Kulit & Perawatan Tubuh

Kabar Gembira! Begini Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Permanen

April 21, 2020 | Santi Andriani | dr. Iqbal Adi Anugrah
feature image

Ditulis oleh: Lita

Mengatasi kulit berminyak secara permanen. Mungkin kamu bertanya-tanya apakah ada caranya? Ya, kulit berminyak terkadang memang membuat tidak percaya diri ketika kamu bertemu teman-teman atau klien untuk urusan pekerjaan.

Adanya minyak pada kulit wajah memang terbilang normal. Namun akan menjadi tidak normal jika produksi minyak di wajah berlebih. Terutama di area T-zone. Area ini merupakan bagian paling banyak menghasilkan minyak.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Anak Keracunan Makanan! Ini yang Perlu Moms Lakukan

Kulit berminyak bikin wajah terlihat kusam

kulit berminyak bikin wajah tampak kusam dan mudah berjerawat. Foto: https://www.shutterstock.com/

Selain wajah tampak kusam, kulit berminyak juga rentan berjerawat. Karena itu perlu segera diatasi. Tidak perlu buru-buru ke dokter, kamu bisa tangani sendiri kulit berminyak dengan bahan rumahan.

Namun jika memang kondisinya parah, maka sudah seharusnya kamu segera berkonsultasi ke dokter terkait.

Cara mengatasi kulit berminyak secara permanen

Berikut beberapa cara mengatasi kulit berminyak dengan bahan alami dan bantuan dokter. 

1. Hindari penggunaan sunscreen yang mengandung minyak

Mengatasi kulit berminyak secara permanen bisa dengan hindari penggunaan sunscreen yang mengandung minyak. Foto: ttps://www.nbcnews.com

Sunscreen memang sangat bermanfaat untuk menangkal efek buruk sinar UV. Tapi ingat jangan gunakan sunscreen yang mengandung minyak karena hanya akan semakin memperburuk kondisi kulit. 

Pilih produk sunscreen bebas minyak atau oil free agar wajah tetap segar serta tetap terjaga dari bahaya sinar UV.

2. Masker putih telur

Masker putih telur bisa mengencangkan kulit. Foto: https://www.fabhow.com/

Kamu bisa mencoba perawatan dari bahan-bahan alami untuk meredam produksi minyak berlebih. Masker putih telur dapat mengencangkan kulit sekaligus menyerap kelebihan minyak di wajah.

Coba campurkan madu sebanyak satu sendok teh dengan putih telur. Kemudian aduk hingga merata. Oleskan masker ke area wajah dan hindari daerah sekitar mata. Biarkan sampai mengering sekitar 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

3. Memanfaatkan jus lemon

Jus lemon untuk mengatasi kulit berminyak secara permanen. Foto:https://www.organicfacts.net/

Selain putih telur, kamu bisa menggunakan jus lemon sebagai masker anti minyak. Lemon yang kaya akan Vitamin C bermanfaat menghambat produksi minyak serta mampu mencerahkan wajah. 

Campurkan lemon dengan bahan lain. Misalnya dari apel untuk memaksimalkan positifnya.

4. Terapi es batu

Es batu dapat membantu menyegarkan area wajah sekaligus meredam minyak berlebih. Foto: https://clearlakeiowa.com/

Efek menyegarkan dari es batu dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit berminyak. Es batu dapat membantu menyegarkan area wajah sekaligus meredam minyak berlebih.

Efek dingin yang dihasilkan es batu akan membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak akan teredam. Jerawat pun akan sulit berkembang jika produksi minyak dan pori-pori kulit mengecil. 

Untuk melakukan terapi ini, cukup oleskan satu potong es batu ke seluruh permukaan wajah. Kamu bisa mengkhususkan pada zona-T sekitar 30 detik. Sebab, zona-T ini merupakan area yang paling banyak memproduksi minyak. Lakukan secara teratur. 

5. Facial steam di rumah

Mengatasi kulit berminyak secara permanen dengan facial steam di rumah. Foto: https://www.verywellhealth.com/

Facial steam merupakan perawatan wajah dengan metode penguapan. Kamu dapat mencoba perawatan wajah dengan cara demikian di rumah.

Fungsi perawatan ini adalah untuk mengeluarkan kotoran dan berbagai zat lain yang menyumbat pori-pori. Jika kamu rutin melakukannya, kulit wajah pun akan lebih segar dan bersih.

Untuk melakukan facial steam, siapkan satu baskom air hangat. Hadapkan wajah kamu pada baskom hingga dapat merasakan uapnya. Lakukan penguapan selama 2-4 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. 

6. Terapi sinar laser

Terapi laser untuk pengobatan jerawat. Foto: https://www.globalhealthcarehub.com/

Terapi sinar laser merupakan terapi yang digunakan untuk pengobatan jerawat. Seperti yang kita pahami, kulit berminyak merupakan penyebab paling utama terjadinya jerawat. 

Terapi satu ini banyak sekali jenisnya. Seperti laser pulsed-dye serta terapi fotodinamik. Sifat terapi ini jangka pendek dan tidak dapat dibandingkan dengan perawatan farmakologis yang valid. 

7. Selalu sediakan face paper

Face paper dirancang untuk menyerap minyak berlebih secara cepat. Foto: https://today.line.me/

Face paper merupakan benda wajib yang mesti kamu sediakan setiap saat. Face paper dirancang khusus untuk menyerap minyak berlebih secara cepat. Minyak pun akan hilang seketika tanpa membuat wajah menjadi kering.

8. Konsultasi dengan dokter spesialis kulit

Mengatasi kulit berminyak secara permanen, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter kulit. Foto: https://www.mahealthcare.com/

Jika produk perawatan yang dijual bebas tidak cukup membantu kamu, maka cobalah konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan memberikan pengobatan berupa laser kulit untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah kamu. 

Dokter pun akan memberikan krim yang mengandung adapalene, tazarotene, dan tretinoin yang bermanfaat mengecilkan pori-pori kulit. 

Selain itu, pastikan kamu menjaga pola makan agar produksi minyak dari dalam dapat ditekan. 


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses 5 Oktober 2019. How to Manage Oily Skin

WebMD. Diakses 5 Oktober 2019. What Can Cause Oily Skin?

WebMD. Diakses 5 Oktober 2019. How Should You Take Care of Oily Skin?

    register-docotr