Kulit & Perawatan Tubuh

Mengenal Ciri-Ciri Kosmetik Kadaluarsa dan Bahayanya Bagi Kesehatan

July 8, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Memantau tanggal kadaluarsa dari setiap produk kosmetik yang kamu gunakan hukumnya sangat penting. Selain kualitas yang menurun, menggunakan kosmetik yang kadaluarsa juga bisa sebabkan dampak negatif pada wajah.

Untuk mengetahui ciri-ciri kosmetik kadaluarsa dan apa bahayanya pada wajah, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Ciri-ciri kosmetik kadaluarsa dan bahayanya

Setiap produk kosmetik punya masa penggunaan yang berbeda-beda, begitupun risiko yang dibawanya. Berikut ulasannya satu per satu:

1. Maskara

Ciri-ciri maskara kadaluarsa

Masa penyimpanan maskara yang baik adalah 3 bulan setelah kemasannya dibuka. Setelah melewati periode tersebut kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Salah satu ciri maskara yang sudah harus dibuang adalah kondisi yang mengering. Jangan mencoba untuk menambahkan air apalagi ludah karena justru bisa berpotensi ditumbuhi bakteri.

Bahaya penggunaan maskara kadaluarsa

Maskara yang berbentuk cair berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri. Apalagi maskara kerap digunakan dengan cara diaplikasikan ke mata, lalu dimasukkan kembali.

Aplikator maskara bisa menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang. Semua faktor tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata jika kamu tetap menggunakannya.

2. Lipstik dan produk kosmetik bibir lainnya

Ciri-ciri kosmetik bibir kadaluarsa

Untuk jenis lipstik jangan gunakan lagi jika sudah muncul jamur pada produknya. Ciri lipstikyang sudah kadaluarsa adalah bentuknya yang keras dan rapuh hingga berjamur.

Sementara itu untuk produk liquid lipstick meskipun tanggal kadaluarsanya masih lama sebaiknya hentikan pemakaian jika produk sudah menimbulkan bau aneh dan terjadi perubahan warna.

Masa penyimpanan untuk lipstik antara 8-24 bulan, sedangkan untuk lipgloss antara 12-18 bulan setelah kemasan dibuka.

Bahaya penggunaan lipstik kadaluarsa

Penggunaan produk kosmetik bibir yang kadaluarsa bisa menyebabkan cold sores atau luka pada bibir.

Selain itu produk liquid lipstick juga berpotensi jadi tempat pertumbuhan bakteri layaknya maskara.

3. Foundation

Ciri-ciri foundation kadaluarsa

Tanda foundation yang sudah melewati masa kadaluarsa adalah teksturnya berubah menjadi lebih berair, menggumpal, atau terasa bergelombang saat diaplikasikan.

Produk liquid foundation biasanya bisa bertahan selama 6 sampai 2 bulan. Namun jika kamu sudah menemukan ciri di atas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Bahaya penggunaan foundation kadaluarsa

Dilansir Everyday Health, foundation kadaluarsa berpotensi mengandung bakteri staphylococcus dan streptococcus, keduanya diketahui berpotensi menyebabkan infeksi serius.

Streptococcus misalnya, ia mampu memecah lapisan superfisial kulit lalu masuk ke jaringan lunak dan darah. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa termasuk syok toksik dan necrotizing fasciitis.

4. Bedak wajah dan produk serupa

Ciri-ciri bedak kadaluarsa

Bedak tabur memiliki daya penyimpanan yang cukup lama. Antara 1-2 tahun. Hal ini juga berlaku pada kosmetik lain yang berbentuk bubuk seperti blush dan eyeshadow.

Dilansir Bustle, produk blush atau eyeshadow bubuk yang kadaluarsa teksturnya menjadi lebih keras dan sulit diaplikasikan.

Bahaya penggunaan kosmetik powder kadaluarsa

Selama produk bubuk seperti bedak, blush, atau eyeshadow belum mengandung air, minyak, atau lembap, ternyata masih relatif aman digunakan.

Produk berbentuk powder yang kering menjadi sulit bagi bakteri untuk berkembang. Lebih sedikit bakteri berarti lebih sedikit risiko kesehatan. 

Yang perlu kamu perhatikan adalah aplikator produknya. Pastikan kamu membersihkan kuas atau spons make up secara rutin.

5. Produk kosmetik krim

Ciri-ciri kosmetik krim kadaluarsa

Dilansir Healthline, masa kadaluarsa produk berbentuk krim adalah 2 hingga 18 bulan. Kamu harus memperhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan produk.

Jangan menggunakan produk krim yang sudah melewati tanggal kadaluarsa terutama produk skin care seperti krim jerawat.

Bahaya penggunaan kosmetik krim kadaluarsa

Selain efektivitas produk berkurang, produk krim juga berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman.

Jika tetap digunakan justru bisa menyebabkan gangguan kulit mulai dari alergi, iritasi, hingga ruam.

6. Eyeliner

Ciri-ciri eyeliner kadaluarsa

Eyeliner sendiri punya banyak jenisnya, mulai dari pensil, powder, cair, hingga gel. Untuk produk berbentuk powder dan pensil bisa bertahan lebih lama hampir 1 tahun.

Sementara produk gel hanya boleh digunakan 2 bulan setelah kemasan dibuka, dan produk liquid hanya boleh digunakan maksimal 3-4 bulan. 

Bahaya penggunaan eyeliner kadaluarsa

Sama seperti maskara, eyeliner terutama yang bertekstur basah atau lembap juga berpotensi jadi tempat tumbuhnya bakteri dan bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Byrdie. Diakses pada 3 Juli 2020. What You Really Need to Know About Makeup Expiration Dates

Bustle. Diakses pada 3 Juli 2020. This Is What Will Actually Happen If You Use Expired Makeup

Everyday Health. Diakses pada 3 Juli 2020. When It’s Time to Toss Your Beauty Products

Healthline. Diakses pada 3 Juli 2020. When Does Makeup Expire?

    register-docotr