Kulit & Perawatan Tubuh

Tips Memilih Sampo yang Tepat untuk Mencegah dan Mengatasi Ketombe

August 13, 2020 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memilih sampo bisa jadi bukan perkara mudah, sebab harus disesuaikan dengan jenis rambut. Selain itu, memilih sampo juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit kepala.

Dari salah satu persoalan kulit kepala dan rambut, ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering membuat kamu tidak nyaman.

Ketombe selain dapat menimbulkan rasa gatal dan panas di kulit kepala, juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Salah satu cara mengatasinya yakni dengan menggunakan sampo yang tepat.

Baca juga: Punya Masalah Rambut Bercabang? Ini Cara dan Tips Mengatasinya

Cara memilih sampo untuk mencegah ketombe yang tepat

Tidak semua sampo antiketombe cocok untuk rambut yang berketombe, lho. Jika tidak cocok dan tidak bisa bekerja efektif, kulit kepala kamu justru bisa semakin gatal.

Saat hendak memilih sampo untuk mencegah dan mengatasi ketombe, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, di antaranya:

1. Pilih sampo yang bisa mengatasi jamur

Penyebab utama ketombe adalah jamur dan kulit kepala yang kering. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memilih sampo yang memiliki kandungan bahan zat antijamur, seperti selenium sulfida, ketoconazole, dan pyrithione zinc.

Zat-zat tersebut bekerja untuk mengatasi masalah jamur di kulit kepala penyebab ketombe.

2. Gunakan sampo berbahan pelembap untuk mencegah iritasi kulit kepala

Jika tipe kulit kepala kamu kering, selain sampo yang bisa mengatasi jamur, diperlukan tambahan pelembap.

Jenis sampo yang bisa mengatasi jamur biasanya juga mengandung coal tar dan salicylic. Jenis sampo ini meski sangat membantu mengatasi ketombe, namun bila digunakan setiap hari bisa menyebabkan iritasi.

Maka dari itu, pilihlah sampo antiketombe yang mengandung pelembap dan menawarkan ekstra kelembutan bagi rambut serta kulit kepala. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan tambahan kondisioner untuk mencegah iritasi kulit kepala dan menjaga rambut tetap lembut.

3. Pilih yang berbahan organik

Jika kamu tidak suka dengan penggunaan sampo antiketombe berbahan kimia, kamu bisa coba memilih sampo antiketombe dari bahan organik sebagai pilihan.

Beberapa sampo organik ini biasanya menggunakan bahan minyak pohon teh sebagai bahan anti ketombe.

Selain itu, kamu juga bisa memilih sampo dengan bahan alami lain untuk mengatasi ketombe sekaligus melembapkan kulit kepala. Bahan-bahan sampo jenis organik ini misalnya termasuk sage, rosemary, jojoba, aloe vera, dan peppermint.

Baca juga: Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips keramas untuk mencegah dan mengatasi ketombe

Selain memilih sampo yang tepat, hal lain yang perlu kamu perhatikan saat ingin mengatasi ketombe yakni keramas dengan benar.

Ya, frekuensi kamu harus keramas saat rambut berketombe juga bisa berbeda-beda sesuai kondisi kulit kepala. Sesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan rambut kamu, ya.

Saat keramas, jangan lupa menggosok dan memijat kulit kepala. Diamkan kulit kepala dan rambut agar bahan aktif sampo meresap ke kulit kepala selama 5 menit.

Jika ada tambahan mint di dalam kandungan samponya, sensasi dinginnya akan terasa secara optimal jika kamu tidak langsung membilas. Sesudah dirasakan cukup, bilas dengan bersih. Jangan sampai ada busa yang tertinggal, karena hal tersebut bisa membuat kulit kepala menjadi iritasi.

Jika ketombe masih banyak menempel meski kamu sudah mencoba menggunakan sampo anti ketombe, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter kulit, ya!

Kamu bisa berkonsultasi kondisi kesehatan kulit kepala dan rambut kamu di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Mayoclinic.org, Dandruff, diakses 11 Agustus 2020
    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850
  • Shampootruth.com, A Complete Guide to Choosing the Best Shampoo for Dandruff, diakses 11 Agustus 2020
    https://www.shampootruth.com/a-complete-guide-to-choosing-the-best-shampoo-for-dandruff/
  • WebMD.com, Your Guide to Shampoo and Conditioners, diakses 11 Agustus 2020
    https://www.webmd.com/beauty/features/hair-washing#1
  • WebMD.com, Dandruff Treatment, diakses 11 Agustus 2020
    https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-dandruff-treatment
    register-docotr