Kulit & Perawatan Tubuh

Mudah dan Efektif, 6 Trik Mengatasi Kaki Pecah-pecah untuk Kamu Coba!

June 1, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kaki pecah-pecah menjadi salah satu masalah yang umum dialami. Meski terkesan sepele, tapi kondisi ini juga bisa bikin tak percaya diri. Bagaimana ya cara mengatasi kaki pecah-pecah yang efektif?

Tak perlu sulit, sebenarnya cara untuk mengatasi masalah ini bisa dimulai dari kebiasaan sehari-hari, lho. Misalnya seperti cukup minum air putih.

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami masalah kulit pecah-pecah pada kaki, cari tahu yuk berbagai cara mengatasinya! 

Penyebab kaki pecah-pecah

Kulit kering adalah penyebab utama kulit kaki atau tumit yang pecah-pecah. Namun, hal itu bukan satu-satunya penyebab, lho. Hal-hal berikut ini mungkin dapat menjadi penyebab kulit pecah-pecah:

  • Berdiri dalam waktu lama, terutama di lantai yang keras
  • Berjalan tanpa alas kaki
  • Memiliki kapalan
  • Obesitas, yang meningkatkan tekanan pada tumit
  • Sepatu yang tidak sesuai

Cara mengatasi kaki pecah-pecah

Kulit kaki atau tumit yang pecah-pecah mungkin bukan penyakit yang serius. Akan tetapi, penyakit ini bisa menyebabkan masalah seperti perdarahan, rasa tidak nyaman, dan rasa sakit jika tidak ditangani dengan baik.

Berikut merupakan tips untuk mengatasi kulit pecah-pecah yang penting untuk kamu ketahui:

1. Menggunakan produk perawatan kulit yang lembut

Penting untuk menjaga tumit tetap bersih dan bebas dari infeksi, gunakan pembersih yang ringan untuk membantu menjaga kelembapan di kulit tumit.

Sabun dengan bahan kimia yang terlalu keras justru akan membuat kulit kaki atau tumit kamu semakin kering. Kemungkinan kulit menjadi pecah-pecah pun akan semakin besar.

Dengan menghindari produk yang mengandung pewangi, alkohol, retinoid, atau asam alfa dapat mencegah kulit kering.

2. Melembapkan kulit kaki

Gunakan pelembap yang baik setidaknya satu atau dua kali sehari. Pelembap perlu dioleskan ke kaki setiap hari, sekali pagi dan sekali malam sebelum tidur. Rutinitas ini akan membantu menjaga kelembapan di kulit kamu.

Konsistensi dalam produk yang kamu gunakan juga penting, lho. Lebih baik menggunakan pelembap dengan tipe losion atau krim yang akan membantu mencegah kulit tumit kamu pecah-pecah.

Jika produk losion atau krim tidak ampuh mengatasi kulit kaki atau tumit kamu yang pecah-pecah, produk seperti petroleum jelly bisa kamu coba. Produk berbasis minyak ini mencegah uap air menguap dari kulit paling terluar, yang berguna untuk melembapkan kulit.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Solusi Penanganan Terbaik

3. Mengenakan kaus kaki

Mengenakan kaus kaki katun dapat membantu mengurangi gesekan antara kulit kaki atau tumit kamu dengan sepatu. Ia juga dapat menyerap keringat, memungkinkan kulit untuk bernapas, dan membantu mencegah kulit mengering.

Setelah menggunakan pelembap kulit, kamu dapat menggunakan kaus kaki. Ini dapat menjaga kelembapan kulitmu lho.

Jangan abaikan kulit kaki atau tumit yang kering dan pecah-pecah, ya! Bisa saja kulit kamu dapat memiliki celah yang lebih dalam. Akibatnya, bakteri akan lebih mudah masuk dan meningkatkan risiko infeksi. Selalu utamakan kesehatan kaki, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
    register-docotr