Kulit & Perawatan Tubuh

Wajib Tahu, Ternyata Ini Perbedaan Komedo Hitam dan Putih

August 12, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang selain jerawat, yaitu timbulnya komedo. Bahkan jenis komedo pun ada dua, yakni komedo hitam dan komedo putih. Lalu apa perbedaan antara komedo hitam dan komedo putih?

Baca Juga: Jenis-jenis Jerawat yang Muncul di Wajah, Sudah Tahukah Kamu?

Apa itu komedo? 

Dilansir dari Healthline, komedo adalah benjolan kecil yang muncul di kulit karena folikel rambut tersumbat. 

Benjolan ini disebut komedo karena permukaannya terlihat gelap atau hitam. Komedo adalah jenis jerawat ringan yang biasanya terbentuk di wajah, namun bisa juga muncul di bagian tubuh berikut:

  • Dada
  • Leher
  • Bahu

Namun ada perbedaan antara jerawat dan komedo, yaitu dilihat dari proses pembentukannya. Jika jerawat akan muncul terjadinya terinfeksi bakteri sehingga menyumbat pori-pori cukup dalam. 

Sedangkan jika yang muncul komedo biasanya disebabkan karena pori-pori hanya tersumbat, bukan adanya bakteri, dan biasanya tidak terjadi pembengkakan.

Baca juga: 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Komedo secara Alami

Apa bedanya komedo hitam dan komedo putih?

Sama seperti jerawat, komedo juga memiliki dua jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih. Lalu apa perbedaan antara komedo hitam dan komedo putih? Berikut ini penjelasan selengkapnya melansir dari Healthline.

1. Komedo hitam 

Komedo hitam atau blackheads akan tampak seperti titik hitam yang warnanya akan jelas terlihat pada bagian kulit. Komedo jenis ini yang pada umumnya sangat mengganggu penampilan. 

Komedo adalah benjolan berwarna kulit yang terbentuk saat kamu memiliki jerawat. Dalam kasus komedo hitam, jenis ini biasanya terdiri dari folikel di bawah kulit dengan lubang atau pori-pori yang sangat besar.

Saat kamu memiliki komedo, pori-pori besar ini tersumbat oleh zat yang dikenal sebagai sebum. Reaksi kimiawi dengan sebum terjadi di bawah kulit. 

Perlu kamu ketahui bahwa komedo jenis ini berwarna hitam karena sebum yang mengandung unsur melanin.  Unsur tersebut adalah pigmen sama yang berpengaruh pada warna kulit, rambut dan mata.

Hal tersebut terjadi karena komedo hitam keluar dari permukaan kulit, maka komedo ini mengalami oksidasi langsung dengan udara hingga warnanya menghitam.

Ketika muncul komedo hitam pada kulitmu, sebaiknya lebih berhati-hati karena biasanya komedo jenis ini lebih susah untuk dikeluarkan.  Hal itu disebabkan karena bentuknya lebih keras dan tampak lebih menempel pada kulit.

Memiliki banyak komedo berwarna hitam memang tidak terasa nyaman, apalagi jenis ini memiliki tekstur yang kasar dan cenderung lebih terasa timbul pada kulit.

Faktor genetik memang menjadi hal utama munculnya komedo hitam pada sebagian orang, namun tak perlu khwawatir karena kamu bisa mencegahnya. 

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan gunakan make-up yang memiliki kandungan bebas minyak dan pembersih wajah yang benar-benar mengangkat minyak dari wajah. 

Selanjutnya mulailah untuk rutin menggunakan masker berbahan dasar clay, karena sudah terbukti ampuh untuk mencegah datangnya komedo hitam. 

Agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan satu atau dua minggu sekali untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah.

2. Komedo putih 

Komedo putih disebut juga sebagai whitehead. Melansir penjelasan dari Healthline, folikel di bawah kulitmu dipenuhi oleh bakteri dan memiliki lubang yang sangat kecil di bagian atas kulit. 

Udara tidak bisa masuk ke folikel dan bakteri di dalamnya tidak mengalami reaksi kimia, sehingga warnanya tetap putih. Jenis komedo ini juga biasanya sering ditemukan pada bagian punggung, bahu, dan wajah.

Jenis komedo putih bisa terjadi pada siapa saja, hal itu disebabkan karena muncul atau tidaknya komedo putih disebabkan pola hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Ada beberapa faktor yang memicu seseorang mengalami komedo putih, contohnya seperti pemilik kulit berminyak, dan terpapar bahan kimia dari kosmetik yang digunakan. 

Faktor lainnya bisa juga karena pecahnya folikel rambut yang disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan, dan melakukan peeling dengan bahan kimia.

Walaupun komedo putih termasuk kondisi yang cukup ringan, namun kamu tidak boleh menyepelekannya karena dapat menyebabkan komplikasi pada kesehatan kulit. 

Komplikasi pada kulit seperti iritasi dan infeksi yang memicu munculnya jaringan parut atau bintik-bintik hitam pada kulit wajah. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar komedo hitam dan komedo putih atau kesehatan kulit lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses 9 Agustus 2020. Blackheads
  2. Healthline.com (2016) diakses 9 Agustus 2020. A Closer Look at Blackheads vs. Whiteheads: Causes, Treatment, and More
  3. Epiphanydermatology.com (2019) diakses 9 Agustus 2020. Whiteheads vs. Blackheads: What’s the Difference?
  4. Instyle.com (2020) diakses 9 Agustus 2020. The Difference Between Blackheads and Whiteheads — And How to Treat Them 
    register-docotr