umumnya pembersih muka tersedia dalam dua bentuk: berbasis air dan berbasis minyak. Yang terakhir ini dimaksudkan untuk melarutkan minyak yang diproduksi oleh kulit.

Beberapa pembersih berbahan dasar minyak dirancang untuk bekerja secara ajaib pada kulit basah. Yang lainnya paling baik untuk kulit kering. Baca instruksi sebelum mengoleskan sedikit ke kulit. Pijat dan bilas hingga bersih dengan air sebelum dikeringkan dengan handuk bersih.

Namun kamu boleh melewati langkah ini jika, pembersih yang kamu miliki hanya mengandung minyak, bukan campuran minyak dan surfakta. 

Langkah 2: pembersih berbahan dasar air

Pembersih ini mengandung surfaktan, yang merupakan salah satu bahan untuk membersihkan kotoran yang menempel. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, kamu bisa laukan pijat ke kulit yang basah dan bilas dengan air sebelum dikeringkan.

Langkah 3: toner 

Toner dirancang untuk mengisi kembali kulit melalui hidrasi dan mengangkat sel-sel mati serta kotoran yang tertinggal setelah pembersihan. 

Cara menggunakannya yaitu langsung gunakan toner setelah dibersihkan, kemudian oleskan langsung ke kulit atau ke kapas dan usap ke wajah dengan gerakan keluar. Namun kamuu diperbolehkan untuk melewati astringent jika memiliki kulit kering.

Langkah 4: serum antioksidan

Serum mengandung bahan-bahan tertentu dengan konsentrasi tinggi. Antioksidan akan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Vitamin C dan E adalah antioksidan umum yang digunakan untuk meningkatkan tekstur dan kekencangan.

Urutan pemakaian skincare di malam hari yang benar

Fokus pada perbaikan kerusakan yang terjadi pada siang hari dengan produk yang lebih tebal di malam hari. Ini juga saatnya menggunakan apapun yang membuat kulit sensitif kuat menghadapi teriknya  sinar matahari, termasuk exfoliant fisik dan chemical peeling.

Langkah 1: Penghapus riasan berbahan dasar minyak

Selain melarutkan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit, pembersih berbahan dasar minyak dapat mengurai bahan berminyak yang terdapat pada riasan.

Cara menggunakannya yaitu Ikuti instruksi produk khusus. Kamu mungkin disarankan untuk mengoleskan penghapus riasan pada kulit basah atau kering. Setelah dioleskan, pijat hingga kulit bersih lalu bilas dengan air.

Langkah 2: pembersih berbahan dasar air

Pembersih berbahan dasar air bereaksi dengan riasan dan kotoran pada kulit sedemikian rupa sehingga semuanya dapat dibilas dengan air. 

Baca juga: Daftar Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari selama Masa Kehamilan

Langkah 3: Exfoliator atau masker tanah liat

Aeksfoliasi mengangkat sel kulit mati sekaligus menghilangkan pori-pori. Masker tanah liat berfungsi untuk membuka pori-pori, tetapi juga dapat menyerap minyak berlebih.

Masker ini paling baik diaplikasikan pada malam hari untuk menghilangkan kotoran yang tersisa dan membantu kulit menyerap produk lain.

Cara menggunakannya cukup 2 kali atau dua kali seminggu, aplikasikan masker tanah liat di seluruh atau ke area masalah tertentu.

Biarkan sesuai waktu yang disarankan, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Exfoliant memiliki metode aplikasi yang berbeda, jadi ikuti instruksi produk.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan kulit? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 6 November 2020. What Order Should I Follow When Applying Skin Care Products?  
  2. Cosmopolitan.com (2020) diakses pada 6 November 2020. Your Skincare Routine Order Explained: How TF to Apply Your Products 
    register-docotr