Kulit & Perawatan Tubuh

Mau Lakukan Operasi Mata Ikan? Cari Tahu Dulu Prosedur dan Biayanya di Sini!

June 10, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang rentan terhadap penyakit, termasuk mata ikan. Mata ikan sendiri ditandai dengan penebalan yang terjadi pada kulit. Ada berbagai cara untuk mengobati penyakit ini, salah satunya dengan operasi mata ikan.

Lalu bagaimana prosedur atau persiapan operasi mata ikan? Mata ikan atau yang istilah medisnya disebut dengan clavus merupakan penebalan kulit karena tekanan intermiten serta gesekan.

Tekanan tersebut menghasilkan hyperkeratosis, secara klinis dan histologis. Penebalan kulit yang luas pada mata ikan dapat menyebabkan nyeri kronis, terutama pada kaki bagian depan.

Mata ikan dapat terjadi pada siapa saja, tetapi utamanya lebih sering terlihat pada atlet, orang lanjut usia, atau bahkan pasien diabetes. Mata ikan sering salah didiagnosis sebagai kapalan, yang juga merupakan lesi kulit hiperkeratotik akibat gesekan berlebih.

Penyebab mata ikan

Sebelum mengetahui mengenai operasi mata ikan, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu apa penyebab penyakit ini. Tekanan dan gesekan dari gerakan berulang dapat menyebabkan mata ikan menjadi tumbuh dan berkembang.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa penyebab mata ikan.

  • Mengenakan sepatu yang tidak pas: Sepatu yang terlalu ketat atau high heels dapat menekan area kaki kamu. Ketika alas kaki terlalu longgar, kaki dapat berulang kali bergeser dan bergesekan dengan sepatu. Tak hanya itu saja, kaki juga dapat bergesekan dengan jahitan yang ada di dalam sepatu
  • Tidak mengenakan kaus kaki: Mengenakan sandal dan sepatu tanpa kaus kaki dapat menyebabkan gesekan pada kaki. Kaus kaki yang tidak pas juga dapat menjadi masalah munculnya penyakit ini
  • Memainkan instrumen atau menggunakan alat-alat di tangan: Mata ikan tidak hanya muncul di kaki saja, melainkan juga di tangan. Mata ikan yang muncul di tangan dapat disebabkan oleh tekanan berulang saat bermain suatu instrument tertentu, atau bisa juga disebabkan oleh menggunakan alat tulis

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit ini di antaranya adalah bunion, hammertoe, kelainan bentuk kaki lainnya, dan tidak melindungi tangan dengan menggunakan sarung tangan.

Penyebab mata ikan tersebut harus sangat diperhatikan. Jika kamu mengalami mata ikan, sebaiknya segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Jangan Diabaikan! Ini 6 Penyebab Telapak Kaki Sakit yang Jarang Disadari

Bagaimana prosedur dan persiapan operasi mata ikan?

Sebenarnya mata ikan tidak hanya dapat diobati dengan operasi saja, melainkan juga dengan pengobatan lainnya, misalnya saja menggunakan salep atau pengobatan rumahan.

Akan tetapi, jika mata ikan sudah parah dan membuat tidak nyaman, operasi mungkin saja direkomendasikan untuk mengatasi hal ini.

Berikut adalah prosedur dan persiapan operasi mata ikan.

Tahap pertama: Pembersihan kulit

Sebelum melakukan operasi mata ikan, hal pertama yang akan dilakukan oleh dokter adalah pembersihan area kulit yang terkena mata ikan.

Biasanya pembersihan area kulit ini menggunakan cairan antiseptik seperti alkohol atau povidine iodium agar area yang terkena menjadi steril.

Tahap kedua: Pembiusan

Kemudian untuk mengurangi rasa sakit, dokter akan melakukan pembiusan.

Akan tetapi, tak selamanya dokter akan memberikan pembiusan untuk menghilangkan mata ikan. Sebab, biasanya mata ikan tetap dapat dihilangkan dengan tidak dilakukannya anestesi pada area kaki yang terkena.

Tahap ketiga: Pengangkatan

Tahap terakhir yang dilakukan untuk menghilangkan mata ikan adalah dengan pengangkatan mata ikan.

Setelah serangkaian persiapan pada kaki, seperti mensterilkan area yang terkena dengan alkohol, dokter akan melakukan pengangkatan mata ikan.

Biasanya pengangkatan ini dilakukan dengan menggunakan pisau bedah No. 15. Kemudian dokter akan menghilangkan lapisan area keratin secara berurutan.

Tujuan tahap akhir ini adalah menghilangkan inti keratin sentral serta membentuk kembali kulit untuk memberikan pencegahan jangka panjang dari gesekan yang berlebih.

Berapa biaya operasi mata ikan?

Masing-masing dokter memiliki biaya yang berbeda terhadap operasi mata ikan. Biaya ini sangat bervariatif dan juga bergantung dari kebijakan rumah sakit atau klinik kesehatan.

Namun umumnya, operasi penyakit ini memerlukan biaya ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam penanganannya.

Jika kamu memiliki kartu BPJS, mungkin saja kamu dapat melakukan operasi tanpa biaya atau gratis.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum melakukan operasi mata ikan, pilihlah rumah sakit yang tepat. Dan yang paling penting adalah berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter bedah untuk menangani masalah ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Harga.web.id (2019). Diakses pada 08 Juni 2020. Info Terbaru Biaya Operasi Mata Ikan 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 08 Juni 2020. Corns and Calluses 

Medscape (2019). Diakses pada 08 Juni 2020. Corns (Clavus) Treatment & Management 

Mescape (2019). Diakses pada 08 Juni 2020. Corns (Clavus) 

Sacchidanand, Mallikarjuna (2012). Surgical Enucleation of Corn: A Novel Technique. NCBI (diakses pada 08 Juni 2020)

    register-docotr