Kulit & Perawatan Tubuh

Mengenal Manfaat Pimple Patch, Apa Benar Efektif Mengatasi Jerawat?

August 21, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pimple patch atau acne patch merupakan plester jerawat yang saat ini sedang populer digunakan di kalangan anak muda Korea Selatan. Indonesia pun tidak luput dari imbas tren penggunaan pimple pacth ini.

Di Indonesia, khususnya Jakarta, penggunaan pimple patch semakin digandrungi di kalangan anak muda karena dianggap lebih efektif mengatasi jerawat dan melindungi area kulit yang berjerawat serta mempercepat proses penyembuhannya.

Baca Juga: Jangan Dipencet! Ini Cara Tepat Mengobati Jerawat Meradang dan Bernanah

Efektivitas pimple patch

Pimple pacth dibuat dengan kandungan utama hidrokoloid yang berfungsi untuk mengeringkan jerawat. Namun, banyak juga beberapa produk pimple pacth yang menambahkan beberapa kandungan lain untuk menambah keampuhannya.

Pimple pacth sendiri hanya mampu bekerja pada jerawat ringan seperti jerawat berisi nanah atau komedo. Pimple pacth tidak ampuh untuk mengatasi jerawat batu atau jerawat berat.

Cara pimple patch bekerja

Melansir dari laman Healthline.com, Dr. Lavanya Krishnan, seorang dokter kulit bersertifikat, mengatakan bahwa penting bagi orang untuk memahami jenis patch jerawat yang akan digunakan agar mampu bekerja dengan maksimal.

“Penggunaan pimple pacth ini hanya ditujukan untuk mengobati jenis jerawat yang ringan, seperti benjolan berisi nanah, komedo, dan komedo putih. Kecil kemungkinan tambalan ini akan mampu menembus ke tingkat yang dapat mengatasi jerawat batu,” kata Krishnan.

Pimple patch terbuat dari hidrokoloid yang mampu menyerap kelembapan sehingga membuat jerawat kering, ini juga biasa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kronis.

Pimple patch menyerap racun yang terperangkap di bawah kulit, sekaligus melindungi jerawat dari bakteri eksternal, sinar matahari, atau pengelupasan wajah hingga mempercepat penyembuhan.

Tipe-tipe pimple pacth

Ada tiga tipe pimple pacth yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kondisi kulit dan jerawat yang kamu alami.

Pimple patch untuk jerawat aktif

Pimple pacth untuk jerawat aktif mengandung bahan aktif yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan.

Pimple patch tipe ini mampu meningkatkan penyerapan bahan aktif ke dalam kulit, membantu mengurangi benjolan, nyeri, dan kemerahan pada jerawat, dan efektif saat mengobati jerawat yang meradang, seperti papula.

Pimple pacth untuk jerawat aktif juga dapat membantu mengurangi ukuran lesi yang disebabkan oleh jerawat nodular atau kistik.

Bahan aktif yang paling umum dari pimple patch ini adalah asam salisilat dan minyak pohon teh.

Pimple patch untuk meredakan jerawat

Pimple pacth non-obat untuk meredakan jerawat ini adalah tipe pimple patch yang paling umum digunakan untuk luka pasca operasi guna membantu mempercepat proses penyembuhan.

Pimple patch tipe ini sedikit berbeda dibandingkan pimple patch untuk jerawat aktif karena sebagian besar dipotong membentuk lingkaran agar sesuai dengan ukuran jerawat.

Pimple patch ini juga sangat tipis, yang berarti bisa kurang terlihat atau samar saat dipakai di tempat umum.

Cara kerja pimple patch ini adalah dengan menyedot kelembapan dari pori-pori, mencegah infeksi, berfungsi sebagai penahan kelembapan yang akan membantu mempercepat pemulihan dan mencegah pembentukan bekas jerawat.

Pimple patch untuk jerawat berat atau kistik

Pimple patch tipe ini sangat berbeda dengan dua pimple patch sebelumnya. Pimple patch tipe ini menggunakan microneedle atau jarum-jarum kecil yang sangat halus dan digunakan untuk membantu mengobati jerawat kistik atau nodular.

Pimple patch ini dapat membantu menembus dan mengirimkan bahan aktif ke lapisan kulit yang lebih dalam di tempat yang dibutuhkan. Tingkat efektivitasnya sendiri bervariasi tergantung pada kedalaman lesi jerawat yang dialami.

Pimple patch tidak selalu ampuh untuk mengatasi masalah pada kulit ya, contohnya pada blackhead. pimple patch tidak cukup kuat jika dibandingkan dengan pore strip untuk mengangkat blackhead yang ada di kulit.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait manfaat menggunakan pimple patch pada jerawat, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. healthline.com (2019). Diakses 19 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/acne-patches#patches-for-cystic-acne

2. healthline.com (2020). Diakses 19 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health-news/do-those-pimple-stickers-actually-work

 

    register-docotr