Kulit & Perawatan Tubuh

Kulit Kaki Pecah-Pecah? Ketahui 9 Cara Alami untuk Mengatasinya

August 8, 2020 | Anisya Fitrianti
feature image

Apakah kamu memiliki kulit kaki pecah-pecah? Ketika mengalami kaki pecah-pecah, kulit kaki biasanya menjadi lebih tebal dan kering daripada bagian kulit lainnya. Kondisi ini tentunya mengganggu penampilan serta menimbulkan rasa sakit.

Kulit kaki yang pecah bisa terjadi pada semua kalangan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Nah, untuk menangani kulit kaki pecah, kamu bisa mencoba beberapa perawatan alami di rumah seperti berikut ini! 

Baca juga: 6 Manfaat Rajin Menempelkan Kaki ke Dinding untuk Kesehatan

Cara alami atasi kaki pecah-pecah

1. Rendam dan lakukan eksfoliasi

Cara pertama yang perlu kamu coba untuk menangani kulit kaki yang pecah adalah dengan merendamnya. Siapkan air dengan suhu yang agak hangat dan campurkan dengan sabun, kemudian biarkan kaki terendam selama 20 menit.

Gunakan penggosok kaki atau batu apung untuk menghilangkan bagian kulit yang keras. Setelah itu, keringkan kaki dengan cara ditepuk-tepuk. Jangan lupa untuk oleskan pelembab tebal di area kaki yang pecah.

Kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengunci kelembaban. Saat kaki sudah kering, hindari menggosok kaki ya karena hal ini dapat meningkatkan risiko kulit menjadi rusak.

2. Pastikan gunakan pelembab setiap hari

Menggunakan pelembab di area kaki secara rutin dapat mengobati kulit kaki pecah. Pelembab perlu dioleskan ke kaki setiap hari, pada pagi hari serta malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, kulit akan terjaga kelembabannya, menjadi lebih lembut serta terlepas dari sel-sel kulit mati. 

Beberapa produk pelembab kaki mungkin memberikan efek iritasi dan hal ini cukup normal. Namun bila pelembab menyebabkan reaksi parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Kamu mungkin perlu pelembab khusus yang diresepkan oleh dokter.

3. Minum cukup air

Minum cukup air dapat menjaga kulit terhidrasi sepanjang hari lho. Hal ini membantu mencegah atau menenangkan kulit kering dan pecah-pecah. Untuk itu, pastikan kamu selalu menjaga asupan cairan dalam tubuh ya. 

4. Gunakan perban cair

Cara lain untuk mengatasi kaki yang pecah adalah dengan menggunakan perban cair. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko obat. Bila kamu memiliki kaki pecah yang disertai perdarahan, perban cair sangat cocok digunakan karena tetap bisa bebas bergerak aktif. 

Perban cair memiliki banyak fungsi untuk merawat kaki yang pecah. Mulai dari memberikan lapisan pelindung di atas kulit yang retak, membantu mengurangi rasa sakit, menghentikan kotoran dan kuman memasuki luka, dan membantu penyembuhan lebih cepat.

5. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang sering direkomendasikan untuk kondisi kulit kering, eksim, atau pun psoriasis. Minyak yang satu ini dapat membantumu mempertahankan kelembaban kulit. Oleskan minyak kelapa setelah merendam kaki agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

6. Oleskan madu

Madu dapat bekerja sebagai obat alami untuk kaki yang pecah-pecah. Berdasarkan penelitian, madu diketahui memiliki sifat antimikroba dan antibakteri.

Selain itu penelitian menunjukkan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta melembabkan kulit. Kamu bisa mengoleskannya sebagai scrub atau masker pada kaki.

7. Menggunakan batu apung 

Menggosok batu apung dengan lembut pada tumit setelah menggunakan pelembab dapat membantu mengurangi kulit keras dan kapalan. Namun bagi orang dengan kondisi diabetes atau neuropati dilarang menggunakan batu apung dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 

8. Kenakan kaus kaki katun

Kaus kaki berbahan katun paling tepat digunakan setelah mengoleskan petroleum jelly di area kulit yang pecah. Setelah itu, kamu bisa tidur sambil mengenakan kaus kaki yang 100 persen terbuat dari katun.

Perawatan ini akan membantu kamu dalam menjaga kelembaban kulit, membuat kulit di area kaki khususnya tumit rileks, serta mencegah timbulnya noda pada sprei. 

9. Pakai alas kaki tertutup

Tahukah kamu kalau sendal atau sepatu dengan punggung terbuka dapat menyebabkan kaki pecah-pecah? Kondisi tersebut bisa semakin parah bila kamu sudah memiliki kondisi kulit kaki yang kering.

Selain memilih alas kaki tertutup, kamu juga perlu mengenakan kaus kaki ya agar kulit terlindungi dengan baik. 

Itu dia beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk merawat kulit kaki yang pecah. Bila kondisi kulit kering bertambah parah, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
    register-docotr