Kulit & Perawatan Tubuh

Panduan Tepat Memilih Sabun Muka untuk Kulit Berminyak, Yuk Simak Tipsnya!

September 11, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sabun muka untuk kulit berminyak memang harus dipilih dengan hati-hati karena bisa saja malah menyebabkan munculnya jerawat dan komedo, lho! Perlu dipahami, kulit setiap orang menghasilkan minyak alami yang membuat wajah menjadi tetap sehat dan tampak cerah.

Namun, produksi minyak berlebih pada wajah juga tidak bagus karena bisa mempercepat penyumbatan pori-pori kulit sehingga memicu munculnya jerawat. Nah, agar jerawat tidak muncul, yuk, simak berikut beberapa panduan memilih sabun muka untuk kulit berminyak.

Baca juga: Bingung Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak? Yuk, Simak Tips Cari yang Tepat!

Beberapa panduan memilih sabun muka untuk kulit berminyak

Dilansir dari Healthline, pembersih wajah yang ideal untuk kulit berminyak haruslah mencakup bahan-bahan seperti lidah buaya dan minyak pohon teh. Kedua bahan ini bertujuan untuk menyeimbangkan produksi minyak dan mendukung kesehatan kulit. 

Pada dasarnya, minyak membantu menjaga kelembaban kulit sehingga tidak terlihat kering dan bersisik saat musim dingin. Meskipun minyak berlebih dapat dikaitkan dengan munculnya jerawat, namun bisa juga melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. 

Nah, agar tidak memperburuk kondisi kulit wajah maka sabun muka harus dipilih dengan tepat. Beberapa bahan dalam sabun muka untuk kulit berminyak juga perlu diperhatikan, seperti berikut ini:

Glycolic acid

Asam glikolat atau glycolic acid merupakan bahan yang bagus untuk kulit berminyak, terutama jika wajah rentan berjerawat.

Sabun muka yang mengandung asam glikolat dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Perlu diketahui, pori-pori menjadi tempat penumpukan minyak, debu, hingga kotoran sisa makeup sehingga harus dibersihkan dengan benar. Nah, agar terhindari dari timbulnya jerawat akibat penumpukan tersebut maka cuci wajah dengan sabun muka yang mengandung asam glikolat.

Salicylic acid

Salicylic acid menjadi salah satu bahan perawatan kulit yang mengandung asam beta-hidroksi (BHA). Kandungan asam beta hidroksi yang kuat ini dapat larut dalam minyak, dimana berarti dapat menembus jauh ke dalam pori-pori untuk mengatasi jerawat.

Asam salisilat atau salicylic acid mampu membantu mencegah pembentukan jerawat dengan kemampuan pengelupasannya yang luar biasa. Bahan satu ini bekerja dengan cara menghilangkan lapisan atas kulit untuk menghilangkan penumpukan minyak dan sel kulit mati.

Niacinamide

Niacinamide alias vitamin B3 merupakan bahan yang efektif untuk mencuci wajah karena dapat mengurangi munculnya noda merah sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, niacinamide telah terbukti bisa menyerap minyak dan secara efektif mengurangi risiko wajah berjerawat.

Sabun muka yang mengandung niacinamide juga mampu memperkuat perlindungan pada kulit dan merangsang produksi kolagen secara alami.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah sabun cuci muka dengan kandungan bahan ini karena dapat membantu mencegah munculnya kerusakan, seperti hiperpigmentasi dan pori-pori besar.

Retinol

Retinol merupakan turunan vitamin A biasanya ditemukan dalam formulasi anti-penuaan yang mengatasi masalah pengerutan dan masalah hiperpigmentasi untuk kulit berminyak.

Sabun muka atau produk lain yang mengandung retinol akan membantu menjaga pori-pori tetap kencang sehingga menghasilkan dan mengeluarkan lebih sedikit minyak.

Sabun muka untuk kulit berminyak yang terkandung retinol di dalamnya perlu digunakan secara rutin karena memiliki berbagai manfaat lain.

Beberapa keunggulan yang mungkin didapatkan, antara lain membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan.

Baca juga: Masker Spirulina: Manfaat dan Tips Cara Pakai yang Tepat

Cara penggunaan sabun untuk kulit berminyak yang tepat

Meski penggunaan pembersih wajah tampak mudah, namun terdapat berbagai cara yang bervariasi tergantung pada jenis dan masalah kulit.

Jika kamu memiliki tipe kulit wajah berminyak dan cenderung sering berjerawat, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mencuci atau membilas wajah dua kali sehari.

Mencuci muka secara rutin sebanyak dua kali sehari dapat membantu menjaga kulit wajah bebas dari kotoran dan bakteri yang terkumpul di pori-pori. Nah, agar tidak salah memilih produk pembersih wajah maka kamu bisa mengonsultasikan dengan dokter kulit.

Sebelum membeli produk sabun muka untuk kulit berminyak, ada baiknya untuk mengecek kandungan di dalamnya agar tidak salah pilih.

Penggunaan produk pembersih wajah yang sesuai dengan masalah kulit bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan baik dan mencegah munculnya jerawat.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses pada 9 September 2020. 8 Face Cleansers for Oily Skin
  2. Tiege.com (2018), diakses pada 9 September 2020. Face Wash for Oily Skin—Ingredients to Seek
  3. Everyday Health (2014), diakses pada 9 September 2020. The Best Ingredients to Control Oily Skin
    register-docotr