Kulit & Perawatan Tubuh

Sering Disepelekan, Ternyata Memakai Krim Mata Itu Penting!

July 8, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Kesehatan kulit di sekitar mata sering dilupakan oleh sebagian orang. Tak hanya mata saja yang menjadi organ penting, tetapi kulit di sekitar mata juga perlu dijaga penampilannya. Salah satunya kamu bisa merawatnya dengan krim mata loh. Yuk simak deretan manfaat krim mata. 

Baca Juga: Memahami Sindrom Whiplash, Catat Ini Bukan Nyeri Leher Biasa!

Apa itu krim mata?

Jika kamu lebih peka, sebenarnya area kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis, hal tersebut yang menyebabkan perawatan yang dilakukan tentu akan berbeda dengan kulit pada bagian lainnya. Biasanya kamu harus menggunakan krim khusus untuk mata. 

Sebab kulit di sekitar mata lebih tipis, hal tersebut membuat kulit akan rentan terhadap kekeringan, kelelahan, dan juga kamu bisa mengalami penuaan kulit sejak dini. 

Ketika kamu mengalami kulit kering di sekitar bagian mata tentu saja hal tersebut harus mendapatkan perawatan yang tepat. Apalagi saat bertambah usia, kamu mulai mengalami tanda-tanda penuaan seperti timbulnya kerutan kecil. 

Tak hanya itu saja, faktor lainnya seperti rokok dan sinar matahari juga menjadi salah satu faktor kamu mengalami penuaan sejak dini yaitu kerutan pada sekitar mata. 

Kerutan tersebut bisa timbul lebih cepat karena beberapa faktor, bisa karena terpapar sinar matahari dan menurunnya produksi kolagen karena bertambahnya usia seseorang. Tetapi bisa juga karena kebiasaan kamu menyipitkan mata atau tersenyum. 

Manfaat krim mata 

Demi menjaga kulit di sekitar mata tetap sehat tentu tidak boleh memakai sembarang pelembap. Berikut ini beberapa manfaat krim mata yang akan kamu rasakan jika rutin menggunakannya.

1. Mengurangi tanda penuaan dini 

Seiring bertambahnya usia atau karena polusi udara, kulit mulai menampilkan beberapa tanda penuaan seperti garis-garis halus, keriput, dan lingkatan hitam di bawah mata. Manfaat krim mata ini berfungsi untuk menunda penuaan kulit di sekitar mata. 

Selain itu juga sangat dianjurkan untuk melakukan pemijatan secara lembut agar manfaat krim mata semakin maksimal dirasakan. Hal tersebut berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah di sekitar kulit pada bagian mata. Apalagi kamu yang suka mengalami bengkak pada mata, cara ini sangat efektif.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat krim mata yang maksimal, pastikan kamu memakainya secara rutin setiap hari.

Apalagi ketika kamu melakukan kegiatan di luar dan harus terpapar matahari secara langsung. Hal ini mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan juga polusi loh. 

2. Manfaat krim mata untuk melembapkan kulit 

Perlu kamu ketahui bahwa kandungan minyak yang ada dalam krim mata sangat membantu kulit di sekitar mata lebih lembap dan halus. Formula yang ada pada krim mata memang berbeda dengan pelembap wajah biasa. 

Selain itu, kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis, sehingga perlu lebih banyak hidrasi. Jadi manfaat krim mata ini untuk memberikan hidrasi lebih karena memiliki tekstur ringan dan cepat menyerap. 

Tentu dengan tekstur yang seperti itu, lebih memudahkan kamu apalagi para wanita ketika ingin memakai make-up di wajah. 

3. Manfaat krim mata untuk mengurangi kerutan

Memiliki kandungan vitamin E yang tinggi maka manfaat krim mata ampuh mengurangi kerutan atau garis-garis halus tanda penuaan.

Cara pemakaian krim mata yang benar dengan mengoleskan krim di ujung jari, lalu buat 3 titik di bawah mata dan pijat secara lembut. Agar hasil lebih maksimal sebaiknya gunakan setiap pagi dan malam hari ya. 

4. Menghilangkan lingkaran hitam

Bagi kamu penderita insomnia, sering mengalami stres, apalagi sering terpapar sinar matahari tentu saja hal ini menyebabkan lingkaran hitam pada kulit sekitar mata. Manfaat krim mata ini sangat berperan penting untuk membantu kamu menghilangkan lingkaran hitam tersebut. 

Kandungan niacinemide yang memiliki zat-zat aktif seperti bunga mawar (rose), ginseng, green tea mampu mencerahkan kulit di sekitar mata yang mulai menghitam tersebut. 

Tak hanya itu saja, manfaat krim mata yang mengandung niacinemide ini juga mampu melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. 

5. Manfaat krim mata untuk melindungi kulit di sekitar mata

Perlu kamu ketahui bahwa nutrisi pada krim mata yang diserap kulit di sekitar mata, ampuh memberikan proteksi kulit di area mata. Tentu saja hal tersebut bertujuan untuk mencegah penuaan dini. 

Tak hanya itu saja, ketika kamu rutin menggunakan krim mata hal tersebut dapat memberi efek antiaging dan juga antioksidan yang mampu melindungi mata dari radikal bebas.

Baca juga: Sering Muncul Benjolan Pada Mata? Yuk, Ketahui Penyebab Bintitan Secara Umum

Kandungan krim mata 

Dilansir dari Healthline, pada umumnya beberapa kandungan dalam krim mata meliputi humektan, air, emolien, retinol, dan niacinamide atau vitamin B3. Apa saja fungsi kandungan-kandungan tersebut untuk mata?

1. Air

Kandungan paling banyak dalam sebuah pelembap memang air. Sama halnya dengan krim mata yang mengandung air, tentu lebih mudah diaplikasikan dan cenderung tidak meninggalkan residu setelah pemakaian. 

2. Emolien

Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kulit di sekitar mata kamu tetap terjaga kelembapannya dan menghidrasi dengan baik.

3. Humektan

Kandungan ini berfungsi membantu kulit dalam menyerap dan mempertahankan kelembapan.

4. Retinol

Bagi kamu yang ingin menghindari penuaan dini atau menghindari adanya kerutan halus pada sekitar mata, sebaiknya pastikan krim mata yang kamu pilih mengandung retinol. Fungsinya untuk mengatasi tanda penuaan kulit. 

5. Niacinamide

Jenis kandungan yang satu ini biasa juga dikenal dengan vitamin B3. Fungsinya untuk mengatasi masalah pada mata serta terjadinya penuaan pada kulit. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2013) diakses 1 Juli 2020. Do You Really Need Eye Cream?
  2. Healthline.com (2019) diakses 1 Juli 2020. Let’s Finally Settle the Great Eye Cream Debate
  3. Allure.com (2013) diakses 1 Juli 2020. Why You Need an Eye Cream—And How to Shop for One

 

    register-docotr