Kulit & Perawatan Tubuh

Tips Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

April 23, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, tentu membuat tubuh tidak makan dan minum selama belasan jam. Hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan bibir karena mengalami dehidrasi. Namun, tak perlu khawatir ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi bibir kering saat puasa.

Baca Juga: 10 Tips Tetap Sehat Selama Puasa di Tengan Wabah Corona

Minum air putih menjadi kunci utama mengatasi bibir kering saat puasa

Sangat diperlukan untuk memperhatikan seberapa banyak air mineral yang kamu konsumsi untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Hal tersebut penting dilakukan untuk tetap menjaga tubuh kamu tidak mengalami dehidrasi.

Air mineral menjadi langkah awal untuk mengatasi bibir kering saat puasa dengan benar.

Cara lain untuk mengatasi bibir kering saat puasa yaitu kurangi konsumsi minuman panas mengandung kafein seperti kopi atau the dapat mengganggu kesehatan bibir. Kafein merupakan zat diuretik yang membuat kamu sering buang air kecil.

Terlalu banyak zat diuretik dalam tubuh mengakibatkan dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin. Jika sampai terjadi dehidrasi bibir akan mudah kering dan pecah-pecah selama puasa.

Memperhatikan menu santapan saat sahur juga sangat penting. Salah satunya dengan tidak menyantap makanan pedas dan asin yang dapat membuat tenggorokan kering. Jika hal tersebut terjadi kamu akan cepat dehidrasi dan membuat bibir kering serta pecah-pecah.

Kebiasaan menjilat bibir

Kemudian menjilat bibir ternyata adalah cara yang salah agar terlihat basah dan lembab. Sebenarnya itu malah akan membuat bibir kering. Saat mengering, air liur ini justru bisa menguap dan menggerogoti kulit bibirmu dan membuatnya menjadi pecah-pecah.

Kamu juga bisa mencoba pengobatan bibir alami yang cukup efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan bahannya juga sangat mudah ditemui di berbagai supermarket:

Khasiat madu yang dapat mengatasi bibir kering saat puasa

Pelembab terbaik untuk bibir kering dengan cara tradisional. Madu juga mengandung antioksidan dan bersifat antibakteri, yang bisa membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

Mentimun

Buah mentimun ini dapat melembabkan bibir secara lembut, tak hanya itu saja mentimun juga mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir agar tidak pecah-pecah selama bulan puasa.

Teh hijau

Kaya akan antioksidan dan mineral, teh hijau juga mengandung polifenol, yang mengurangi peradangan. Cara memakai teh hijau untuk mengatasai bibir kering yaitu rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebihan.

Jika kamu telah melakukan beberapa cara tradisional di atas namun belum ada hasil yang maksimal, kamu juga bisa gunakan pelembab bibir.

Gunakan pelembab bibir untuk mengatasi bibir kering saat puasa

Mengatasi bibir kering saat puasa salah satunya bisa dengan memakai pelembab bibir atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan Lip Balm.

Terlebih bila akan menggunakan lipstik, pastikan untuk menggunakan pelembap bibir terlebih dahulu. Begitu juga saat bibir kamu terasa kering tak ada salahnya untuk mengulangi step ini

Pakailah lipbalm atau pelembab untuk bibir yang mengandung tabir surya di siang hari dan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur, untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan tidak kering.

Bagian tubuh yang paling berpotensi mengalami hiperpigmentasi salah satunya adalah bibir, karena terkena langsung oleh paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB.

Ketika produksi melanin terlalu banyak bisa menyebabkan warna bibir jadi gelap. Salah satu cara untuk mencegahnya dengan menggunakan pelembab bibir yang mengandung SPF.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Kusta, Antara Mitos & Fakta

Hal-hal sepele yang membuat warna bibirmu berubah

Kamu juga perlu menghindari pemakaian lipstik terlalu sering dan membiarkannya terlalu lama menempel di bibir loh. Hal tersebut salah satu pemicu bibir kamu jadi terlihat kusam ketika tidak menggunakan lipstik.

Seringkali hal-hal sepele yang kita lakukan bisa berakibat buruk pada Kesehatan bibir. Kamu yang suka malas untuk membersihkan sisa-sisa lipstik usai beraktivitas bisa jadi ini salah satu penyebab bibir hitam.

Kandungan bahan-bahan kimia pada lipstik bisa mengubah pigmen bibir menjadi kusam atau gelap.

Sama seperti anggota tubuh lain, bibir juga memerlukan perawatan ekstra. Terlebih jika kamu selalu memakai lipstik setiap hari. Jika ingin warna bibir kamu tetap merona alami, jangan pernah malas menggunakan lip balm secara teratur.

Selain itu, lakukan eksfoliasi bibir setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mencegah penumpukan sisa lipstik dan mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Gulfnews (2019) diakses 21 April 2020. The Beauty Beat: Skincare tips for Ramadan
  2. healthline.com (2018) diakses 21 April 2020. 14 Ways to Get Healthy-Looking Lips
  3. stylecraze.com(2019) diakses 21 April 2020. 14 Beauty Tips For Healthy Pink lips

 

    register-docotr