Kulit & Perawatan Tubuh

8 Manfaat Jojoba Oil untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

November 5, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jojoba oil adalah minyak yang terbuat dari tanaman jojoba. Tanaman yang tumbuh subur di kawasan Amerika Utara ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam banyak produk kosmetik. Bukan tanpa sebab, ada banyak manfaat jojoba oil yang berguna untuk kulit.

Tak hanya kulit, minyak jojoba juga dapat menjaga kesehatan rambut. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari minyak jojoba? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Beragam manfaat jojoba oil

Ada banyak manfaat jojoba oil yang bisa kamu dapatkan, mulai dari membantu menjaga kelembapan kulit, menghilangkan bekas luka, hingga mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Berikut khasiat minyak jojoba untuk kulit dan rambut:

1. Pelembap alami

Manfaat jojoba oil yang pertama adalah mampu menjadi pelembap alami untuk kulit. Minyak jojoba terbuat dari bahan humektan, bekerja dengan memberikan perlindungan pada kulit untuk menjaga tingkat kelembapannya.

Minyak ini bisa membantu mencegah munculnya infeksi bakteri pemicu jerawat. Jika digunakan pada kulit kepala, jojoba oil juga dapat meminimalkan pembentukan ketombe.

2. Mengontrol produksi minyak

Manfaat jojoba oil yang kedua adalah mampu membantu mengontrol produksi minyak di wajah.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, jojoba oil dapat mengatur produksi sebum, karena konsentrasi minyaknya hampir mirip dengan yang dimiliki oleh tubuh.

Saat kamu mengoleskan minyak jojoba ke kulit, ini akan menjadikannya lembap, sehingga folikel yang ada di lapisan bagian dermis tidak membutuhkan sebum tambahan untuk tetap terhidrasi.

Kadar sebum yang terkontrol akan membantu mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen adalah protein alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Jika kadarnya berkurang, kulit akan cepat mengendur dan terlihat kusam. Kadar kolagen sendiri akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Tak perlu khawatir, kamu bisa mencegah kondisi tersebut dengan rutin menggunakan minyak jojoba. Senyawa antioksidan yang terkandung pada jojoba oil dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, sehingga kadarnya di kulit akan tetap terjaga.

4. Membantu mengatasi jerawat

Tak hanya mencegah, minyak jojoba juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat mengganggu, lho. Manfaat jojoba oil yang satu ini tak lepas dari senyawa bersifat antimikroba yang dimiliki.

Sebuah uji klinis menunjukkan fakta bahwa agen antiinflamasi pada minyak jojoba tidak hanya bisa melembapkan, tapi juga menenangkan dan meredakan peradangan di kulit. Seperti diketahui, jerawat adalah salah satu bentuk peradangan yang terjadi di kulit.

Baca juga: Sering Bikin Minder, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

5. Memperlambat tanda penuaan

Menua adalah sesuatu yang pasti dialami oleh setiap orang, namun kamu dapat mencegah tanda-tandanya. Penuaan ditandai oleh munculnya garis halus dan kerutan di sekitar mata. Stres oksidatif disebut-sebut menjadi pemicu utama dari kondisi ini.

Menurut sebuah penelitian pada 2015, minyak jojoba mengandung senyawa antioksidan yang mampu meningkatkan elastisitas kulit, berkontribusi dalam memperlambat tanda-tanda penuaan.

6. Menghilangkan bekas luka

Luka di kulit rentan meninggalkan bekas meski telah sembuh. Tentu saja, ini akan mengganggu penampilanmu dan menurunkan rasa percaya diri. Kamu bisa menggunakan jojoba oil untuk mengatasinya.

Menurut sebuah studi pada 2016, kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak jojoba dapat membantu mengatasi jaringan parut yang terbentuk akibat luka. Jaringan parut inilah yang bertanggung jawab atas munculnya bekas dari sebuah luka.

7. Mencegah kerusakan kulit

Bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, sengatan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan luar kulit. Minyak jojoba dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Ini tak lepas dari kombinasi dari vitamin E dan senyawa antioksidan yang dimiliki.

Dengan kandungan itu, jojoba oil tak hanya berfungsi sebagai pencegahan, tapi juga meredakan gejala seperti kulit terbakar. Sering terpapar sinar matahari bisa membuat kulit cepat mengelupas.

Tak heran, banyak produsen tabir surya menggunakan minyak ini sebagai komponen utama pada produknya.

8. Mendukung pertumbuhan rambut

Manfaat jojoba oil yang lain adalah bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Ini tak lepas dari kandungan vitamin E yang dimiliki. Minyak jojoba bisa masuk hingga ke lapisan kulit di mana folikel dan akar rambut berada.

Tak hanya itu, jojoba oil juga dipercaya dapat memberikan perlindungan tambahan pada rambut kering dan bercabang. Cukup tambahkan minyak jojoba pada kondisionermu untuk mendapatkan rambut yang lembut dan bebas kusut.

Nah, itulah delapan manfaat minyak jojoba untuk kesehatan kulit dan rambut yang perlu kamu tahu. Untuk mendapat khasiatnya secara maksimal, gunakan minyak jojoba sebagai perawatan rutin, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 20 Oktober 2020, 13 Reasons to Add Jojoba Oil to Your Skin Care Routine.
  2. Stylecraze, diakses 20 Oktober 2020, Jojoba Oil: Research-Based Benefits For Skin And Hair.
  3. Karger Journal, diakses 20 Oktober 2020, Clay Jojoba Oil Facial Mask for Lesioned Skin and Mild Acne – Results of a Prospective, Observational Pilot Study.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 20 Oktober 2020, Human synthetic sebum formulation and stability under conditions of use and storage.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 20 Oktober 2020, Anti-Aging Potential of Phytoextract Loaded-Pharmaceutical Creams for Human Skin Cell Longetivity.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 20 Oktober 2020, The Role of Topical Vitamin E in Scar Management: A Systematic Review.

    register-docotr