Kulit & Perawatan Tubuh

Kulit Kering Bikin Pusing? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!

October 6, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Pasti setiap wanita menginginkan kulit yang sehat dan cantik. Tetapi terkadang masalah kulit terus saja menghantui kamu, apalagi masalah kulit kering yang tak kunjung usai.

Nah, sekarang kamu engga usah pusing lagi karena ada beberapa rekomendasi pelembab untuk kulit kering, yuk, simak ulasannya!

Mungkin bagi sebagian dari kamu sangatlah sulit memilih produk pelembab untuk kulit kering. Bahkan jika kamu salah memilih pelembab (moisturizer) yang ada kulit kamu bisa jadi iritasi, gatal, bersisik, pecah-pecah, bahkan lebih ngerinya bisa berdarah.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi kulit kering adalah menggunakan pelembab yang cocok dengan jenis kulit kamu sendiri.

Nah, daripada bingung mending kamu simak tips memilih pelembab untuk kulit kering dan kusam di bawah ini.

Apa itu kulit wajah kering?

Dilansir dari Healthline, kulit wajah kering adalah kondisi tidak nyaman yang ditandai dengan sisik, gatal, dan pecah-pecah pada kulit. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, misalnya bawaan lahir ataupun perawatan yang tidak tepat.

Jika dibiarkan kondisi bisa menjadi semakin parah dan menyebabkan kulit kering dan kusam.

Secara umum, perubahan gaya hidup dan produk perawatan yang tepat cukup efektif mengatasi permasalahan kulit wajah kering dan kusam.

Namun apabila kondisi ini terjadi sebagai akibat dari gangguan kesehatan tertentu, maka kamu akan disarankan untuk meminta penanganan lebih lanjut oleh dokter terkait.

Baca juga: Inilah Deretan Buah, Mengandung Vitamin C Tinggi

Skincare kulit kering

Jika kamu memiliki kulit kering dan dehidrasi, kamu perlu menemukan rutinitas perawatan kulit yang sempurna agar bisa membuat wajah terasa lembap dan bercahaya. Caranya adalah dengan cermat saat memilih skincare untuk kulit kering.

Hindari produk yang membuat kulit terkelupas

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat memilih produk perawatan untuk kulit kering adalah menghindari bahan-bahan yang bisa mengelupas kulit wajah. Jadi hindari produk semacam scrub yang bisa mengeksfoliasi kulit menjadi lebih kering.

Pilih sabun cuci yang melembapkan

Sabun cuci muka untuk kulit kering juga perlu mendapat perhatian khusus. Cari yang dibuat dengan bahan yang melembabkan seperti asam hialuronat dan tidak berbusa. Produk untuk perawatan kulit kering seperti ini dapat menghilangkan kotoran dan minyak tanpa mengganggu lapisan kulit luar seperti yang dilakukan beberapa pembersih berbusa.

Masker kulit kering

Kunci memilih masker untuk kulit kering adalah harus memiliki fungsi melembapkan dan menghidrasi. Kamu dapat memilih beberapa bahan alami yang dapat ditemukan di lemari dapur dan lemari es.

Misalnya seperti jojoba, minyak kelapa extra virgin, alpukat, madu, susu, dan gula merah yang sudah terbukti sangat bagus untuk kulit kering.

Cream untuk kulit kering

Memiliki kulit kering bisa membuat siapapun frustasi, terutama jika sampai membuat kulit bersisik, merah, dan teriritasi. Kamu mungkin akan khawatir saat harus memilih cream untuk kulit kering karena takut akan memperburuk keadaan.

Jangan khawatir, mulailah dengan memilih salep atau krim daripada losion, karena losion bisa menyebabkan iritasi dan kurang efektif untuk kulit kering.

Pilih salep atau krim yang mengandung minyak zaitun, shea butter, atau minyak jojoba. Bahan-bahan seperti asam laktat, urea, asam hialuronat, gliserin, lanolin, minyak mineral, dan petrolatum juga bagus untuk menenangkan kulit kering.

Baca juga: Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini Sederet Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Tips memilih pelembab wajah untuk kulit kering

  1. Mengandung tabir surya

Pada dasarnya apapun jenis kulit kamu mulai dari kering, berminyak, hingga normal pasti membutuhkan tabir surya. Pastikan pelembab yang kamu gunakan mengandung tabir surya dengan kadar SPF minimal 30. 

