Kulit & Perawatan Tubuh

6 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

August 1, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, kamu dapat menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Tumbuhan ini memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya dapat melawan jerawat.

Meski hasil keampuhannya akan berbeda-beda pada setiap orang, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan lidah buaya untuk jerawat. Jika ingin mencobanya, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Cara-cara berikut ini bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi jerawat ringan maupun sedang:

Mengoleskan lidah buaya langsung ke kulit

Lidah buaya bersifat antiradang, antibakteri dan antioksidan. Oleh karena itu, tanaman ini dipercaya mampu membersihkan luka, mengatasi nyeri, menyembuhkan luka bakar. Termasuk juga mengatasi jerawat.

Kamu bisa menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dengan cara yang mudah. Kamu cukup mengoleskan lidah buaya segar pada kulit yang berjerawat. 

Caranya, oleskan lidah buaya murni pada wajah sebagai pengganti pembersih. Atau kamu bisa mengoleskan lidah buaya murni pada kulit wajah yang berjerawat sebelum tidur. Bersihkan keesokan harinya untuk mengatasi kemerahan dan iritasi akibat jerawat.

Gunakan bahan tambahan seperti madu dan kayu manis

Cara yang kedua adalah mencampurkan lidah buaya dengan madu dan kayu manis. Bahan campuran ketiganya dipercaya mampu mengatasi jerawat dan membuat kulit lebih halus. 

Caranya, kamu dapat mencampur dua sendok makan madu dan satu sendok makan lidah buaya. Terakhir tambahkan seperempat sendok makan bubuk kayu manis dan aduk hingga rata. 

Kamu bisa menggunakan campuran itu sebagai masker wajah dan biarkan selama lima hingga 10 menit pemakaian. Bilas wajah hingga bersih setelah pemakaian. 

Campuran lidah buaya dan jus lemon

Sama dengan cara kedua, kali ini juga akan menggunakan lidah buaya sebagai masker. Namun kali ini kamu mencampurkannya dengan jus lemon. Jus lemon dipercaya sebagai pembersih yang efektif dan dapat mengobati jerawat.

Caranya, campurkan seperempat sendok teh jus lemon dengan dua sendok makan lidah buaya murni. Gunakan campuran sebagai masker selama 5 hingga 10 menit.

Jika campuran tersebut dirasa kurang, kamu bisa menambahkan campuran dengan perbandingan 8:1, dengan komposisi lidah buaya yang lebih banyak. 

Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang dicairkan

Selain untuk mengatasi jerawat, lidah buaya baik untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang sehat. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menggunakan cairan lidah buaya yang disemprotkan ke wajah. 

Kamu hanya perlu membuatkan cairan lidah buaya yang terdiri dari air dan ekstrak lidah buaya. Campur keduanya dalam botol dan bisa ditambahkan dengan essential oil kesukaanmu. 

Kocok campuran lidah buaya dan semprotkan pada wajah. Hati-hati saat penyemprotan, hindari area mata ya!

Gunakan campuran lidah buaya dan tea tree oil

Kamu dapat menghilangkan jerawat dengan lidah buaya dan juga tea tree oil. Caranya kamu cukup mencampurkan dua hingga tiga tetes tea tree oil dengan lidah buaya.

Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar satu menit. Bilas hingga bersih dan tepuk-tepuk dengan lembut wajah hingga kering. 

Scrub alami lidah buaya

Kamu bisa mencampurkan lidah buaya dengan gula dan minyak kelapa. Selain dapat mengatasi jerawat, campuran bahan-bahan ini juga dapat membantu eksfoliasi kulit dan mengangkat kulit mati yang menyumbat kulit. 

Caranya, tambahkan setengah cangkir minyak kelapa dan setengah cangkir gula ke dalam seperempat cangkir gel lidah buaya murni. Kemudian kamu bisa menyimpan bahan tersebut di lemari es sebelum digunakan. 

Kamu bisa menggunakan bahan tersebut dengan cara mengoleskan bahan tersebut ke wajah dan menggosoknya perlahan. Bilas hingga bersih setelah pemakaian.

Produk olahan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan pilihan produk olahan lain lidah buaya. Salah satunya krim ekstrak lidah buaya.

Kamu bisa menggunakan krim tersebut ke dalam rutinitas perawatan kulitmu. Itu dapat menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. 

Nah, demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Semoga salah satunya ampuh untuk mengatasi jerawat kamu, ya. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com diakses 28 Juli 2020 How to Use Aloe Vera for Acne?
  2. Medicalnewstoday.com diakses 28 Juli 2020 Can aloe vera help with acne? 
    register-docotr