Kulit & Perawatan Tubuh

Wajib Tahu! Ini Manfaat Madu untuk Berbagai Masalah Wajah Kamu

May 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jika madu selama ini dikenal sebagai bahan makanan, ternyata ada manfaat madu untuk wajah, lho. Substansi yang dihasilkan oleh lebah ini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Biasanya madu dikonsumsi sebagai pemanis atau sebagai obat. Manfaat lain, madu juga bisa dioleskan langsung ke kulit wajah. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah manfaat madu untuk wajah yang mesti kamu tahu:

Khasiat madu untuk kulit berjerawat

Untuk kamu yang mengeluhkan kondisi wajah yang sering dihinggapi jerawat, mengoleskan madu mentah (raw honey), yang belum diproses lebih lanjut, bisa jadi salah satu solusi untuk masalah ini.

Madu jenis ini dapat membantu untuk menyeimbangkan bakteri yang ada di kulit kamu. Itu sebabnya madu mentah bisa menjadi produk yang tepat untuk digunakan menyelesaikan masalah jerawat.

Madu manuka, jenis madu dari Selandia Baru, dikatakan dermatolog Marnie Nussbaum, MD, dermatolog Rita Linker, MD, dan dermatolog Claire Chang, MD dari New York, Amerika Serikat, sebagai produk anti jerawat yang baik.

Ketiga dermatolog ini yakin, jenis madu ini unggul sebagai produk anti jerawat karena tingginya kandungan methylglyoxal di dalam manuka.

Baca juga: Berikut 9 Ciri-ciri Madu Asli dan Cara Mengetahuinya

Manfaat madu untuk kulit bermasalah autoimun

Psoriasis dan eksim merupakan jenis penyakit autoimun yang dapat diatasi dengan madu. Kedua penyakit ini menghasilkan ruam atau bintik merah pada kulit, salah satu areanya adalah wajah.

Kedua penyakit autoimun ini masih belum diketahui apa saja penyebab dan obatnya. Namun, beberapa perawatan dapat membuat penyakit ini tak aktif dan tidak menghasilkan ruam.

Untuk menggunakan madu sebagai perawatan, kamu harus pastikan madu yang digunakan masih mengandung bakteri yang sehat. Madu akan mengaktivasi sistem imun dan membantu mengatasi inflamasi, bintik merah dan keropeng yang timbul.

Cara pakainya dengan mengoleskan madu langsung ke wajah, ke titik yang luka atau keropeng. Cara lain dengan menjadikan madu sebagai masker wajah.

Kegunaan madu mempercepat penyembuhan luka

Salah satu keunggulan madu yakni mempercepat proses penyembuhan di kulit kamu. Jika kamu memiliki bekas luka karena eksim, madu dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Dikutip dari hasil riset peneliti Pauline McLoone dkk, ditemukan bukti bahwa madu memiliki kandungan mikroba yang dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Penelitan yang sama pun menyatakan jika madu manuka dapat membantu proses penyembuhan luka. Beberapa negara seperti Amerika Serikat telah menyetujui penggunaan madu di dalam pengobatan untuk penyembuhan luka.

Madu memberikan manfaat untuk kesegaran wajah

Setiap 30 hari atau lebih, kulit kamu secara alami akan melewati proses penggantian kulit. Dalam momen ini, kulit ari akan mengelupas dan membiarkan kulit baru untuk mengambil alih tempatnya.

Meskipun demikian, proses alami ini tidak selalu berjalan lancar. Terkadang kulit ari yang mati tidak langsung mengelupas, efeknya akan membuat kulit berkerut dan terkelupas, kering dan menyumbat pori-pori.

Kamu dapat membantu proses ini dengan pengelupasan kulit (exfoliation) yang menggunakan substansi atau alat yang dinamakan exfoliator. Exfoliator dapat hadir dalam berbagai wujud, salah satunya madu.

Madu mentah merupakan exfoliator yang alami, ini berarti mengoleskan madu ke wajah dapat menyingkirkan kulit kering dan kusam. Khasiat lain yakni membuat kulit ari baru untuk mengambil alih kulit ari yang mati.

Baca juga: Wajah Kusam Kembali Kinclong, 8 Cara Ini Kuncinya

Madu mencegah penuaan dini

Menurut hasil riset Bruno Burlando dan Laura Cornara, ditemukan fakta jika madu dapat meningkatkan penampilan kulit wajah.

Kedua peneliti tersebut menyebut jika madu dapat menghambat pembentukan kerut di wajah, menjadikan kulit terlihat lebih muda dan mencegah infeksi di kulit wajah yang dapat mempercepat penuaan.

Madu dapat dijadikan pengobatan kanker

Disarikan dari US National Library of Medicine, disebutkan fungsi madu untuk membantu dalam pengobatan kanker. Temuan kajian ini menyebut madu memiliki antiproliferatif, antikanker dan efek antimetastasis.

Kajian ini merupakan titik cerah bagi perawatan kanker yang berada di kulit wajah seperti basal cell carcinoma. Dengan demikian, madu dapat memberikan manfaat bagi wajah jika dijadikan alat mengobati kanker.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Byrdie.com (2020) diakses 20 Mei 2020. https://www.byrdie.com/manuka-honey-for-skin-4776793
  2. Ncbi.nlm.nih.gov (2020) diakses 20 Mei 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
  3. Healthline.com (2018) diakses 20 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/remove-dead-skin-from-face
  4. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2013) diakses 20 Mei 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24305429/
  5. Healthline (2018) diakses 20 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/psoriasis-vs-eczema-pictures
  6. Ncbi.nlm.nih.gov (2017) diakses 20 Mei 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5424551/
  7. Medicalnewstoday.com (2020) diakses 20 Mei 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/honey-for-skin
  8. Healthline.com (2019) diakses 20 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/honey-for-face
    register-docotr