Hal yang perlu diingat saat memilih pelembab yang mengandung tabir surya, harus memiliki tekstur krim yang pekat untuk melindungi kulit dari kerusakan dan sinar UV. 

  • Pilih pelembab tanpa pewangi dan pewarna

Biasanya ada beberapa pelembab kulit yang mengandung parfum, pewangi, ataupun pewarna. Bahan ini sangat tidak direkomendasikan bagi kamu yang memiliki kulit kering. Kulit kamu bisa menjadi iritasi dan semakin terlihat kering dan kusam.

Sebaiknya kamu membeli pelembab yang memilki keterangan khusus seperti “alcohol free”, bebas pewangi, dan “hypoallergenic”.

  • Mengandung antioksidan

Sebagaimana kita ketahui, bahwa antioksidan sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Pilihlah pelembab yang mengandung antioksidan tinggi seperti the hijau, chamomile, buah delima, akar licorice.

Kandungan dari bahan ini akan membuat kulit kamu terlihat segar dan sehat. Selain itu antioksidan juga mampu mencegah paparan radikal bebas yang membuat sel kulit kamu menjadi semakin banyak.

  • Gunakan pelembab dengan kandungan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat berfungsi untuk menahan kandungan air di permukaan kulit agar tidak mudah menguap, sehingga kulit kamu tidak terasa kering. Biasanya pelembap yang mengandung petroleum jelly tersedia dalam bentuk krim.

Baca juga: Mengenal Manfaat Essential Oil dari Tiap Jenisnya, Salah Satunya Bikin Rileks

Pelembap alami untuk atasi kulit kering

Meski banyak produk pelembap yang dipercaya ampuh untuk mengatasi kulit kering. Tetapi kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan agar kulit tetap sehat dan cantik.

  • Madu

Sudah tak diragukan lagi bahan makanan manis yang satu memiliki segudang manfaat buat kulit. Madu dipercaya dapat mengeksfoliasi sel kulit mati dan bisa membuat kulit kamu lebih lembap dan cerah.

  • Lidah buaya

Pasti kamu sudah tahu bahwa banyak sekali produk kecantikkan yang berbahan dasar lidah buaya (aloe vera). Biasanya lidah buaya dijadikan gel untuk melembabkan kulit kamu. Tekstur gel lidah buaya dianggap mudah terserap oleh kulit.

  • Pepaya

Memang buah yang satu ini tak hanya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan bahkan untuk kulit juga lho. Selain dijadikan sabun, papaya bisa jadi pelembab alami.

Caranya mudah kamu tinggal campurkan sedikit daging papaya yang dihaluskan dan campurkan dengan madu, kemudian oleskan aja ke wajah.

  • Yoghurt

Salah satu minuman yang rasanya asam ini tentu menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya rasanya saja yang enak, ternyata yoghurt juga dapat mengatasi kulit kering lho.

Caranya mudah, kamu oleskan yoghurt ke wajah kamu seperti mengaplikasikan masker selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

  • Minyak zaitun

Ini dia salah satu favorit para wanita karena khasiatnya yang luar  biasa untuk mengatasi permasalahan kulit.

Antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun dapat memberikan sensasi menenangkan pada kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat kekeringan di wajah.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi dan memilih pelembab untuk kulit kering? Selain tips di atas, jangan lupa untuk minum air mineral minimal 2 liter per hari dan jagalah pola hidup agar tetap sehat ya, selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. everydayhealth.com (2019) diakses 6 Mei 2020. 10 Natural Dry-Skin Remedies You Can DIY at Home. Diakses 6 Mei 2020 pukul 18.40.
  2. healthline.com (2017) diakses 6 Mei 2020. Everything You Need to Know About Petroleum Jelly. Diakses 6 Mei 2020 pukul 19.00.
  3. healthline.com (2018) diakses 6 Mei 2020. 8 Home Remedies for Dry Skin. Diakses 6 Mei 2020 pukul 19.15.
  4. What Causes Dry Skin and How to Treat It, https://www.healthline.com/health/dry-skin diakses pada 6 Oktober 2020
  5. The Ultimate Dermatologist-Recommended Routine for Dry Skin, https://www.byrdie.com/dry-skincare-routine diakses pada 6 Oktober 2020
  6. These Are Our Favorite DIY Beauty Tricks for Healing Dry, Chapped Skin, https://www.byrdie.com/face-mask-and-scrub-recipes-for-dry-chapped-skin-346537 diakses pada 6 Oktober 2020
    register-docotr