Kulit & Perawatan Tubuh

6 Tips Efektif Memilih Serum Wajah untuk Kulit Kering

May 23, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kulit kering menjadi permasalahan yang sering dikeluhkan oleh wanita. Sebab, kulit kering membuat penampilan terlihat kusam. Masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan serum untuk kulit kering. 

Namun, kamu tidak boleh asal memilih serum. Apalagi saat ini, sudah beredar berbagai merek kosmetik yang mengeluarkan produk serum. Kamu perlu memerhatikan kandungan yang ada di dalam serum tersebut, jangan sampai serum justru memperburuk keadaan kulit kita.

Nah, supaya kamu tidak lagi kebingungan memilih serum yang tepat, bagi kamu yang pertama kali memilih serum untuk kulit kering, simak ulasan berikut ya.

Apa itu serum?

Serum. Sumber foto Freepik

Menurut dr. Abigail Waldman, dermatologis dari Harvard Medical School, serum adalah suatu formula berkonsentrasi tinggi yang dapat diserap kulit dengan cepat dan memberikan nutrisi spesifik untuk mengatasi permasalahan kulit, misalnya mencegah penuaan kulit.

Ada berbagai manfaat serum yang sangat bagus untuk kulit, seperti membuat kulit terhidrasi, membuatnya lebih cerah, mengurangi hiperpigmentasi dan memperbaiki tekstur kulit.

Pada kondisi kulit kering, serum seringkali dikatakan lebih efektif dibandingkan krim pelembap. Hal tersebut dikarenakan molekul serum lebih mudah untuk menembus kulit dan menghidrasi pada lapisan dalam kulit.

Tips memilih serum untuk kulit kering

Paparan sinar matahari, kurang minum air putih, dan pola hidup yang tidak sehat membuat setiap perempuan jarang menyadari kalau ini membuat kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi membuatnya jadi kurang segar dan tampak kusam.

Selain perlu mengatasinya dari dalam, kamu juga dapat melakukan perawatan dari luar seperti menggunakan serum untuk kulit kering. Berikut ini beberapa tips yang perlu ketahui, untuk memudahkan kamu dalam memilih serum.

1. Serum untuk kulit kering mengandung hyaluronic acid

Hyaluronic acid dikenal dapat mengikat kelembapan di kulit. Pada kondisi kulit kering, bahan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kelembapan kulit.

Dr. Shainhouse di dalam artikel Best Face Serums for Dry Skin menjelaskan bahwa hyaluronic acid juga dapat membuat kulit tampak lebih lembap dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan.

2. Hindari serum yang mengandung alkohol

Jika kamu memiliki masalah kulit kering, sebaiknya pastikan serum yang kamu pilih tidak mengandung alkohol. Sebab, alkohol dapat mengurangi produksi minyak alami dari kulit kamu.

Selain itu, pada kulit kering, alkohol juga dapat menyebabkan iritasi. Sehingga kulit menjadi kemerahan dan tentu saja akan menganggu penampilan.

3. Pastikan serum mengandung antioksidan

Kulit kering cenderung tidak memiliki lapisan kulit untuk melindungi lapisan kulit di bawahnya. Karena itulah, antioksidan sangat diperlukan oleh kulit kering agar dapat melindungi lapisan kulit dari pengaruh lingkungan.

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat kamu temukan di dalam vitamin C. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi keriput melalui stimulasi sintesis kolagen. Hal tersebut diperlukan untuk kulit kering kamu.

Serum vitamin C mampu meresap ke dalam kulit hingga lapisan terdalam sehingga kulit akan jauh lebih lembap dan bertahan lebih lama.

Baca juga: Efek-efek Minum Vitamin C untuk Orang yang Kurang Darah

4. Perhatikan kandungan emolien di dalam serum

Kandungan emolien bersifat mengunci kelembapan dan menghaluskan kulit. Zat ini sangat baik untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Biasanya, kandungan emolien paling umum ditemukan dalam produk untuk kulit kering adalah gliserin.

Gliserin bekerja dengan cara menyerap air dari luar kulit, kemudian menahan kelembapannya di dalam kulit sehingga kulit tidak terasa kering dan lebih halus.

Gliserin juga dapat melembutkan kulit, meregenerasi dan menutrisi kulit serta dapat menghindari peradangan pada kulit sensitif. Agar hasil lebih efektif sebaiknya dipakai setelah mandi.

5. Serum untuk kulit kering tidak menyumbat pori-pori

Pori-pori yang tersumbat akan memperburuk kondisi kulit kering kamu, jadi sebaiknya hindari serum yang bisa menyumbat pori-pori.

Salah satu jenis serum yang tidak menyumbat pori di antaranya adalah serum yang kaya akan asam lemak esensial. Asam lemak esensial dapat membantu mengatasi kulit kering.

Kandungan asam lemak esensial tersebut memiliki struktur yang menyerupai lapisan luar kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Baca juga: Kulit Kering Bikin Pusing? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!

6. Pilihlah serum yang mengandung vitamin E

Vitamin E dapat membantu kulit mendapatkan kembali kelembapan alami nya, hal tersebut dapat membantu mencegah kulit menjadi kering. Selain itu vitamin E juga dapat membantu menjaga kadar air dalam kulit sehingga kulit dapat terasa lebih kenyal dan lembap.

Itulah beberapa tips memilih serum untuk kulit kering, yang mungkin berguna untukmu. Selain pemakaian serum yang konsisten, untuk menghindari kulit kering cobalah untuk minum air putih yang cukup (minimal 2 liter per hari) agar menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Harvard Health Publishing (2018). Diakses pada 28 Mei 2020. Skin serum: What it can and can’t do.

Dermstore (2018). Diakses pada 19 Mei 2020. Best Face Serums for Dry Skin

Today (2019). Diakses pada 19 Mei 2020. What is serum? Everything to know about face serum and if you should use it

Jurnal Mahasiswa Unesa.Diakses pada 19 Mei 2020 RISWATI NINGTYAS, I.I.M., 2016. PERBANDINGAN PENGGUNAAN SERUM DAN PELEMBAB TERHADAP HASIL TATA RIAS WAJAH PENGANTIN JENIS KULIT KERING. Jurnal Tata Rias, 6(01). 

New beauty (2017). Diakses pada 19 Mei 2020. Check Your Labels: Dermatologists Say These 6 Ingredients Are Crucial for Beating Dry Skin

Sharecare. Diakses pada 19 Mei 2020. What ingredients should I look for if I have dry skin? | Skin Disorders

Realsimpel (2020). Diakses pada 19 Mei 2020. Everything You Need to Know About Serum—Including Which Ones You Should Be Using

Paula choice skincare. Diakses pada 19 Mei 2020. Alcohol in Skin Care: The Facts

    register-docotr