Kulit & Perawatan Tubuh

Yuk Coba Cara Berikut untuk Menghilangkan Kumis Secara Permanen

November 15, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Beberapa pria tau bahkan wanita merasa tidak nyaman saat memiliki kumis. Meski ada beberapa cara, seperti sudah mencoba mencukur, waxing, menggunakan epilator, sayangnya semua cara itu tidak menghilangkan kumis secara permanen.

Jangan sedih dulu, meski banyak cara hanya menghilangkan kumis untuk sementara, tapi kamu masih mungkin kok menghilangkan kumis secara permanen dengan cara-cara berikut ini. Kamu bisa memilih cara medis maupun cara alami.

Menghilangkan kumis secara permanen dengan prosedur medis

Kamu bisa memilih dua prosedur medis berikut untuk menghilangkan kumis secara permanen. Untuk jaminan keamanan, pastikan kamu untuk melakukannya dengan para ahli terpercaya.

Elektrolisis untuk menghilangkan kumis secara permanen

Prosedur ini menggunakan frekuensi radio gelombang pendek yang terhubung dengan jarum halus. Jarum tersebut akan diletakkan langsung ke folikel, dengan tujuan menghancurkan folikel rambut agar tidak merangsang pertumbuhan rambut baru.

Elektrolisis bukan cuma digunakan untuk menghilangkan kumis, tapi rambut di bagian tubuh lainnya, seperti untuk alis, perut, ketiak, paha dan juga kaki.

Semua bagian tetap menggunakan cara yang sama, hanya menggunakan satu alat khusus dan umumnya tidak ada efek samping yang membahayakan. Hanya terkadang akan menyebabkan merah sementara pada kulit.

Sayangnya, walaupun disebut sebagai solusi permanen oleh Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat atau FDA, hasilnya tidak langsung terlihat. Kamu perlu melakukan beberapa kali elektrolisis hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Menggunakan laser

Laser tak jauh berbeda dengan elektrolisis. Cara kerjanya juga untuk merusak folikel agar menghentikan pertumbuhan rambut baru. Bedanya, merusak folikel menggunakan laser dan cenderung memberikan efek paling baik untuk orang berkulit terang dengan rambut gelap.

Sama seperti elektrolisis, prosedur, laser juga bisa digunakan untuk menghilangkan rambut di bagian tubuh lain, selain kumis. Kamu juga tidak bisa langsung mendapatkan hasil instan. Kamu perlu melakukan laser beberapa kali sampai rambut lebih halus dan kemudian hilang permanen.

Menghilangkan kumis secara permanen dengan bahan alami

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara alami untuk menghilangkan kumis secara permanen. Meskipun kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibanding dengan cara-cara medis di atas.

Pada awalnya, bahan-bahan alami ini akan mengurangi laju pertumbuhan rambut di bagian atas bibir. Dan jika digunakan dalam rutin dari waktu ke waktu, baru akan menghasilkan hilangnya rambut secara permanen. Berikut bahan-bahan yang bisa kamu gunakan:

Kunyit dan susu

Caranya sangat mudah. Kamu cukup mencampur satu sendok makan kunyit parut dan satu sendok makan susu ke dalam mangkuk kecil.

Kemudian oles dengan jari ke area kumis atau di atas bibir. Biarkan hingga kering, sekitar 20 menit. Gosok dengan jari basah ke arah berlawanan dengan pertumbuhan rambut. Bilas hingga bersih.

Putih telur

Suka menggunakan masker putih telur? Ternyata bukan hanya berkhasiat untuk kulit wajah, putih telur juga bisa menghilangkan kumis secara permanen.

Caranya, campurkan satu putih telur dengan setengah sendok teh tepung jagung dan satu sendok teh makan gula hingga berbentuk pasta. Oleskan di atas bibir dan tunggu hingga 20 menit.

Kemudian kupas lapisan putih telur ke arah berlawanan dari pertumbuhan rambut. Setelahnya bilas hingga bersih dengan air dingin.

Gelatin agar-agar

Jika ingin mencobanya, cobalah campur satu sendok gelatin tanpa rasa dengan satu setengah sendok teh susu dan 3 tetes minyak esensial lavender. Masukan ke dalam microwave selama 12 menit.

Tunggu hingga hangat dan oleskan di atas bibir. Tunggu sampai kering dan kelupas lapisan searah dengan pertumbuhan rambut. Bilas dengan air dingin setelahnya.

Selain cara-cara di atas, sebuah penelitian juga menemukan bahwa minum secangkir teh spearmint dua kali sekali dapat membatasi pertumbuhan rambut di area wajah secara umum.

Demikian beberapa pilihan untuk menghilangkan kumis secara permanen yang bisa kamu pilih. Atau untuk lebih yakin dengan pilihanmu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit terpercaya kami.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatan bersama dokter terpercaya di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 5 November 2020
How to Remove Hair from Your Upper Lip Naturally

Medicalnewstoday, diakses 5 November 2020
Best ways to remove upper lip hair
Webmd, diakses 5 November 2020
Electrolysis for Hair Removal
Mayoclinic, diakses 5 November 2020
Laser hair removal

    register-docotr