Kulit & Perawatan Tubuh

Punya Masalah Rambut Bercabang? Ini Cara dan Tips Mengatasinya

August 11, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Apakah kamu saat ini memiliki masalah rambut bercabang? Atau kamu sedang berniat memanjangkan rambutmu? Hati-hati karena rambut bercabang dapat mengurangi keindahan tampilan rambut. kondisi ini juga menandakan rambut tidak sehat.

Untuk mengenali rambut bercabang secara lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa itu rambut bercabang?

Rambut bercabang adalah kondisi saat bagian ujung rambutmu kering, rapuh dan terpecah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrim, produk kimiawi untuk rambut, serta teknik perawatan atau styling rambut seperti penggunaan catokan, hairdryer atau alat pemanas lainnya.

Apakah rambut bercabang dapat diperbaiki?

Sayangnya, ujung rambut yang bercabang tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rambut bercabang adalah dengan memotongnya. 

Selain memotongnya dengan gunting, kamu juga bisa menghilangkan ujung rambut yang bercabang dengan metode velaterapia, atau disebut juga sebagai candle cutting atau pemotongan lilin. 

Dilansir lewat Healthline, metode ini dilakukan dengan cara memelintir sebagian rambut dan membakarnya dengan lilin yang menyala.Velaterapia dipercaya dapat membuat ‘segel’ untuk membantu melindungi ujung rambut agar tidak pecah lagi. 

Namun, beberapa ahli perawatan rambut khawatir metode ini dapat merusak folikel rambut dan bahkan membuatnya jadi bercabang.

Masker rambut juga bisa jadi pilihan perawatan rambut bercabang. Namun meski masker rambut dapat melembabkan dan membantu mencegah rambut bercabang, perawatan ini tidak akan menghilangkan rambut bercabang yang sudah ada.

Tips mencegah rambut bercabang

Satu-satunya cara untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang adalah dengan memotongnya. Meski begitu, kamu juga perlu memerhatikan beberapa perawatan atau kebiasaan lain saat mencuci rambut. Berikut di antaranya:

Sisir rambut sebelum mandi

Menyisir rambut membuatnya tidak kusut dan mencegah kerusakan. Saat keramas, oleskan shampo ke bagian atas kepala dan usapkan dengan lembut ke bawah, pastikan agar rambut tetap lurus dengan membuat gerakan zig zag dengan jari-jarimu di sepanjang rambut. 

Gunakan kondisioner saat keramas

Selain halus saat disentuh, penggunaan kondisioner juga dapat membantu mencegah kerusakan dan ujung yang bercabang.

Perhatikan cara menggunakan handuk

Rambut sebenarnya paling rentan selama proses pengeringan. Caramu merawatnya setelah mandi atau keramas akan membuat perbedaan besar pada rambutmu. 

Hindari menggosok rambut hingga kering menggunakan handuk. Sebagai gantinya, cukup tekan tekan rambut dengan memeras air berlebih menggunakan handuk.

Usahakan untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan basah

Nyatanya menyisir rambut yang kusut dan basah setelah keramas dapat menyebabkan kerusakan dan dapat menyebabkan rambut bercabang. 

Namun jika kamu melakukan kedua cara tersebut dan tidak menggosok rambut dengan handuk, rambutmu akan lebih mudah disisir meskipun setelah keramas.

Hati-hati saat menggunakan hairdryer

Mengeringkan rambut yang basah dengan pengering rambut (hairdryer) adalah kesalahan besar. Sebaiknya, biarkan rambutmu mengering sebanyak mungkin (60%-90%) sebelum menggunakan pengering rambut. Semakin lama kamu membiarkan rambut terkena panas, semakin besar kemungkinan kerusakan terjadi.

Hindari alat styling yang terlalu panas

Pada dasarnya rambut akan mencapai kemampuan pembentukan optimal pada 180 derajat celcius. Jadi, semakin panas alatnya, semakin baik dan tahan lama bentuk rambutnya adalah mitos besar. Suhu tinggi akan menghilangkan kilau, kekuatan, kelembutan, dan keratin pada rambut.

Potong ujung rambut bercabang

Ujung bercabang akan terus bercabang jika dibiarkan tanpa pengawasan, memotongnya akan membantu mencegah kerusakan yang lebih parah.

Tingkatkan perawatan dan gunakan produk perawatan rambut bercabang

Gunakan serum, kondisioner, penghalus atau shampo untuk perawatan dan memperbaiki rambut bercabang. Kamu mungkin tidak dapat memperbaiki ujung rambut bercabang secara permanen. Namun beberapa produk mungkin dapat menjadi pilihanmu untuk menyamarkannya. 

Kamu juga bisa melakukan perawatan keratin. Keratin sangat baik digunakan untuk rambut kering dan bercabang. Protein dalam dosis besar yang terkandung di dalamnya dapat menghaluskan dan memperkuat untaian rambut yang rapuh. 

Bahan alami untuk perawatan rambut bercabang

Selain produk kondisioner dan masker rambut yang tersedia di toko-toko kecantikan, kamu juga dapat membuatnya sendiri, lho. Bahan-bahan berikut dapat membantu menutrisi rambut dan mencegahnya dari kerusakan.

Minyak almond 

Minyak almond dapat melembabkan dan membuat rambut menjadi lebih ringan. Minyak almond dapat digunakan sebagai kondisioner tanpa bilas dengan cara digosok pada rambut yang basah.

Panthenol

Panthenol adalah produk sampingan dari asam pantotenat (vitamin B5) yang dapat membantu memperkuat rambut, mempertahankan kelembaban, dan meningkatkan tekstur rambut rusak.

Minyak argan

Minyak argan yang berasal dari biji pohon argan asli Maroko sangat membantu melembabkan dan menambah kilau rambut. Cara menggunakannya adalah dengan menggosokkan beberapa tetes pada ujung rambut bercabang, baik basah maupun kering, lalu sisir.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr