Kulit & Perawatan Tubuh

10 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

September 16, 2020 | Putri Prima Soraya
feature image

Siapa yang tidak tahu manfaat dari buah pisang. Buah tropis ini dikenal banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Manfaatnya selain untuk perawatan wajah, bisa juga untuk masalah pencernaan. Uniknya, kali ini dibahas manfaat kulit pisang bagi kesehatan.

Baca Juga: 9 Manfaat Pisang, Mengobati Tukak Lambung hingga Risiko Stroke

Kandungan kulit pisang

Kulit pisang mengandung banyak vitamin B6 dan B12, serta magnesium dan kalium. Selain itu, juga mengandung beberapa serat dan protein. Menurut artikel jurnal pada 2011 di jurnal Applied Biochemistry and Biotechnology, kulit pisang juga memiliki berbagai senyawa bioaktif seperti polifenol, karotenoid, dan lainnya.

Hingga saat ini, ada 40 senyawa berbeda yang teridentifikasi dalam kulit pisang, seperti yang dilaporkan dalam studi pada Januari 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods.

Dilansir dari Ehow, kandungan kulit pisang terdiri dari berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

Air

Kadar air atau kelembapan kulit pisang sangat tergantung pada waktu panen dan tingkat kemantangannya.

Namun, secara umum kandungan air dalam kulit pisang adalah antara 6 sampai 8 persen dari berat kulit pisang itu sendiri.

Mineral

Kalium adalah mineral dengan konsentrasi tertinggi yang terdapat dalam kulit pisang. Jumlahnya sekitar 0,078 persen dari berat kulitnya. Kalium sendiri berfungsi untuk membantu mengatur cairan tubuh dan tekanan darah.

Mineral selanjutnya yang ada dalam kulit pisang adalah mangan. Meski jumlahnya sedikit lebih rendah, yaitu 0,076 persen dari berat kulit, mineral ini dapat membantu pembentukan tulang dan tulang rawan.

Sisanya, ada kalsium sebanyak 0,019 persen, natrium 0,024 persen, dan zat besi 0,00061 persen.

Karbon

Saat dipanaskan, kandungan organik yang terdapat dalam kulit pisang akan terurai menjadi gas karbon dan mengubahnya menjadi arang pisang.

Di Uganda, kulit pisang yang dijadikan arang ini, dipakai untuk menggantikan persediaan kayu yang semakin menipis sebagai bahan bakar memasak.

Pektin

Meski jumlahnya cukup sedikit, kandungan pektin dalam kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk agen pembentuk gel yang digunakan dalam produksi selai dan kembang gula.

Anti-Nutrisi

Anti nutrisi adalah zat yang beracun bagi manusia dan hewan. Beberapa zat anti nutrisi yang terdapat dalam kulit pisang adalah hidrogen sianida, oksalat, dan saponin.

Konsentrasi hidrogen sianida dalam kulit pisang adalah sebesar 0,0013 persen dari berat total kulitnya. Angka ini bisa dikatakan rendah dan terbilang masih dalam batas aman.

Oksalat yang bisa menyebabkan penyakit ginjal, juga berada pada tingkat aman yang rendah yaitu 0,00051 persen. Sedangkan saponin memiliki konsentrasi 24 persen yang terbilang tinggi dan berbahaya.

Senyawa ini dapat menyebabkan kelumpuhan sistem sensorik dan menghambat pertumbuhan pada babi dan unggas. Sehingga kandungan saponin harus dihilangkan jika kulitnya ditujukan untuk pakan ternak.

Tanin

Kulit pisang kering memiliki kandungan tanin 30 hingga 40 persen. Zat ini digunakan untuk merawat dan menghitamkan kulit.

Itulah mengapa kulit pisang banyak dipakai untuk menggosok permukaan kulit sepatu agar hitam mengilap.

Manfaat kulit pisang

Tahukah kamu, kalau kulit pisang bisa dimakan? Ya, kamu tidak salah baca, kulit pisang bisa dimakan, bahkan di beberapa negara seperti India, memakan kulit pisang adalah hal yang umum. Kulit pisang justru punya beragam kandungan yang baik untuk tubuh.

Mungkin kamu tidak tahu kalau selain buahnya, ada banyak sekali manfaat kulit pisang, baik itu untuk kulit atau juga untuk kesehatan yang lainnya seperti berikut:

1. Merawat kesehatan rambut

Manfaat kulit pisang yang pertama adalah dapat membuat rambut lebih sehat. Menggunakan kulit pisang sebagai masker rambut adalah pilihan terbaik untuk membuat rambut kamu lebih lembut dan berkilau.

Hal ini karena kulit pisang kaya akan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas untuk menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

2. Menghilangkan noda plak pada gigi

Masalah yang kerap dihadapi perokok dan juga pecinta kopi adalah plak yang menempel di gigi yang membuat gigi menguning. Kadar kalium, magnesium, dan mangan yang tinggi pada pisang dipercaya dapat membantu menghilangkan noda pada gigi.

Cara menggunakannya, kamu cukup gosok gigi dengan bagian dalam kulitnya selama kurang lebih dua menit. Setelah pemakaian 2 minggu, noda plak akan memudar dan gigi terlihat lebih putih.

3. Manfaat kulit pisang untuk mengobati luka

Manfaat kulit pisang lainnya adalah bisa kamu jadikan obat untuk pertolongan pertama saat luka. Hal ini karena kulit pisang mengandung antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi yang dapat mengobati luka dan mencegah terjadinya infeksi.

Ketika luka, cobalah untuk menggosok-gosokan kulit pisang pada bagian yang luka secara perlahan selama beberapa menit.

4. Mengatasi sakit kepala

Jika kamu sering mengalami sakit kepala, cobalah atasi dengan menggunakan kulit pisang. Caranya, masukkan kulit pisang ke dalam kulkas hingga dingin. Setelah dingin, tempelkan pada bagian dahi dan bagian belakang leher selama 15 menit.

5. Melancarkan buang air besar

Kulit pisang kaya akan serat yang baik untuk kamu yang punya masalah buang air besar tidak teratur. 

Kamu bisa mengeruk bagian dalam dari kulit pisang dan membuatnya jadi jus.

6. Menghilangkan kutil

Manfaat kulit pisang juga bisa membantu menghilangkan kutil atau juga bakal kutil yang ingin tumbuh. Caranya, kamu cukup tempelkan kulit pisang di area kutil, tutup selama semalaman. 

7. Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah, kulit kering, menebal, bersisik, dan mudah terkelupas.

Jika kamu mengalami psoriasis, cobalah untuk mengobatinya dengan kulit pisang. Kamu cukup menggosokkan kulit pisang pada bagian yang kulit yang mengalami psoriasis.

Untuk pemakaian pertama kali, kulit kamu mungkin akan mengalami kemerahan, tapi kamu tidak usah khawatir karena ini akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Ssttt… Ini Cara Membuat Kolak Pisang Sehat, Kamu Pasti Suka

8. Melindungi mata dari UV

Selain tidak baik untuk kulit, sinar UV juga tidak baik untuk mata, kulit pisang membantu melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Caranya sederhana, letakkan kulit pisang yang telah dijemur di bawah sinar matahari pada area mata kamu. 

9. Antidepresan

Kulit pisang mempunyai asam amino yang dapat memicu hormon peningkat mood penting yang dikenal sebagai serotonin. Serotonin bertugas untuk menyeimbangkan perasaan.

Dalam hal ini, cobalah untuk membuat jus kulit pisang ketika suasana hati kamu sedang tidak baik.

10. Manfaat kulit pisang untuk mengobati gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk membuat kita merasa gatal dan bentol. Kamu bisa mengatasi rasa gatal dan bentol dari gigitan nyamuk dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian yang digigit nyamuk dalam waktu singkat kamu tidak akan merasa gatal lagi.

Manfaat kulit pisang untuk wajah

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk perawatan wajah agar menjadi lembap, dan terlihat lebih muda. Beberapa manfaat kulit pisang untuk wajah sendiri adalah sebagai berikut:

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang mengalami kerutan

Seiring dengan bertambahnya usia, secara alami wajah mengalami penurunan jumlah kolagen yang membuat kulit menjadi kendur, dan berkeriput.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan kandungan silika yang ada dalam kulit pisang dengan menjadikannya sebagai masker.

Caranya campurkan kulit pisang yang telah dihandurkan dengan kuning telur, oleskan pada wajah selama 5 menit, lalu basuh dengan air hangat sampai bersih.

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang berjerawat

Manfaat kulit pisang yang satu ini pasti banyak yang ingin mencoba, terutama jika kamu punya masalah dengan jerawat. Kandungan vitamin B, C, B6, zat besi dan kalium yang ada dalam kulit pisang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.

Selain itu juga, antioksidan dalam kulit pisang juga bisa mengendalikan kadar minyak pada wajah.

Untuk merasakan manfaatnya, cobalah memijat area wajah yang terdapat jerawat dengan kulit pisang selama 5 menit setiap hari. Seminggu kemudian kamu akan melihat perubahan signifikan pada kulit wajah yang menjadi bebas jerawat.

Untuk merasakan manfaat kulit pisang, sebaiknya kamu menggunakan pisang organik yang bebas kandungan pestisida.

Rasa kulit pisang juga berbeda dari dagingnya, untuk mengolahnya, kamu bisa menjadikannya jus. Jangan mengolahnya dengan cara digoreng karena hal itu dapat meningkatkan kadar lemak jenuh.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Livescience (2017). Diakses pada 22 Agustus 2020. Bananas: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts

Healthline (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. 23 Uses of Banana Peels for Skin Care, Hair Health, First Aid, and More

Health Benefit Times (n.d). Diakses pada 22 Agustus 2020. Health benefits of Banana Peels

Live Strong (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. Yes, Banana Peels Are Edible — Here’s Why (and How) You Should Eat Them

Stylecraze (2019). Diakses pada 22 Agustus 2020. 10 Amazing Benefits Of Banana Peels

Components of a Banana Peel, https://www.ehow.com/info_10033568_components-banana-peel.html diakses pada 15 September 2020

10 Amazing Benefits Of Banana Peels https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-banana-peels/ diakses pada 15 September 2020

    register-docotr