Kulit & Perawatan Tubuh

Masker Spirulina: Manfaat dan Tips Cara Pakai yang Tepat

September 8, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Masker spirulina sangat bermanfaat bagi kulit wajah karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, lho! Nah, spirulina sendiri merupakan sejenis ganggang biru hijau yang tumbuh di air asin dan air tawar.

Tak hanya bisa dikonsumsi sebagai suplemen, spirulina juga sering dimanfaatkan untuk masker wajah. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak berikut penjelasan mengenai masker spirulina yang perlu diketahui.

Baca juga: Gagap pada Anak: Penyebab dan Solusi Penanganan yang Perlu Diketahui!

Apa itu masker spirulina?

Dilansir dari Medical News Today, spirulina adalah ganggang yang berwarna biru kehijauan yang mengandung nutrisi dan antioksidan. Jenis ganggang ini memiliki manfaat, diantaranya mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan energi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Spirulina dikenal juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan bahkan menurunkan kolesterol. Selain baik untuk kesehatan tubuh, spirulina telah dikembangkan sebagai masker pada wajah.

Masker wajah spirulina dapat digunakan secara topikal untuk merawat gangguan kulit dan melindungi kulit dari penuaan dini (anti aging) sehingga sudah semakin banyak digemari.

Manfaat masker spirulina

Manfaat masker wajah spirulina sudah terkenal cukup luas dan sangat serbaguna. Ya, masker satu ini diketahui dapat memperbaiki kondisi umum kulit dan memberikan keuntungan ekstra dimana wajah akan terlihat lebih bercahaya.

Tak hanya itu, jika kamu menggunakan masker ini secara rutin maka tidak perlu banyak riasan untuk memiliki tampilan terbaik. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa manfaat masker wajah spirulina yang perlu kamu ketahui.

Melindungi dari radikal bebas

Manfaat pertama dan paling penting dari penggunaan masker wajah ini adalah melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang kuat di dalam spirulina mampu menjaga kulit tetap sehat serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Spirulina mengandung tyrosine, vitamin E atau tocopherol dan selenium yang mana memiliki efek untuk melindungi kulit dari penuaan dini.

Dapat mendetoksifikasi kulit

Masker wajah spirulina dikenal dapat mendetoksifikasi kulit dengan cara mengeluarkan toxin dari tubuh. Spirulina juga meningkatkan metabolisme kulit, mempercepat regenerasi kulit dengan mempercepat eliminasi kulit mati dan mempercepat pertumbuhan kulit yang baru. Hal ini juga mencegah terbentuknya bekas jerawat.

Baca juga: Benarkah Menangis Bisa Bikin Kurus? Ini Fakta Lengkapnya!

Bagaimana cara pemakaian masker spirulina?

Cara pemakaian masker ini adalah dengan mencampurkan spirulina dengan air dan oleskan ke wajah. Biarkan masker pada wajah selama 20 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih. Cara ini dapat menghindarkan kamu dari penuaan dini ya.

Selain di jadikan masker, spirulina juga dapat di konsumsi sehari-hari ya. Bisa di campurkan ke dalam smoothies, salad atau sup. Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi spirulina dalam bentuk tablet sebagai suplemen harian ya.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2018), diakses pada 7 September 2020. What are the benefits of spirulina?
  2. Style Craze (2020), diakses pada 7 September 2020. Benefits Of Spirulina: 14 Major Reasons To Try This Superfood
    register-docotr