Kulit & Perawatan Tubuh

Sering Alami Iritasi? Yuk, Ketahui Cara Aman Mencukur Rambut Ketiak

July 31, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Rambut yang tumbuh di tubuh merupakan hal yang normal, tetapi bila tumbuh di beberapa bagian bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satu rambut tubuh yang perlu dicukur secara rutin adalah bagian ketiak.

Rambut ketiak yang tumbuh terkadang dapat memengaruhi bau badan sehingga penting untuk melakukan pencukuran rutin. Nah, untuk itu yuk simak cara aman mencukur rambut ketiak yang perlu diketahui.

Baca juga: Awas! Sakit Kepala dan Mual Bisa Menjadi Pertanda Penyakit Berbahaya

Bagaimana cara aman mencukur rambut ketiak?

Dilansir dari Healthline, rambut tubuh yang menonjol bisa diakibatkan oleh faktor genetika atau kondisi lain seperti sindrom ovarium polikistik. Perubahan hormon juga bisa mengakibatkan rambut tubuh tumbuh secara berlebih dan mungkin lebih gelap atau tebal.

Ketiak sendiri memiliki kurva dan lipatan yang bisa menjadi alasan mudah teriritasi dari pencabutan rambut. Karena itu, kamu perlu melakukan perawatan khusus setelah mencukur rambut di bagian ketiak. Cara aman mencukur rambut ketiak yang perlu diketahui, seperti berikut ini:

Pinset

Jika kamu tidak memiliki pertumbuhan rambut ketiak yang padat, maka pencukuran bisa dilakukan menggunakan pinset.

Rambut bisa dicabut secara perlahan dengan pinset dan jangan lupa untuk menggunakan lotion setelahnya. Pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin untuk meminimalkan iritasi.

Pisau cukur

Trik untuk mencukur rambut ketiak dan meminimalkan iritasi adalah menggunakan produk yang tepat. Carilah krim atau sabun cukur yang tepat agar pisau cukur bisa meluncur dengan mudah.

Gunakan juga pisau cukur tunggal karena jika dengan beberapa mata pisau bisa mengakibatkan iritasi dan memungkinkan rambut tumbuh ke dalam.

Waxing

Melakukan waxing untuk menghilangkan rambut ketiak menjadi pilihan yang banyak disukai karena cepat dan mudah. Caranya cukup mudah yakni dengan mengoleskan lilin waxing pada ketiak dan ratakan ke bawah.

Tunggu 30 detik sebelum menariknya ke arah berlawanan. Sebelum waxing, berikan bedak agar ketiak dalam keadaan kering.

Epilator

Salah satu pilihan termudah dan paling nyaman untuk menghilangkan rambut ketiak adalah menggunakan epilator.

Caranya sangat mudah yakni cukup rentangkan lengan dan gunakan epilator dalam mode terendah. Pindahkan epilator ke segala arah pertumbuhan rambut untuk menghilangkan secara maksimal.

Setelah menggunakan berbagai alat untuk mencukur rambut ketiak, jangan lupa untuk selalu mengoleskan losion. Produk losion ini bertujuan untuk menenangkan kulit dan mencegah risiko terjadinya iritasi lebih lanjut.

Baca juga: Punya Masalah Pencernaan? Begini Cara Detox Usus Mudah dan Alami

Cara alami untuk mencukur rambut pada ketiak

Terdapat berbagai cara aman mencukur rambut ketiak yang bisa dilakukan, salah satunya dengan bahan alami. Nah, beberapa cara untuk mencukur rambut ketiak yang aman dengan bahan alami antara lain sebagai berikut:

Pasta kunyit

Pasta kunyit bisa digunakan untuk mengurangi kepadatan pertumbuhan rambut ketiak dan merupakan upaya pencukuran tanpa rasa sakit. Cukup campurkan ¼ gelas bubuk kunyit dan 2 hingga 3 sendok makan susu. 

Cuci ketiak dengan air hangat untuk menjaga area tersebut tetap bersih. Kemudian, oleskan pasta kunyit pada ketiak dan biarkan selama 30 menit.  Bersihkan pasta kunyit dengan handuk yang sudah direndam dan ulangi cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Madu dan lemon

Campuran madu dan lemon merupakan bahan alami terbaik untuk membantu menghilangkan bulu ketiak. Selain itu, campuran kedua bahan ini juga bisa menipiskan rambut dan tidak menyebabkan rasa sakit ketika dilakukan pencukuran.

Cukup campurkan 3 sendok makan madu dan 1 sendok makan jus lemon. Oleskan pada ketiak yang telah dibersihkan dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air hangat dan ulangi cara ini 2 hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil optimal.

Natural sugar wax

Gula bisa menjadi bahan alami yang cocok untuk waxing karena dapat menghilangkan bulu ketiak secara instan. Bahan yang diperlukan adalah ½ gelas air, 3 cangkir gula, dan beberapa tetes lemon segar.

Campurkan bahan-bahan tersebut sampai mendapatkan konsistensi yang kental. Setelah itu, oleskan gel campuran ketiga bahan tersebut pada ketiak yang telah dibersihkan dan berikan bantuan strip waxing.

Berbagai cara aman mencukur rambut ketiak bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Jika ingin mendapatkan ketiak yang bersih, maka cara tersebut harus dilakukan secara rutin. Pastikan juga untuk selalu mengoleskan lotion agar kulit ketiak kembali tenang pasca pencukuran.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 28 Juli 2020. A Full-Body Guide to Removing Stubborn, Thick Hair
  2. Boldsky (2018), diakses 28 Juli 2020. How To Remove Underarm Hair?
  3. Firstcry.com (2019), diakses 28 Juli 2020. How to Remove Underarm Hair – Easy Tricks and Home Remedies
    register-docotr