Kulit & Perawatan Tubuh

Tak Sekeder Miliki Segudang Manfaat, Yuk Ketahui Juga Mitos dari Face Roller!

July 28, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Face roller merupakan alat kecantikan yang saat ini banyak digunakan oleh wanita. Beragam manfaat pun bisa kamu dapatkan jika menggunakan alat ini. Seiring dengan manfaat yang dimilikinya, ternyata ada beberapa mitos mengenai face roller yang tersebar di masyarakat lho!

Membicarakan dunia kecantikan memang tidak akan ada habisnya. Seiring dengan perkembangan zaman, alat kecantikan pun juga semakin modern.

Banyak wanita yang berbondong-bondong untuk mempercantik diri saat ini. Makeup, skincare, serta beauty tools pun merupakan hal yang wajib dimiliki.

Manfaat face roller

Dari sekian banyaknya alat kecantikan yang tersebar saat ini, face roller merupakan alat kecantikan yang memiliki bentuk yang paling unik. Ini merupakan salah satu alat yang populer dikalangan beauty enthusiast.

Tindakan sederhana memijat wajah menggunakan face roller ternyata memiliki banyak manfaat bagi kulit lho. Sama halnya seperti memijat tubuh, alat dengan desain unik ini bahkan dapat mengurangi stres serta melepaskan ketegangan.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat lain dari face roller yang perlu kamu ketahui.

1. Tingkatkan sirkulasi darah di wajah dengan face roller!

Memiliki kulit wajah yang cerah dan kencang tentu saja menjadi impian banyak wanita. Berbagai perawatan di salon atau klinik kecantikan pun banyak dilakukan oleh wanita untuk mewujudkannya.

Tetapi ternyata ada cara lain yang lebih mudah lho untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan kencang, apa itu? yakni menggunakan face roller.

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan alat ini adalah sirkulasi darah di wajah dapat meningkat. Menggunakan face roller dapat merangsang aliran darah ke wajah yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan terasa lebih kencang.

2. Mengurangi bengkak

Menggunakan face roller juga dapat mengurangi bengkak, misalnya saja bengkak pada kantong mata yang sulit untuk ditangani. Hal ini dilakukan dengan merangsang drainase limfatik.

Baca juga: Atasi Bengkak dan Radang, Ini 9 Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah

3. Menenangkan kulit wajah

Tak hanya dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi pembengkakan saja. Pijatan yang diberikan oleh face roller juga dapat menenangkan kulit wajah.

Jika kamu menyimpan face roller di dalam kulkas atau menggunakan face roller dengan bahan dingin alami, seperti batu giok, ini dapat memberikan sensasi dingin pada kulit wajah. Hal tersebut juga dapat mengencangkan pori-pori kulit di wajah.

4. Face roller bantu serap skincare

Alasan paling populer mengapa banyak beauty enthusiast menggunakan alat ini adalah face roller dapat memudahkan penyerapan skincare.

Face roller biasanya digunakan bersamaan dengan minyak wajah, serum, atau bahkan pelembap agar alat lebih memudahkan alat untuk memijat kulit. Proses inilah yang dapat membantu penyerapan skincare ke dalam kulit wajah.

Mitos dan hoaks mengenai face roller

Manfaat yang dimiliki oleh face roller memang banyak, akan tetapi hal ini tidak terlepas dari hoaks dan mitos mengenai face roller yang tersebar di masyarakat.

Agar kamu tidak terjebak pada hoaks dan mitos ini, yuk sebaiknya ketahui hoaks dan mitos, serta fakta sebenarnya mengenai face roller!

Fakta

Memijat wajah dapat meningkatkan mood

Mungkin saja ini terdengar aneh, akan tetapi ternyata memijat wajah dapat membuat mood kamu meningkat serta mengurangi kecemasan bagi sebagian orang.

Dapat memberi kontur pada wajah

Face roller dapat digunakan untuk mengalirkan cairan dari wajah, yang dapat membantu membentuk wajah untuk sementara waktu.

Cara terbaik menggunakan alat ini untuk membentuk kontur wajah adalah dengan mendorong face roller dengan gerakan miring dan kemudian mendorongnya ke bawah di dekat telinga. Proses ini membantu mengarahkan kelebihan cairan menuju kelenjar getah bening.

Dapat menghilangkan racun dari tubuh

Setiap aktivitas yang merangsang drainase limfatik, termasuk memijat wajah dapat mengeluarkan racun mendetoksifikasi tubuh.

Mitos

Menggunakan face roller dapat membuat wajah tirus

Banyak orang yang menggunakan alat kecantikan ini untuk meniruskan wajah. Namun sebenarnya klaim ini adalah salah dan merupakan mitos.

Satu-satunya cara untuk meniruskan wajah adalah dengan melakukan diet atau menurunkan berat badan dengan berolahaga serta mengonsumsi makanan bergizi.

Face roller memang dapat membuat wajah terlihat lebih tirus, tetapi yang perlu diingat adalah ini hanya bersifat sementara.

Nah sudah tahu bukan apa saja manfaat, hoaks, dan mitos mengenai face roller?

Alat kecantikan yang satu ini dapat digunakan setiap hari. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah gunakanlah face roller secara lembut. Karena jika kamu memberikan telalu banyak tekanan pada wajah akan menyebabkan peradangan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 23 Juli 2020. The Benefits of a Face Roller

Greatist (2018). Diakses pada 23 Juli 2020. Do Facial Rollers Really Do Anything? 

Huffpost (2019). Diakses pada 23 Juli 2020. We Tried Jade Rollers to Find Out If They’re a Total Waste of Money 

 

    register-docotr